BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Peningkatan Toyota Agya 2023 Diungkap pada Peluncuran, Apa saja yang Baru?

Hal baru pada Agya 2023 All New

Share

CaruserMagz.com – Apa saja Peningkatan Agya 2023 Generasi Baru – Toyota Agya generasi kedua resmi hadir di Indonesia pada Senin, 13 Februari 2023. All New Agya tersebut mendapat ubahan dalam semua aspek dengan peningkatan signifikan.

Improvement yang dilakukan Toyota Indonesia pada small Citycar-nya tersebut sangat jelas diniatkan untuk menggeser kejayaan Honda Brio, yang belum tergoyahkan sebagai pemimpin segmen mobil entry level perkotaan.

Untuk tujuan itu, Toyota melakukan peningkatan besar-besaran pada Agya generasi baru. Terlihat jelas dalam banyak hal, Toyota meniru pola dan strategi bisnis Honda Brio. Misalnya hadir-nya varian non-LCGC untuk menggempur Honda Brio RS.

Meskipun demikian, Toyota menyatakan bahwa Agya tetap mempertahankan DNA kualitas mendasar yang dibutuhkan konsumen Indonesia, yaitu Kualitas yang teruji handal (Reliable Quality), konsumsi bahan bakar yang irit (Fuel Efficiency), dan harga yang terjangkau (Affordable Price).

Lalu apa saja peningkatan Toyota Agya 2023 dibanding versi sebelumnya, berikut kami rincikan satu-persatu berdasarkan penjelasan dari Toshihiro Nakaho, selaku Executive Chief Engineer yang merancang Agya gen-2.

Hal-hal Baru dari Peningkatan Toyota All New Agya 2023

Desain eksterior Baru

Konsep dasar styling eksterior Agya generasi-2 ini disebut sebagai ‘Powerfull‘ dan ‘Agressive‘.

  • Powerfull dari lengkungan body dan fender roda belakang yang lebih lebar dan lebih berotot.
  • Agressive dari karakter garis tajam yang aerodinamis dan pusat gravitasi rendah.
Eksterior Styling Toyota Agya - Powerfull & Agressive
Eksterior Styling Toyota Agya – Powerfull & Agressive

Desain Interior Baru – Lebih Modern

Konsep Styling Interior dirancang dengan konsep Advance dan Wide Image.

  • Advance: Canggih, nuansa kekinian dengan banyak panel digital dan desain yang tajam.
  • Wide image dari garis horizontal yang membentang di dashboard.
  • Driver oriented – Mobil entry level banyak digandrungi orang muda yang suka mengemudi. Toyota mengusahakan kesenangan mengemudi yang sangat ditingkatkan dengan desain dashboard yang berfokus pada pengemudi.
Kokpit Agya 2023 - Driver Oriented
Kokpit Agya 2023 – Driver Oriented

Platform Baru

Menggunakan platform DNGA yang berorientasi pada level kenyamanan, rigiditas, dan pengendalian yang lebih baik.

Dimensi Lebih Besar

Perubahan platform memungkinkan kabin dan bagasi Agya 2023 jadi lebih luas. Poin-poin yang dijelaskan adalah bahwa:

  • Panjang sudah mirip hatcback di segmen-B (Compact Hatchback). Bertambah 10 cm dari sebelumnya.
  • Bagasi bisa memuat 4 koper kecil.
  • Wheelbase bertambah 7 cm, menjanjikan kabin baris kedua yang lebih lapang.

Mesin Baru

Meski belum dijelaskan secara detail, tapi petinggi Toyota Indonesia menyatakan dengan jelas bahwa All New Agya 2023 mendapat mesin baru dengan torsi yang lebih besar, untuk rasa mengemudi yang lebih powerfull.

Mesin baru itu kabarnya adalah mesin milik Toyota Raize dengan Dual-VVTi untuk varian LCGC dan mesin Turbo untuk Agya varian GR-Sport. Sehingga akan terasa lebih powerfull dibanding kompetitor, dalam hal ini yang disasar adalah Honda Brio RS.

Suspensi Baru – Lebih Stabil

Usaha untuk membuat mobil kecil ini Lebih Fun-to-Drive, adalah dengan membuatnya lebih stabil. Toyota memberi suspensi baru yang memiliki stiffness ditingkatkan 15% dari sebelumnya.

Transmisi CVT

Pengendaraan yang lebih halus dan menyenangkan juga diusahakan dengan transmisi baru berjenis CVT. Itu juga ditujukan untuk konsumsi BBM yang lebih irit.

Varian GR-Sport (Non-LCGC)

Untuk mampu bersaing head-to-head versus Honda Brio, Toyota membuat tandingan bagi Brio RS berupa Agya GR-Sport. Varian flagship yang tidak lagi masuk skema LCGC tersebut mendapat beberapa komponene yang lebih baik dari versi LCGC, antara lain adalah:

  • Komponen kaki-kaki menggunakan standar GR-Sport: Power Steering, Steering Gear, Shock Absorber, Coil Spring, yang dikembangkan secara khusus untuk pengendalian yang lebih baik.
  • Beberapa fitur kekinian yang lebih advance.
Agya GR Sport - small hatchback yang mewah
Agya GR Sport – small hatchback yang mewah

Banyak warna Cerah

Pilihan warna yang Mengakomodir selera anak muda, sembari tidak menghilangkan warna mainstream yang sudah lama menjadi favorit semua umur. Ada 3 warna nyentrik yang disukai anak muda, yaitu orange, kuning dan merah. Berikut daftar lengkap pilihan warna Agya 2023:

  • Merah
  • Orange
  • Kuning
  • Putih
  • Silver
  • Hitam
  • Abu-abu

Lebih lengkap mengenai spesifikasi, fitur dan hal-hal baru dari Toyota All New Agya 2023, kita tunggu update Toyota di website resminya. Sementara saat artikel ini kami rilis, itu belum tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)