All New BYD Song-7, Kembaran Toyota Innova yang Lebih Cantik dari China

CaruserMagz.com – BYD, Pabrikan otomotif asal Negara China baru saja meluncurkan MPV 7 Seater-nya, all-new BYD Song 7, pada ajang Shanghai Auto 2017. Desain wajah dan bentuk MPV China ini sangat kental ber-aura Toyota New Innova 2016.

 

Sehingga dapat dikatakan ini adalah kembaran Innova yang ada bedanya di beberapa sisi. BYD Song-7 ini akan mulai dijual di China pada awal semester kedua tahun 2017,  pada 2018 direncanakan Varian hybrid juga akan diluncurkan.

 

Meskipun sudah dipimpin oleh mantan desainer kawakan Audi, Wolfgang Egger, BYD masih meneruskan kulturnya yang suka meniru produk-produk pabrikan lain. Mungkin itu sudah menjadi DNA industri otomotif negeri Tirai Bambu, jadi sulit dilepaskan. Sebelum BYD Song ini, sederetan mobil dari berbagai brand sudah pernah dijiplak oleh BYD, diantaranya adalah Ford Ecosport.

 

Mungkin sobat ingat saat Negara kita diserbu Motor China sekitar tahun 2005-an, motor-motor itu datang dengan berbagai merk yang sulit kita hafalkan, tapi bentuknya tumplek sama dengan motor-motor jepang yang laris, seperti Honda Supra-X, Yamaha Jupiter-MX bahkan ada tiruan Honda Tiger.

 

Namun tak begitu lama, motor-motor itu hilang dari peredaran, karena ternyata hampir semua konsumen kecewa dengan kualitas dan ketahanan motor-motor jiplakan tersebut.

 

All-New-BYD-Song-Kembaran-Innova-Samping
Penampakan Samping All-New-BYD-Song
Nah, bagaimana dengan mobil, akankah sama? harga mobil bukan jumlah uang yang sedikit untuk sekedar coba-coba jika mobil-mobil asal Tiongkok ini juga menyerbu pasar otomotif Indonesia.

 

Terlepas dari kualitas yang dulunya dipertanyakan, sepertinya para pelaku bisnis jiplak-menjiplak otomotif di China tidak kapok dan terus meningkatkan bisnisnya. Kini mereka mulai mengikui ritme industri otomotif dunia dengan meningkatkan kualitas produk dan merekrut ahli-alhi otomotif Eropa.

 

Kembali ke BYD Song-7 yang mirip Toyota New Innova, hal yang kental kemiripannya dengan Innova adalah bentuk keseluruhan mobil, grill trapezoidal dan headlamp. Pada bagian samping bentuk kaca juga mirip dengan Innova pada baris pertama dan kedua. BYD Song-7 ini berdimensi panjang 4,680 mm, lebar 1.810 dan tinggi 1.680 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 2.785 mm

 

Agar BYD Song ini ada beda dengan Toyota Innova, ada beberapa sisi yang tidak tumplek sama, seperti kaca pada baris ke-3 dibuat bersambung dengan kaca belakang, hingga seperti bagian samping-belakang Fortuner.

 

Rumahan fog-lamp juga terlihat berbeda, tapi shape di bumper bagian atas foglamp ada kemiripan dengan bumper Honda BR-V. Lampu belakang juga dibuat beda dari Innova dengan bentuk lampu yang mirip dengan milik Honda BR-V.

 

Jadi BYD tidak dapat dituduh menjiplak Innova karena ternyata ada bedanya. Celakanya, desain wajah depan dan belakang BYD Song-7 ini ternyata lebih cantik dari New Innova, karena garis-garisnya lebih lembut atau tidak tajam-tajam seperti Innova.

 

Di bagian interior, All New BYD Song-7 ini juga nampak lebih menarik dari Innova, center cluster dengan monitor touch screen yang luas, meter cluster yang mewah dan konsol tengah terlihat sangat modern ala mobil-mobil Eropa. Jika saja ini Toyota Innova beneran, mungkin akan lebih laris dari versi Innova yang ada sekarang.

 

All-New-BYD-Song-Kembaran-Innova-Interior
Interior All-New-BYD-Song-Kembaran-Innova
Model all-new BYD Song-7 ini ditenagai mesin 1.5L berteknologi turbocharger yang bisa menghasilkan tenaga hingga 154 HP. Tersedia juga pilihan varian bermesin 2.0L yang bertenaga 140 HP. Kedua varian tersebut sama-sama punya transmisi 6-speed baik yang manual, maupun otomatis dual-clutch. Dilaporkan juga bahwa BYD sedang mengerjakan Song-7 bermesin Hybrid dengan tenaga hingga 303 HP.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “All New BYD Song-7, Kembaran Toyota Innova yang Lebih Cantik dari China

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *