Harga Nissan Leaf Lebih Murah dari Hyundai Ioniq dan Kona EV

Harga Nissan Leaf lebih Murah

CaruserMagz.com – Harga Nissan Leaf diumumkan saat peluncuran resmi mobil listrik sepenuhnya tersebut pada 18 Agustus 2021. Hatchback EV dari Jepang ini dibanderol Rp 649 hingga 651 juta On-the-Raod DKI Jakarta.

Nissan Leaf dihadirkan hanya dengan satu tipe, namun dalam dua varian yang dibedakan oleh pilihan warna eksterior-nya. Dimana model dengan warna single-tone dibanderol lebih murah dari yang model dual-tone beratap hitam-gloss.

Mobil listrik Nissan ini bukanlah model baru di pasar global, karena sebenarnya sudah lama dipasarkan Nissan dan sudah terjual lebih dari 500.000 unit di seluruh dunia hingga kini. Hanya saja, baru masuk ke Indonesia karena Pemerintah mulai memberi keringanan pajak pada mobil EV.

Nissan Leaf Indonesia
Nissan Leaf Indonesia – Tampak Belakang

Di pasar Tanah Air, Nissan Leaf akan bersaing keras dengan Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona EV. Karena kedua mobil listrik Korea tersebut sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia, yaitu sejak November 2020.

Sama-sama berkapasitas 5 penumpang dan memiliki rentang harga yang mirip, 3 mobil EV tersebut akan menjadi alternatif pilihan bagi konsumen yang ingin mulai beralih ke mobil listrik.

Perbedaan harga Nissan Leaf vs Hyundai Ioniq dan Kona EV di Indonesia:

Mobil ListrikHarga TermurahHarga Termahal
Nissan LeafRp 649 JutaRp 651 Juta
Hyundai Ioniq Rp 637 Juta Rp 677 Juta
Hyundai Kona Rp 697 Juta

Baca: Komparasi Nissan Leaf vs Hyundai Kona secara Detail

Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa harga Nissan Leaf sebenarnya jauh lebih murah dibanding Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric untuk varaian tertingginya. Selisihnya mencapai Rp 26 juta vs Ioniq dan Rp 46 juta vs Kona Electric.

Namun untuk segmen fleet atau konsumen yang tidak memerlukan fitur-fitur yang terlalu canggih, Hyundai Ioniq tipe Prime adalah EV termurah di Indonesia saat ini.

Mobil listrik Hyundai yang sudah masuk Indonesia - Ioniq dan Kona EV
Mobil listrik Hyundai Ioniq dan Kona EV

Harga EV Hyundai yang lebih tinggi tentu memiliki sesuatu yang cukup layak dibayar lebih mahal, antara lain adanya sun-roof dan ventilated-seat yang tidak dimiliki Nissan Leaf.

Selain itu, Ioniq juga memiliki baterai yang lebih besar dari Leaf, hingga memiliki jarak tempuh 62 km lebih jauh dari Nissan Leaf, berdasarkan pengujian NEDC. Hyundai Kona memiliki ground clearance lebih tinggi untuk daya jelajah yang lebih baik.

Namun Nissan Leaf bukan tanpa kelebihan, powertrain-nya lebih powerfull dibanding dua jagoan Hyundai. Motor Listrik Nissan Leaf mampu menyemburkan tenaga 150 ps dan torsi 230 Nm, dimana Ioniq dan Kona hanya memiliki 136 ps.

Dengan jantung pacu tersebut, Nissan Leaf bisa melaju 0 hingga 100 km/jam dalam 7,9 detik, lebih cepat 2 detik dari Ioniq yang mencatatkan angka 9,9 detik dan Kona 9,7 detik.

Guna menarik minat konsumen, pihak Nissan Indonesia memberikan berbagai keringanan biaya kepemilikan untuk Nissan Leaf. Antara lain garansi kendaraan selama 3-tahun atau 100.000 km, garansi baterai selama 8-tahun atau 160.000 km, dan bebas biaya perawatan selama 5-tahun atau 70.000 km.

Tulis Komentar