BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Toyota All New Agya 2023 Resmi Debut Global, Kini Ada Varian Non-LCGC!

Toyota All New Agya 2023 Debut Global - 13-02-2023

Share

CaruserMagz.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota All New Agya sebagai debut global di Jakarta, Senin 13 Februari 2023. Agya akhirnya berubah generasi setelah 10 tahun berkiprah, sejak pertama kali hadir pada 2013 silam.

Dalam 10 tahun kiprahnya di Indonesia, Agya tidak banyak berubah. Hanya mengalami dua kali facelift pada tahun 2017 dan 2020. Namun demikian, LCGC tersebut adalah salah satu small citycar yang kokoh bertahan berkat brand image Toyota yang luar biasa besar.

Hari ini kami hadirkan All new Agya sebagai exciting citycar, dengan kualitas yang lebih baik seperti durability, capability, safety dan reliability, serta performa yang fun to drive dengan tetap mempertahankan DNA utama Agya,” papar Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM, Senin (13/2/23).

Namun peluncuran bertajuk World Premiere ini masih merupakan pengenalan saja. Karena spesifikasi detail dan harga belum diumumkan. Kemungkinan ajang IIMS 2023 yang akan dimulai pada 16 Februari adalah momen rilis harga dan spesifikasi detilnya.

Peluncuran Toyota Agya generasi baru - 13 Feb 2023
Peluncuran Toyota Agya generasi baru – 13 Feb 2023

Perubahan dan Hal-hal Baru

PT Toyota Astra Motor mengabarkan bahwa Agya generasi baru ini mendapat platform baru yang menghasilkan dimensi lebih besar serta ruang interior yang lebih lapang.

Perubahan dimensi yang membesar membuat Agya generasi-2 ini lebih panjang 100 mm (10 cm) dan wheelbase bertambah 70 mm (7 cm).

Kejutannya adalah bahwa mesin Agya 2023 ini ternyata mendapat pembaruan, alias tidak lagi menggunakan mesin pada versi generasi pertama.

Toyota Agya GR Sport 2023 -bukan lagi LCGC
Toyota Agya GR Sport 2023 -bukan lagi LCGC

Hal baru lainnya adalah bahwa Agya 2023 memiliki varian non-LCGC, sebagaimana Honda Brio memiliki varian RS. Agya non-LCGC tersebut adalah varian GR-Sport.

Keluar dari skema LCGC berarti Agya GR-Sport akan memiliki fitur-fitur kekinian yang lebih lengkap. Namun konsekuensinya adalah harga lebih mahal, yang berkemungkinan menyentuh angka Rp 200 jutaan.

Perubahan dimensi Agya generasi baru ini analogia dengan perubahan Honda Brio generasi-2. Body yang membengkak dan lebih lebar memberi kesan mobil yang lebih proper dan lebih lapang.

All New Agya 2023 Tampak Samping
Toyota Agya 2023 Tampak Samping

Usaha Toyota untuk membuat tampilan depan Agya 2023 ini lebih agresif terlihat dari lampu utama yang menyipit, hadirnya LED-DRL yang vertikal di sisi bumper, dan garis-garis wajah yang lebih tegas dari sebelumnya.

Namun kami menilai, nuansa LCGC-nya masih tetap kental karena bahan plastik pada bumper yang masih bekesan sceap-look. Desain bagian belakang juga masih terlihat bernuansa mobil murah.

Interior Sama dengan Avanza dan Raize

Masuk ke kabin, suasana dashboard Avanza dan Raize berplatform DNGA sangat kental dan terlihat lebih modern.

Varian yang ditampilkan pada peluncuran ini sepertinya adalah GR-Sport, karena memiliki berbagai kelengkapan terkini sebagaimana pada Toyota Avanza 2022.

Dashboard Agya 2023 Indonesia
Dashboard Agya 2023 Indonesia

Antara lain ada head unit layar touchscreen floating, pengaturan AC digital dan tombol steering switch. Namun cluster meter sepertinya masih menggunakan model analog dengan MID monokrom.

Kembaran Agya 2023 ini, yaitu Daihatsu All New Ayla 2023 akan menyusul diluncurkan pada Rabu, 15 Februari 2023. Sehari sebelum gelaran IIMS 2023. Kemungkinan juga berupa pengenalan wujud tamplilan barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)