Toyota Corolla Hatchback 2019, Menghapus Stigma Membosankan

CaruserMagz.com – Toyota adalah raksasa otomotif terbesar yang tidak asing bagi sebagian besar warga dunia. Namun brand asal Jepang ini punya image yang cukup buruk dalam hal desain, yaitu terkenal dengan bentuk mobil yang membosankan. Bahkan di beberapa negara, pemilik mobil Toyota sering dibuli sebagai orang dengan selera rendah atau selera orang tua.

 
Walau punya stigma kurang sedap, Toyota tetaplah pabrikan mobil yang tak terkalahkan dalam hal penjualan. Itu terjadi karena produk Toyota terbukti handal, aman dan pastinya harga yang relatif terjangkau. Jaringan dealer dan service yang luas juga menjadi faktor penting bagi keterkenalan Toyota di mata konsumen otomotif dunia.

 
Sepertinya Toyota mulai berkeinginan mengubah image negatif membosankan tersebut. Hal itu terlihat dari beberapa model terbarunya yang ternyata menyimpang dari kultur boring. Sebut saja ada Toyota C-HR dengan platform TNGA yang memungkinkan mobil ini berpenampilan super keren sekaligus fun-to-drive.

 
Kemudian menyusul diluncurkan versi hatchback dari sedan legendaris best selling, Toyota Corolla. Model baru tersebut adalah Toyota Corolla Hatchback 2019 yang hadir dengan tampilan segar dan tidak lagi membosankan.

 

Toyota Corolla Hatchback 2019 - Front Back Looks
Toyota Corolla Hatchback 2019 – Front Back Looks

Mobil yang di Indonesia dikenal sebagai Altis dan di Eropa sebagai Auris ini dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga sudah digunakan pada C-HR dan Camry terbaru. Sasis TNGA ini diklaim Toyota punya rigiditas torsional 60% lebih baik dari platform model sebelumnya.

 
Hal yang menarik perhatian tentunya adalah tampilan eksterior medium hatchback ini yang memang membawa ciri khas desain TNGA. Kesan membosankan telah dihilangkan hingga tak ada lagi sisi dimana mobil ini tak sedap dipandang. Karena sebelumnya, selalu ada salah satu sisi dari mobil Toyota yang menghancurkan penampakan luarnya.

 
Wajah Toyota Corolla Hatchback 2019 ini tampak sporty, lampu utama terintegrasi dengan logo Toyota pada hidungnya. Grill trapezoidal yang lebar memberi kesan anggun dan sporty. Di bagian samping tak ada komplain, bentuk yang aerodinamis terlihat gagah dipadu dengan velg dual-tone berdesain sporty.

 

Toyota Corolla Hatchback 2019 - Back
Toyota Corolla Hatchback 2019 – Penampakan Belakang

Baca juga:

 
Penampakan bagian belakang dbuat senada dengan fascia depan, yaitu lampu belakang yang mirip dengan head lamp dan aksen hitam yang senada dengan grill radiator di depan. Tampilan sporty pada buritan ini juga dipercantik dengan rear spoiler yang besar memberi kesan mobil balap.

 
Semoga desain yang indah ini tidak akan berubah memburuk di masa-masa mendatang. Melainkan terus berevolusi menjadi kian menarik, kian futuristik dan akhirnya tak banyak lagi pecinta otomotif yang mampu mengkritik desainnya.

 

Toyota Corolla Hatchback 2019 - Interior Dashboard
Toyota Corolla Hatchback 2019 – Interior Dashboard

Di bagian dalam tak kalah menarik, dashboard hothatch ini tampil modern dengan floating head unit, AC digital, dan cluster meter yang eye-catching. Exhaust AC pada kedua sisi tepi dashboard senada dengan headlamp yang terhubung oleh aksen putih sepanjang dashboard.

 
Desain kursi juga telah menghilangkan kesan pelit pada mobil Toyota. Kursi Corolla hatchback ini terlihat berotot dan mewah, sama dengan apa yang kita lihat pada Toyota C-HR. Mewah, tebal dan menjanjikan kenyaman bagi penumpang di setiap baris kabin.

 

Toyota Corolla Hatchback 2019 - Interior Cabin
Toyota Corolla Hatchback 2019 – Interior Cabin

Untuk dapurpacu, hatchback ini ditenagai mesin 4-silinder 2.0-liter baru yang diklaim lebih ringan dan lebih senyap dibanding mesin 1.8-liter pada Corolla sebelumnya. Transmisi yang disediakan adalah gearbox manual 6-percepatan atau Dynamic Shift CVT.

 
Corolla hatchback 2019 ini diklaim memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dan suspensi yang ditingkatkan dibanding Corolla versi sedan sebelumnya. Sehingga pabrikan mengklaim mobil ini akan fun-to-drive layaknya model dengan platform TNGA lainnya.

 
Pertanyaan kita tentunya adalah, akankah Toyota Corolla Altis punya versi hatchback untuk Indonesia? Akan sangat menarik tentunya bagi peminat hatchback Toyota, karena tidak harus stop pada pilihan Toyota Yaris saja. Namun melihat apa yang terjadi pada C-HR, kemungkinan platform TNGA juga akan membuat mobil ini terasa kurang masuk akal harganya.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *