CEO Ferrari dan Fiat ‘Sergio Marchionne’ Pensiun Lebih Cepat

CaruserMagz.com – CEO dari brand mobil eksotis Ferrari, Sergio Marchionne, yang sekaligus adalah CEO dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA), harus pensiun lebih cepat karena mengalami komplikasi berat pasca-operasi akibat penyakit yang dideritanya.

 
Sedianya Marchionne memang akan pensiun pada tahun 2019. Melihat kondisinya yang tidak memungkinkan untuk kembali bekerja, Board of Director FCA melakukan meeting mendadak pada Sabtu, 21 Juli 2018 dan memutuskan untuk mempercepat pergantian CEO.

 
Sementara belum ada pengganti, Mike Manley diangkat sebagai Acting CEO untuk FCA. Namun banyak yang memperkirakan Manley akan dipilih menjadi pengganti Marchionne secara permanen setelah diputuskan oleh Meeting Shareholder.

 
Manley memang sudah diprediksi menjadi kandidat kuat pengganti Marchionne jauh sebelum kejadian ini. Manley telah memimpin brand Jeep sejak tahun 2009 dan Ram sejak tahun 2015. Kedua brand tersebut mengalami sukser besar di bawah kepemimpinan Mike Manley.

 

Marchionne Pensiun dari Ferrari

 
Board of Director (BOD) Ferrari telah menunjuk John Elkann sebagai Chairman dan Loius C. Camilleri sebagai Acting CEO yang untuk sementara melakukan tugas Marchionne sebelum resmi ditunjuk sebagai CEO oleh meeting shareholder mendatang.

 
John Elkann adalah Chairman dari Exor Investment Group dan merupakan salah satu anggota keluarga Agnelli. Sedangkan Camilleri adalah mantan pemimpin Philip Morris International yang sekarang lebih dikenal sebagai Altria Group.

 
Baca juga:

 
Dalam pernyataannya, John Elkann mengatakan bahwa dia memiliki hubungan personal dan professional yang kuat dengan Marchionne dan telah bekerjasama dalam waktu yang lama.

 
“Adalah keistimewaan bekerjasama dengan Sergio selama bertahun-tahun (14 tahun), kami melalui kesuksesan dan kesulitan, momen-momen unik dan tak terulang, baik secara personal maupun professional.”

 
Baginya, Sergio Marchionne adalah seorang mentor, sahabat sejati sekaligus pemimpin yang mencerahkan dengan kecerdasan yang unik.

 
“Saya sangat sedih mengetahui kondisi kesehatan Sergio. Ini adalah situasi yang tidak terpikirkan hingga beberapa jam yang lalu.” Ujar Elkann.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar