VinFast President - Super SUV Vietnam dengan mesin V8

Vietnam Luncurkan VinFast President Super SUV, Bukan Mobil Ghaib seperti Di Negeri +62

Berita VinFast

CaruserMagz.com – VinFast, brand mobil nasional asal Vietnam kian menunjukkan keseriusan dan kematangannya di dunia otomotif. Para professional otomotif dunia mereka rekrut, kemudian menghasilkan berbagai model dengan konsep orisinil yang layak jadi kebanggaan bagi rakyat Vietnam. Tak tanggung-tanggung, brand Vietnam tersebut meluncurkan Super SUV bermesin V8 dengan nama VinFast President.

VinFast President adalah SUV yang platform dan konsep desainnya diambil dari model SUV yang sebelumnya sudah ada, yaitu VinFast Lux SA 2.0, jadi ini bisa bisa disebut varian super dari dari SUV mewah asal Vietnam.

Perbedaan utama VinFast President dari Lux SA adalah dapurpacu di balik kap mesinnya, berupa mesin jumbo V8 yang dipasok oleh General Motors (GM), grup otomotif asal Amerika Serikat yang merupakan induk perusahaan Chevrolet, juga menukangi teknologi mobil Wuling dibawah kerjasama dengan group SGMW.

VinFast Super SUV Eksterior
VinFast Super SUV Eksterior

Belum ada penjelasan detail mengenai mesin V8 tersebut, namun disinyalir SUV baru ini akan menggunakan mesin yang sama dengan mobil LUX V8 Concept, yaitu mesin V8 6,200 cc Naturally Aspirate, dengan output tenaga 455 hp dan torsi maksimum hingga 624 Nm.

Jika benar VinFast President memiliki mesin yang sama dengan mobil konsep tersebut, maka sesuai klaim, VinFast Super SUV akan memiliki top-speed hingga 300 km/jam. Itu kencang sekali untuk ukuran SUV yang bertubuh besar.

Perbedaan lain dari Super SUV ini adalah beberapa revisi tampilan untuk menunjukkan kemewahannya, antara lain aksen berwarna emas pada pelek, roof rail, trim di bawah pintu, fog-lamp housing, bumper under guard dan logo yang berbentuk huruf V. Selain itu ada ventilasi di kap mesin, grill depan dengan motif jaring, pelek 22-inci yang lebih besar, juga empat pipa kenalpot.

Interior VinFast President juga telah diungkap, dari gambar yang dirilis, Super SUV ini akan berkonfigurasi 4-seater, layaknya Rolls-Royce Cullinan. Desain semua kursi sama dengan kursi pengemudi yang menganut bentuk semi-bucket untuk memeluk tubuh penumpang secara sempurna, serta dilengkapi pengaturan elektrik untuk semua kursi.

Pabrikan mobnas Vietnam tersebut menyebutkan akan menghadirkan kemewahan sesungguhnya di interior, seperti bahan dari Carbon Fiber sungguhan dan lapisan suede seperti Alcantara yang biasanya ada pada Supercar.

VinFast President Interior - Vietnam Super SUV
VinFast President Interior – Vietnam Super SUV

Kita bisa bilang ‘WOW’ dan ‘Great Job Vietnam!‘. Karena setelah perang dengan Amerika, Vietnam disebut berguru pada Indonesia dalam hal pendidikan, namun kemudian kini mereka jauh melampaui kita dalam hal teknologi. Vietnam benar-benar meluncurkan brand otomotif asli negerinya dengan serius mengadopsi berbagai teknologi dari luar yang sudah terjamin kualitasnya dan merekrut orang-orang berpengalaman.

Hasilnya mereka punya mobil SUV super yang canggih dan mewah dengan nama President, yang bisa disejajarkan dengan Super SUV dari pabrikan mewah Eropa, semisal Rolls-Royce Cullinan, Lamborghini Urus, Aston Martin DBX SUV dan Bentley Bentayga.

Berbeda jauh dari suatu negeri yang sering disebut Negeri EnamDua, heboh dengan mobil nasional yang hanya muncul saat musim kampanye pilpres atau pilkada, kemudian menghilang entah kemana jika pemilu usai. Herannya isu itu sering berulang, yang kemudian diklaim bukan merupakan proyek mobil nasional melainkan swasta.

Ada onggokan fasilitas yang disebut pabrik, namun dari ukurannya tidak masuk akal untuk sebuah pabrik mobil. Lebih mengherankan lagi, bangunan yang disebut pabrik tersebut diam tanpa aktifitas di dalamnya, itulah mengapa merek dan pabriknya disebut ‘proyek mobil ghaib‘.

Semoga kelak, Indonesia benar-benar punya brand otomotif asli Indonesia yang membanggakan!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar