BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

All New Agya dan Ayla Disebut ‘Mobil Nasional’, Ini Penjelasan Petinggi Daihatsu dan Toyota

All New Ayla dan Agya 2023 Diklaim Mobil Nasional

Share

CaruserMagz.com – Dalam peluncurannya pada tanggal 13 dan 15 Februari 2023, LCGC kembar Agya dan Ayla generasi baru disebut-sebut sebagai ‘Mobil Nasional‘ oleh para petinggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM). Klaim itu tentu mengundang tanya, karena mobil tersebut bukanlah berasal dari merek mobil nasional, melainkan dari merek Jepang.

Namun pihak ADM dan TAM tentu punya argumentasinya sendiri untuk membenarkan klaim tersebut. Sebagaimana disampaikan oleh Yasushi Kyoda, Presiden Direktur ADM dan Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM.

Dalam acara peluncuran All New Astra Daihatsu Ayla, Yasushi Kyoda menyatakan bahwa Ayla bisa menjadi ‘mobil nasional’ Indonesia.

“Saya percaya, Ayla bisa menjadi ‘mobil nasional’. Karena sudah sangat diterima di Indonesia,” ujar Kyoda.

All New Ayla 2023 saat peluncuran
All New Ayla 2023 saat peluncuran

Dasar Klaim Mobil Nasional untuk Agya dan Ayla 2023

Beberapa hal yang mendasari klaim ‘Mobil Nasional’ untuk Ayla dan Agya antara lain adalah:

Angka penjualan – selama 10 tahun Ayla di Indonesia sudah mencapai 268 ribuan unit. Atau sekitar 26 – 27 ribu unit per tahun. Sedangkan Agya terjual sekitar 320 ribuan unit.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) – dari kedua LCGC tersebut sudah mencapai lebih dari 80%.

Mobil Pilihan banyak First Buyer – 80% dari pembeli Ayla dan Agya adalah orang yang baru pertama kali membeli mobil.

Karya Orisinil Engineer Indonesia – Meskipun dari merek Jepang, kedua LCGC kembar tersebut dirancang oleh orang Indonesia asli, tanpa dukungan teknis dan riset dari Daihatsu atau Toyota Jepang.

“Selama masa pandemi dua tahun ini, pengembangan dari Ayla ini tidak dapat support dari Jepang karena masalah Covid,” ungkap Kyoda.

“Di sini perlu kami sampaikan, Ayla baru ini adalah hasil kerja keras engineer kami dan produksi Astra Daihatsu Motor. Ini hasil jerih payah dari anak-anak Indonesia sendiri,” tambahnya.

All New Agya 2023 saat peluncuran
All New Agya 2023 saat peluncuran

Penyataan Yasushi Kyoda tersebut senada dengan pernyataan Toshihiro Nakaho, selaku Executive Chief Engineer Toyota Indonesia di peluncuran All New Agya.

“Saya sangat berharap bahwa All New Agya akan memimpin segmen entry generasi selanjutnya, dan digandrungi sebagai mobil nasional” kata Toshihiro Nakaho, Senin 13/02/2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)