Toyota Land Cruiser LC300 2022 Debut Global, Lebih Canggih dan Makin Gagah

Toyota Land Cruiser 300 Segera Hadir di Indonesia

CaruserMagz.com – Toyota Motor Corporation (TMC) menggelar World Premier untuk Toyota Land Cruiser LC300 baru pada Rabu, 9 Juni 2021, secara virtual dengan memusatkan peluncuran di Timur Tengah atau disebut ‘Middle East-centered online reveal‘.

Peluncuran Land Cruiser 2022 ini sekaligus untuk memperingati 70 tahun kehadiran Toyota LC sejak debut perdananya pada tahun 1951 silam sebagai Toyota BJ 4WD dengan mesin yang powerful.

Hingga saat peluncuran LC300 New Generation ini, Toyota sudah memproduksi sekitar 10,4 juta unit LC dengan capaian terakhir sekitar 300.000 unit per tahun terjual di 170 negara di seluruh dunia.

Toyota New Land Cruiser 2022 LC300 - World Premiere Middle East
Toyota New Land Cruiser 2022 LC300 – World Premiere Middle East

Land Cruiser adalah mobil legendaris yang dicintai penggunanya, karena selain memberikan kebanggaan berkat nilai heritage-nya sebagai mobil orang kaya, esensi keandalan, daya tahan, dan performa off-road yang tangguh serta tampilan yang gagah menjadi ciri khas Toyota LC.

Dalam peluncuran ini, TMC membangkitkan kenangan pada generasi LC dan menampilkan quote dari semua stakeholder terkait yang punya ikatan emosional dengan Land Cruiser.

Para pemimpin perusahaan distributor besar di beberapa negara yang menggandrungi LC seperti Timur Tengah, Australia dan Rusia diberi kesempatan menyampaikan kesan mereka pada LC. Selain itu, TMC juga menampilkan para pemimpin club pecinta LC untuk mewakili konsumen.

Toyota LC sudah menjadi andalan konsumen di negara-negara yang memiliki daratan luas dan medan jalan off-road yang ekstrim semisal bebatuan dan gurun, seperti Timur Tengah, Rusia, dan Australia.

SUV besar mewah dari Toyota ini telah akrab digunakan sebagai mobil keluarga orang-orang kaya, menjadi andalan dalam penyaluran bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, dan sebagai mobil operasional di wilayah yang ekstrim.

Toyota Land Cruiser LC300 - Rear Look
Toyota Land Cruiser LC300 – Rear Look

Pengembangan Land Cruiser LC300

Menurut Toyota, pengembangan LC 300 ini dilakukan dengan tujuan untuk mewarisi dan mengembangkan esensi penting dari Land Cruiser yaitu “keandalan, daya tahan, dan kinerja off-road“.

Kemudian untuk menciptakan pengalaman berkendara yang memungkinkan mengemudi dengan mudah di semua jenis jalan di dunia, tanpa rasa khawatir akan cepat merasa lelah.

Untuk tujuan tersebut, Toyota mengadopsi platform GA-F baru berdasarkan TNGA sambil mempertahankan struktur rangka LC sebagai fondasi yang melindungi esensi Land Cruiser.

Rangka Baru Toyota LC300 - Lebih Ringan
Rangka Baru Toyota LC300 – Lebih Ringan

Kemudian, Toyota mendesain ulang karakter Land Cruiser dengan menggabungkan teknologi yang terakumulasi selama bertahun-tahun dengan teknologi terbaru untuk mencapai perbaikan, seperti pengurangan berat kendaraan, menurunkan pusat gravitasi, adopsi powertrain baru, dan desain interior dan eksterior baru.

Desain Ulang Land Cruiser dengan Platform GA-F Baru

Rangka LC baru ini didesain ulang untuk tujuan mengurangi bobot dan meningkatkan kekakuan. Toyota berhasil mengurangi bobot LC hingga 200 kg melalui perubahan pada rangka dan bodi, penurunan titik berat, distribusi bobot, dan perbaikan struktur suspensi.

Pengembangan LC300 melibatkan pembalap reli Dakar yang berpengalaman untuk melakukan test drive, guna mendapatkan setting mobil yang mudah dikendarai baik on maupun off-road, hingga tidak mudah merasa lelah.

