Ferrari SP38 Deborah World Premier di Villa d’Este

CaruserMagz.comFerrari SP38 yang merupakan hasil karya Ferrari Design Center terkini untuk program One-Off Customer, dipamerkan pada media di tepi Danau Como, Villa d’Este Italia, pada Sabtu 26 Mei 2018.

 
Supercar custom yang berbasis Ferrari 488 GTB ini sebelumnya diumumkan secara online melalui press release pada Rabu 23 Mei 2018.

 
Sebelumnya mobil ini hanya disebut sebagai SP38, namun pada peluncuran resmi ini, di bagian plat nomor di ekornya tertulis sebagai “SP38 Deborah” yang ternyata adalah istilah untuk warna Merah Deborah.

 

Ferrari SP38 Deborah - Back Looks
Ferrari SP38 Deborah – Back Looks

Jika program Ferrari Tailor Made lebih fokus pada custom personalisasi interior, maka hal yang berbeda pada program One-Off ini adalah customisasi hingga pada aspek eksterior.

 
Ferrari SP38 Deborah memadukan konsep Retro dari model Ferrari masa lawas dengan sentuhan modern masa kini. Konsep retro ini diinspirasi oleh model iconic F40 yang terlihat pada bagian kap mesin di belakang, sedangkan sentuhan masa kini hadir dari Ferrari J50 limited edition dengan fascia depan yang rendah dan meruncing.

 

Ferrari SP38 Deborah - Villa d'Este
Ferrari SP38 Deborah – Villa d’Este

Meskipun demikian, Supercar ini dibangun di atas platform Ferrari 488 GTB. Nuansa 488 tersebut terlihat pada penampakan samping dan garis atapnya.

 
Bagaimana dengan interior? Ternyata bagian kabin tidak berbeda dari Ferrari 488 GTB. Perbedaan yang terjadi sebagai customisasi tailor-made adalah trim merah pada lingkar kemudi dan tambahan jahitan merah pada kursi. Selain kedua hal itu, tidak ada beda dengan 488 GTB.

 

Ferrari SP38 Deborah - Interior
Ferrari SP38 Deborah – Interior yang sama dengan 488 GTB

Bagian dapurpacu juga sama seperti pada 488 GTB, yaitu mesin V8 3,9-liter twin-turbo yang menyemburkan tenaga hingga 661 HP (670 PS) disalurkan ke roda belakang melalui gearbox dual-clutch 7-percepatan.

 
Karya One-Off program ini dapat kita katakan berbeda dari desain khas Ferrari masa kini dan terus terang kami harus katakan bahwa ini lebih cantik dari 488 GTB atau 488 Pista. Mungkin akan banyak peminatnya jika dibuat sebagai salah satu model produksi masal.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar