Wuling Victory - Gambar Digital Resmi MPV Global SGMW

Wuling Victory: Eksterior Seganteng SUV, Interior Semewah Mobil Premium Eropa

Berita MPV Wuling

CaruserMagz.com – Pada Mei 2020, pihak SGMW China menggelar seremoni di pabrik perakitan mobilnya untuk mengumumkan logo global baru yang bermotif silver. Bersamaan dengan perhelatan itu, sang raksasa otomotif China menampilkan mobil konsep MPV yang diperkirakan akan menjadi model global pertama menyandang logo silver tersebut. Mobil konsep tersebut bernama Wuling Victory.

Logo Wuling baru tersebut tidaklah beda dari logo yang sudah ada, yaitu motif 5-berlian yang dibentuk seperti huruf W dan juga seperi burung yang sedang mengepakkan sayap. Perbedaannya hanya pada warna yang berubah dari merah menjadi silver. Warna merah masih akan digunakan sebagai logo domestik untuk mobil mereka di China, namun untuk pasar global akan menggunakan warna silver.

Yang menarik untuk diperhatikan adalah konsep MPV bernama Victory yang lebih nampak seperti SUV. Penampakan digitalnya telah dirilis ke publik dalam balutan warna biru muda. Konsep desainnya sangat dekat dengan Wuling Almaz, khususnya pada susunan lampu dan grill.

Desain Wajah MPV Global SGMW yang Modern dan Gagah
Desain Wajah MPV Global SGMW yang Modern dan Gagah

 

Desain Eksterior

Desain wajah Wuling Victory ini nampak modern dengan susunan lampu yang sedang hits saat ini, yaitu projector headlamp LED 4-titik dan LED-DRL berada satu housing dengan lampu sein di posisi yang umumnya adalah lampu utama. Logo bermotif silver menandakan bahwa MPV ini adalah produk global yang akan di jual di berbagai negara, kemungkinan besar termasuk Indonesia.

Fascia Depan Wuling Victory - MPV Global SGMW
Fascia Depan Wuling Victory – MPV Global SGMW

Dari gambar penampakan samping, konsep ini terlihat lebih aerodinamis dan lebih pipih dibanding Wuling Cortez. Semoga versi produksinya tidak mengkhianati penampakan digital ini. Untuk mempertahankan nuansa MPV-nya, Victory tidak dilengkapi over-fender dan side-skirt hitam, juga tidak ada under-guard di bumpernya.

Di belakang, desain lampunya ciamik, tidak hanya terlihat modern dengan jeroan LED, tapi bentuknya juga sedap dipandang. Bentuk bokongnya terlihat modern dengan lekukan aerodinamis, walau cenderung bermain aman.

Fascia Belakang MPV Global Kakaknya Cortez
Fascia Belakang MPV Global Kakaknya Cortez

 

Interior Bernuansa Premium

Penampakan interior juga telah diumumkan oleh SGMW. Dari gambar digital yang dirilis, MPV global Wuling ini nampak seperti berada pada segmen mobil premium. Hal itu terlihat dari pilihan kombinasi warna hitam dan beige cerah, pembalut jok kulit dan visualisasi bahan interior yang bertabur material soft-touch, serta desain interiornya yang menjanjikan kenyamanan mobil mewah.

Interior Wuling Victory - Seperti Mobil Premium Eropa
Interior Wuling Victory – Seperti Mobil Premium Eropa

Dari desain kursi semi-bucket, bentuk setir yang platted-bottom dan konsol tengah yang tinggi, kita bisa membayangkan posisi mengemudi yang sporty layaknya mengemudikan sedan. Namun mungkin ini hanya karena tampilan digital versi konsep yang pada umumnya hyperbolic, mengingat ini adalah MPV dimana kebanyakan posisi mengemudinya lebih tinggi.

Desain dashboard Wuling Victory ini nampak bernuansa BMW, namun tetap terkesan pantas alias tidak njiplak-njiplak amat, karena terkesan lebih simpel dari dashboard BMW yang rumit. Bagian atas dashboard sepertinya berbahan soft-touch dengan jahitan-jahitan baik di bagian yang berkelir hitam maupun beige.

Dashboard Victory - Ada Nuansa Desain BMW
Dashboard Victory – Ada Nuansa Desain BMW

Tidak terlihat panel AC berupa kenop putar atau tombol-tombol, itu nilai plus untuk simplicity yang elegan. Hanya terlihat exhaust AC di bawah head unit. Kemungkinan pengaturan AC secara digital yang harus diatur dari layar head unit, atau juga bisa dari tombol-tombol di palang setir dengan proyeksi display di head unit.

Setir berpalang dua dengan berbagai tombol dan bagian bawa yang rata tidak memiliki logo wuling di tengahnya, tapi lebih terlihat seperti mobil Baojun dengan tulisan wuling yang lengkap. Walau sekilas, pantulan sinar biru menunjukkan bahwa mobil ini punya display instrumen full digital pada cluster di balik kemudi.

Konsol tengahnya terlihat penuh dengan berbagai tombol dan ada ruang penyimpanan terbuka di bawah konsol tengah yang tinggi. Hal tersebut menunjukkan mobil ini dipenuhi kontrol elektronik, termasuk untuk transmisinya. Rem parkir dipastikan elektrik karena tidak terlihat tuas rem tangan. Penutup konsol box yang sekaligus berfungsi sebagai arm-rest pengemudi terlihat mewah dengan balutan kulit.

Interior Victory - Ada Full Panoramic Sun Roof
Interior Victory – Ada Full Panoramic Sun Roof

Kesan mewah juga hadir dari full panoramic sun roof pada atapnya, yang kacanya bisa dibuka sebagian. Fitur ini belum kita temui pada MPV menengah dari Jepang dan Korea di Indonesia. Kalaupun ada, biasanya hanya sun-roof kecil. Jika harganya tidak berbeda dari Kijang Innova, maka sang raja MPV dari Toyota tersebut bisa kalah telak dalam hal fitur.

Dari detail yang telah nampak tersebut, terlihat adanya AC double blower pada bagian sisi samping atap, spion dalam yang sudah menganut Day & Night View Mirror, ada airbag di pillar-B, lampu kabin dengan LED putih, center-cluster floating yang berbalut warna piano-black, dan ada panel bermotif kayu hitam di tengah dashboard.

 
Baca juga: 

 
Wuling Victory ini dikabarkan akan resmi mulai dijual di China pada quartal ketiga tahun 2020. Mengenai kemungkinan masuk ke Indonesia, belum ada kabar resmi dari PT SGMW Motor Indonesia dan belum ada desas-desus modelnya tertangkap kamera netizen. Tapi banyak media mengabarkan bahwa sangat mungkin MPV ini masuk ke Indonesia, menjadi lawan yang lebih imbang untuk Toyota Kijang Innova. Artinya Victory akan berada di atas segmen Cortez.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar