Mobil ini bisa Meluncur seperti Karpet Terbang di Jalan Jelek, Begini Teknologinya

CaruserMagz.com – Rolls Royce akhirnya membuat SUV setelah banyak diminta oleh konsumennya. Namun Brand mobil mewah asal Inggris tersebut tidak ingin hanya membuat SUV mewah seperti kebanyakan SUV yang sudah ada. Rolls Royce ingin membuat SUV termewah di dunia yang benar-benar mewah hingga ke level untuk keluarga kerajaan.

 
Hal tersebut terefleksi dari namanya yang mengambil nama “Cullinan”, yaitu nama berlian terbesar yang pernah ditemukan dan sekarang menjadi perbendaharaan kerajaan Inggris.

 
SUV pertama Rolls Royce tersebut diluncurkan pada Mei 2018. Menjadi momen bersejarah bagi Rolls Royce dalam membuat Sport Utility Vehicle (SUV).

 
Pabrikan yang sekarang menjadi bagian dari grup BMW tersebut menjuluki Cullinan sebagai SUV termewah di dunia dengan sebutan “Super Luxury Crossover” Rolls Royce juga mengklaim bahwa Cullinan adalah supercar SUV mewah pertama di dunia.

 
Sebenarnya jika hanya SUV bertenaga besar layaknya supercar, Lamborghini dan Porsche telah lebih dulu membuatnya, namun Rolls Royce mengatakan bahwa Cullinan berbeda dari SUV super milik brand lain. Cullinan tetaplah mobil bagi gentleman yang super tajir, layaknya RR Phantom.

 
Salah satu kelebihan yang menunjukkan ciri kemewahan keluarga kerajaan pada Cullinan adalah kemampuan mobil ini meluncur seperti karpet terbang saat melalui jalanan seperti apapun, baik jalan mulus maupun medan off-road. Keunggulan tersebut mereka sebut ‘Magic Carpet Ride’.

 
Baca juga: Inilah SUV Termahal di Dunia berwajah Monster

 

Meluncur Semulus Karpet Terbang

 
Teknologi yang memungkinkan cita rasa berkendara semulus karpet terbang tersebut adalah rancangan sasis dan suspensi udara dengan dilengkapi berbagai sensor. Dipadukan sedemikian rupa hingga seperti apapun kondisi jalan, level mobil dijaga hingga meminimalisir guncangan semaksimal mungkin.

 
Rolls Royce Cullinan dibangun di atas sasis yang sama dengan Rolls Royce Phantom terbaru, yaitu platform aluminium yang disebut “Architecture of Luxury”. Berkat bahannya, flatform tersebut lebih ringan, namun lebih kuat.

 
Sasis Cullinan dilengkapi ‘Self-leveling Suspension System’ yang telah direkayasa sedemikian rupa, sehingga semua getaran direduksi dengan baik dan level kendaraan dipertahankan. Hasilnya penumpang merasakan sensasi seperti meluncur (gliding) dengan karpet terbang.

 
Rekayasa tersebut dilakukan dengan strut dan volume udara yang lebih besar, serta poros drive dan prop yang lebih kuat. As roda depan memiliki desain double-wishbone baru sementara bagian belakang menggunakan pengaturan 5-link.

 
Ketika berkendara di medan off-road, jika terdeteksi roda kehilangan traksi, sistem penyesuaian peredam aktif pada Cullinan akan menekan roda ke bawah menggunakan kompresor udara.

 
Hal tersebut untuk memastikan bahwa semua roda secara konstan bersentuhan dengan tanah, sehingga seluruh tenaga yang disalurkan dari mesin menjadi efektif.

 
Hasilnya, walau melalui medan beragam seperti rumput, kerikil, jalan bergelombang, pasir, salju dan lain sebagainya, tenaga dan torsi supernya tetap bisa digunakan semaksimal mungkin dan penumpang tetap merasakan sensasi kemewahan dalam kendaraan yang super nyaman.

 

Rolls Royce Cullinan - Interior SUV Termewah di Dunia
Rolls Royce Cullinan – Interior SUV Termewah di Dunia

 

Berapa Harga SUV Termewah di Dunia ini?

 
Dengan fitur tersebut, Rolls Royce menggambarkan meskipun mobil ini berpostur tinggi dan mampu menempuh semua medan jalan, Cullinan tetap otentik sebagai mobil super mewah untuk kaum borjuis.

 
Jadi dengan mobil ini, para gentleman bisa berburu ke hutan atau berpetualang melintas jalanan off-road, dengan tetap dalam balutan kemewahan layaknya di dalam RR Phantom.

 
Crossover 4-seater ini bertenaga 563 hp dan torsi raksasa hingga 850 Nm. Top speed yang bisa dicapai adalah 250 km/jam. Tenaga super tersebut dihasilkan oleh mesin V12 Twin-Turbo 6.75-liter.

 
Untuk memiliki mobil mewah ini, harga basic yang harus disiapkan adalah sebesar $ 325.000 atau sekitar Rp. 4,87 Milyar dengan kurs Rp. 15.000/dollar Amerika. Namun itu hanyalah harga dasar, karena akan banyak biaya lain yang harus dibayar untuk kustomisasi dan pajak.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar