BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Mitsubishi XForce Resmi Diluncurkan, Harga Rp 413 Jutaan Tanpa ADAS Langsung Banjir Cibiran

Mitsubishi XForce Diluncurkan di GIIAS 2023

Share

CaruserMagz.com – PT MMKSI telah resmi meluncurkan Mitsubishi XForce di ajang GIIAS 2023 pada Kamis, 10 Agustus 2023 di ICE BSD, Serpong, Tangerang. XForce adalah compact SUV segmen-B yang akan bersaing dengan Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, Suzuki Grand Vitara, Kia Seltos, MG ZS, Mazda CX-3 dan Chery Omoda 5.

SUV 5-Seater berbasis XFC Concept ini diumumkan dibanderol harga Rp 379,9 juta hingga Rp 412,9 juta OTR DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun melihat di website resmi Mitsubishi-motors.co.id, ternyata harganya lebih mahal, yakni Rp 382,5 – 419,1 juta.

Harga Resmi Mitsubishi XForce Agustus 2023
Harga Resmi Mitsubishi XForce Agustus 2023

Harga tersebut head to head dengan Toyota Yaris Cross dan Honda HR-V varian menengah ke bawah, dan lebih mahal dari Hyundai Creta dan Suzuki Grand Vitara. Padahal banyak kompetitor tersebut sudah memiliki fitur ADAS.

Tapi harga tersebut tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan Honda HR-V dan Yaris Cross varian tertinggi. Tapi rasanya kurang sepadan untuk bersaing, mengingat minimnya fitur XForce.

Compact SUV Anyar di GIIAS 2023
Mitsubishi XForce di GIIAS 2023

Tak pelak, Mitsubishi XForce langsung mendapatkan banjir cibiran di dunia maya sebagai mobil yang over-priced alias kemahalan. Banyak netizen yang bahkan menyatakan bahwa Mitsubishi jual tampang saja. Dilalah-nya tidak semua netizen menyukai tampang XForce ini, bahkan ada yang menyebutnya membosankan.

Kekecewaan netizen pecinta otomotif tersebut dipicu karena minimnya fitur XForce dibanding kompetitor di kelasnya. Karena rata-rata kompetitor sudah dilengkapi fitur ADAS, panoramic roof dan konektifitas Internet for Vehicle.

Value for Money vs Kompetitor

Misalnya Toyota Yaris Cross tipe G dan S yang berbanderol Rp 351 – 410 juta sudah dilengkapi fitur ADAS yang lumayan lengkap. Jika menambah sekitar Rp 30 juta saja, sudah bisa mendapatkan Yaris Cross Hybrid yang sangat irit BBM.

Lalu si raja Compact SUV, Honda HR-V tipe SE, E dan S dengan banderol Rp 376-416 jutaan, sudah dilengkapi fitur ADAS hingga ada Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow.

Bahkan Hyundai Creta dengan fitur canggih yang superior dan build quality yang sangat bagus, hanya berbanderol Rp 291 – 408 jutaan. Fitur ADAS Hyundai SmartSense terkenal reliable secara global, dan ada fitur konektifitas Hyundai BlueLink yang sangat akrab dengan orang-orang muda.

Jangan dibandingkan dengan pendatang baru semisal Wuling Alvez, maka dari semua hal terkait value for money, XForce ini jauh ketinggalan. Karena Wuling Alvez yang paling mahal saja hanya Rp 295 juta tapi sangat canggih dengan ADAS, Voice Command dan IoV.

Mitsubishi XForce 2023
Mitsubishi XForce 2023

Kompetitor XForce yang Sepadan

Dengan kondisi tersebut, Mitsubishi XForce lebih cocok bersaing dengan Suzuki Grand Vitara dan Kia Seltos. Mungkin secara desain XForce terlihat lebih segar karena faktor kebaruannya.

Namun itu pun masih terkesan kalah fitur dari Grand Vitara. Karena dengan banderol lebih murah yakni Rp. 359-384 jutaan, Grand Vitara sudah memiliki panoramic sun roof, head up display dan paddle shifter.

Nilai jual Mitsubishi XForce ini mungkin pada desainnya yang maskulin dan speaker premium dari Yamaha. Hanya itu kah?

Lalu apa lagi? Lampu-lampu LED, desain kursi yang sporty? head unit dan cluser-meter terintegrasi mirip-mirip Mercedes-Benz, mesin? Sepertinya tidak! Hal-hal itu bukan keunggulan XForce jika dibanding kompetitor. Bahkan urusan mesin, HR-V dan Creta lebih bertenaga.

Rekomendasi Aksesoris Mitsubishi

Urusan desain, tentu ini tergantung selera konsumen. Ada yang suka, tapi tidak sedikit yang tidak suka dengan bentuk XForce yang gemuk berotot.

Maka menurut kami, Mitsubishi XForce ini tidak memberikan faktor WOW untuk disukai. Apalagi membandingkan banderol harganya versus fitur-fitur yang tergolong minim dibanding kompetitor. Padahal kompetitor dibanderol harga lebih murah.

Bagaimana menurut Sobat? Silahkan sampaikan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)