Toyota Masih Optimis dengan Segmen Sedan, Pasarnya Masih Luas

Toyota All New Camry 2018 - Belakang

CaruserMagz.comToyota nyatakan komitmen pada Segmen Sedan – Toyota menyatakan tetap akan berkomitmen untuk memproduksi model sedan. Menurut raksasa otomotif Jepang tersebut, pasar sedan masih cukup besar di dunia.

Hal ini kemungkinan untuk menepis rumor bahwa Toyota dianggap akan meninggalkan segmen sedan, karena mengalihkan beberapa model legendaris sedan ke segmen SUV atau crossover.

Sebut saja Toyota Corolla dan Yaris yang telah dikembangkan untuk memiliki versi crossover dengan menghadirkan Corolla Cross dan Yaris Cross. Toyota menegaskan bahwa itu tidak berarti bahwa mereka akan meninggalkan model sedan.

Toyota Yaris Cross - Tampak Samping
Toyota Yaris Cross

Dalam suatu diskusi panel di markas besar Toyota Motor Amerika Utara di Texas, para pejabat perusahaan tersebut menegaskan komitmennya pada model sedan, walau pada kenyataannya tren pembelian sedan menurun, sedangkan pembelian truk double-cabin dan SUV meningkat.

Menurut para pejabat Toyota Amerika, investasi di sedan masih merupakan keputusan jangka panjang yang punya prospek baik, karena masih akan ada pasarnya hingga di masa depan.

Akan tetap ada konsumen yang ingin memiliki mobil sedan dan tidak tertarik pada SUV atau truk double-cabin. Khususnya di Amerika Utara, sedan masih menjadi primadona karena faktor keterjangkauan harga dibanding SUV atau bahkan hatchback.

Baca: Mengapa Hatchback Lebih Mahal dibanding Sedan di Amerika?

Toyota Crown 2021 - model sedan akan disuntik mati
Toyota Crown 2021 – model sedan premium Toyota

Di sisi lain, Toyota diuntungkan dengan banyaknya model sedan pesaing yang diskontinyu, seperti Chevrolet Cruze, Chevrolet Impala, Ford Focus, Ford Fusion, dan Mazda6. Sehingga persaingan di segmen ini jadi lebih ringan untuk Toyota yang memang menguasai pasar otomotif Amerika.

Keterjangkauan harga adalah keunggulan sedan di Amerika Utara, sehingga masih menjadi magnet yang kuat pada konsumen. Tren tersebut belum akan pupus, kalaupun suatu saat akan kalah oleh segmen crossover, itu kemungkinan masih cukup lama.

Namun guna menyambut minat konsumen yang meningkat pada crossover, Toyota akan segera menghadirkan Corolla Cross di Amerika dalam waktu dekat, diharapkan Corolla Cross akan terjual paling tidak 50% dibanding penjualan Corolla sedan.

Tulis Komentar