Toyota LC300 2022 - Front Look
Toyota LC300 2022 – Front Look

Untuk lebih meningkatkan kinerja off-road tradisional, pengembangan dan teknologi baru yang diadopsi adalah:

  • Peningkatan kinerja dasar suspensi, melalui parameter wheel articulation, yaitu angka yang menunjukkan kemampuan ban untuk tetap di tanah.
  • Peningkatan performa road-holding melalui adopsi E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) (pertama di dunia).
  • Adopsi Multi-Terrain Monitoring, yang secara instan menampilkan rintangan seperti yang dilihat dari sudut pandang pengemudi.
  • Adopsi Multi Terrain Select, yang secara otomatis menilai permukaan jalan dan memilih mode mengemudi terbaik.

Perubahan pada Desain Eksterior dan Interior

Desain interior dan eksterior baru pada LC300 ditujukan untuk keindahan fungsional dan paket yang mengutamakan kemampuan off-road SUV 7-seater ini.

New Toyota Land Cruiser LC300 - 2022 World Premier
New Toyota Land Cruiser LC300 – 2022 World Premier

Pada eksterior, Land Cruiser baru mempertahankan keindahan warisan Land Cruiser, seperti posisi lampu dan bentuk bumper yang memungkinkan daya jelajah yang handal saat berkendara di jalur off-road.

Di interior, disediakan panel instrumen horizontal yang membuat pengemudi dengan mudah mengetahuin posisi kendaraan bahkan saat berkendara di jalur off-road.

Interior Land Cruiser 2022 Generasi Baru - LC300 Dashboard
Interior New Land Cruiser 2022 – LC300 Dashboard

Untuk kenyamanan operasional, Toyota menyediakan tombol switch intuitif guna mengaktifkan mode berkendara sesuai kondisi jalan. Desain interior termasuk kursi dibuat untuk meningkatkan kenyamanan, semisal posisi duduk dan warna interior.

Beberapa hal dipertahankan dari model LC sebelumnya untuk menjaga performa off-road, yaitu ukuran kendaraan termasuk panjang total, lebar total, dan jarak sumbu roda, serta sudut departure dan approach (sudut bumper terhadap ban depan dan belakang).

Interior Land Cruiser 2022 Generasi Baru - LC300 Cabin
Interior Land Cruiser 2022 – LC300 Cabin

Mesin Baru LC300

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan performa yang mampu menyesuaikan dengan lingkungan, Toyota menyematkan powertrain baru pada LC300.

Toyota menyediakan dua pilihan mesin baru, yang keduanya adalah mesin V6 twin-turbo, yakni mesin 3,5 liter bensin dan 3,3 liter diesel.

LC300 - New Engine
LC300 – New Engine

Kedua mesin tersebut diklaim memiliki kemampuan berkendara yang melampaui mesin V8 konvensional. Dimana mesin bensin 3.5L V6 Twin-turbo menghasilkan tenaga maksimum hingga 415 PS (305 kW) dan torsi puncak hingga 650 Nm. Sedangkan mesin 3.3L diesel menghasilkan 309 PS (227 kW) dan torsi 700 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke keempat roda melalui transmisi otomatis 10-percepatan (Direct Shift-10AT) yang dikembangkan jadi lebih ringan dan lebih ramah lingkungan dengan pengurangan 10% emisi CO2 dibanding powertrain model sebelumnya.

Fitur Keselamatan Tercanggih di Kelasnya

Toyota mengklaim bahwa kelengkapan keselamatan Land Cruiser LC300 ini adalah yang terdepan di kelasnya, yaitu mengadopsi paket keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) terbaru dengan fungsi-fungsi lanjutan tambahan.

Dua fungsi penting telah ditambahkan ke sistem pra-tabrakan (pre-collision) yang membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan dengan mendeteksi pedestrian baik pejalan kaki (siang dan malam) maupun pengendara sepeda (siang hari).

Land Cruiser LC300 - Makin Canggih
Land Cruiser LC300 – Makin Canggih dengan Fitur TSS Pre-Collision System

Yang pertama adalah fungsi menghindari tabrakan dengan mendeteksi kendaraan yang melaju di persimpangan dan pejalan kaki yang melintas di jalan ketika kendaraan berbelok ke salah satu arah.

Yang kedua adalah fungsi kemudi darurat untuk menghidari tabrakan, yang membantu pengemudi dengan steering dan lane keeping assist, saat pengemudi bermanufer untuk menghindari tabrakan.

Selanjutnya, Land Cruiser baru telah mengadopsi Parking Support Brake (Bantuan Rem Parkir) yang baru, guna mencegah kecelakaan dengan mengenali rintangan di depan dan belakang kendaraan di tempat parkir, mendekati kendaraan lain saat kendaraan mundur, termasuk mendeteksi pejalan kaki.

Toyota berencana untuk meluncurkan Land Cruiser LC300 2022 ini di seluruh dunia mulai musim panas, atau Juni 2021.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar