Toyota Bangun Sirkuit Mini Nurburgring di Jepang agar Mobilnya Lebih Fun-to-Drive

CaruserMagz.com – Nürburgring adalah sirkuit pengujian mobil paling terkenal di dunia yang menjadi tempat bagi berbagai brand ternama untuk menguji produknya dalam berbagai sisi, seperti performa kecepatan, pengendalian dan lain sebagainya. Nurburgring seolah menjadi kiblat bagi industri mobil, sehingga rekor menaklukkan trek tersebut menjadi prestasi besar.

 
Ternyata Toyota tidak mau ketergantungan dengan sirkuit Nürburgring untuk menguji mobil-mobilnya, brand terbesar di dunia asal Jepang ini telah mulai membangun versi mini dari sirkuit yang juga disebut Nordschliefe tersebut di Jepang.

 
Toyota mengatakan bahwa sirkuit pengujian tersebut dibangun untuk membantu para insinyurnya dalam mengembangkan mobil-mobil Toyota agar lebih fun-to-drive atau menyenangkan untuk dikendarai sekaligus menarik untuk pasar Eropa.

 
Sirkuit mini itu dibangun di lahan yang menjadi bagian dari pusat penelitian dan pengembangan baru Toyota di wilayah pegunungan Shimoyama, dengan panjang trek 5,3 kilometer dan memiliki variasi ketinggian hingga 246 kaki (75 meter).

 

Toyota Bangun Sirkuit Mini Nurburgring di Jepang
Toyota Bangun Sirkuit Mini Nurburgring di Jepang

Baca juga: Toyota Kembangkan Mobil Tanpa Kaca Spion, Dipasarkan dalam Waktu Dekat

 
Memang tidak sepanjang Sirkuit Nurburgring yang hingga 25,7 km (16 mil), Namun Toyota mengatakan bahwa sirkuit baru tersebut telah memiliki banyak kurva yang dapat mensimulasikan berbagai kondisi jalan di Eropa.

 
Sirkuit mini tersebut merupakan bagian kecil dari total area pengembangan dan penelitian Toyota seluas 1.600 hektar. Fasilitas teknis itu juga akan menampung sarana pengembangan, uji kecepatan tinggi dan pengujian khusus lainnya.

 

Toyota Bangun Sirkuit Mini Nurburgring
Toyota Bangun Sirkuit Mini Nurburgring
Loading...

Konstruksi faslitas baru tersebut telah dimulai dan masih berlangsung. Proyek itu dijadwalkan selesai pada bulan Maret 2024. Diperkirakan fasilitas ini akan menyerap sekitar 3.300 orang tenaga kerja dan 90% dari mereka akan terlibat langsung dalam pengembangan, pengujian dan evaluasi kendaraan.

 
Dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Carscoops.com, presiden Toyota, Akio Toyoda mengatakan bahwa mobil-mobil Toyota di masa depan akan memberikan kegembiraan berkendara yang sebenarnya dan sirkuit mini tersebut merupakan salah satu sarana untuk mewujudkannya.

 
Kami bermaksud untuk mengasah semua model kami secara menyeluruh dan mengembangkan jenis-jenis mobil yang melambangkan kegembiraan berkendara yang sesungguhnya.” Ujar Akio Toyoda.

 
Kami melakukan segala upaya untuk membawa senyum di wajah pelanggan kami, terlepas dari bentuk apa yang diambil mobil di masa depan.” Tambahnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Tulis Komentar