Tampilan Next-gen Kia Sportage Dirender, Mana yang Lebih Cakep?

Render Kia Sportage Generasi Baru

CaruserMagz.comPerkiraan Tampilan Next-gen Kia Sportage – Desain model-model Kia terbaru pada 2020 telah menggunakan bahasa desain yang baru. Hal itu bisa kita lihat pada tampilan Kia Sorento, Seltos, Telluride, Optima, dan Sedona generasi baru. Beberapa model masih dinantikan akan seperti apa tampilannya dengan bahasa desain terbaru tersebut.

Salah satu model yang dikabarkan akan diperbarui adalah Kia Sportage, medium SUV global Kia yang merupakan saudara tak seiras dari Hyundai Tucson, sekaligus kompetitor bagi Mazda CX-5, Honda CR-V 5-Seater, VW Tiguan dan lainnya. Hal itu diketahui dari terlihatnya sosok mobil mirip Hyundai Tucson yang sedang tes jalan dalam balutan kamuflase.

Kia Sportage Next-Gen Dalam Balutan Kamuflase
Kia Sportage Next-Gen Dalam Balutan Kamuflase

Banyak media dan YouTuber otomotif di Korea Selatan yang mencoba memperkirakan tampilan Next-gen Kia Sportage generasi kelima, berdasarkan tangkapan kamera spyshot pada model dalam balutan kamuflase tersebut. Salah satunya adalah Desainer Hitekro yang membuat rendering seperti yang kami pajang pada foto utama di artikel ini, sebagaimana dirilis oleh Carscoops.com.

Perlu dicatat, bahwa gambar tersebut tidak dapat dikatakan sebagai bentuk yang pasti dari Kia Sportage generasi kelima, karena bukan merupakan rilis resmi dari Kia, dan juga tidak ada pernyataan para petinggi Kia yang merestuinya. Apalagi mobil dalam balutan kamuflase tersebut tidak begitu jelas karena selain dibalut kamuflase, mobil ini juga diberi tambahan bahan yang menutup bentuk depan dan belakangnya.

Jika melirik model-model Kia terbaru yang telah diluncurkan, sepertinya kecil kemungkinan rekaan Hitekro tersebut akan terwujud. Karena bentuknya terlihat terlalu plain untuk Sportage yang dari dulu lebih nyentrik dari model Kia lainnya. Perubahannya dimaksud menyeragamkan dengan grill tiger-nose besar dan desain lampu yang baru. Namun itu membuatnya berbeda dari bahasa desain SUV Kia terbaru seperti pada Sorento atau dari jenis sedan.

Perkiraan Kia Sportage Generasi Baru dari Penggabungan esain Hyundai Tucson & Kia Sorento
Perkiraan Kia Sportage Gen-5 dari Penggabungan Desain Hyundai Tucson & Kia Sorento

Di belahan bumi lain, yaitu Australia, beberapa media membagikan gambar rendering Kia Sportage gen-5 berdasarkan gabungan desain Hyundai Tucson dan Kia Sorento generasi baru. Dimana tampilan depan dan belakang diambil dari Sorento, dan penampakan samping mengambil bentuk Tucson.

Render tersebut terlihat lebih menarik untuk Sportage. Ini mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan model dalam kamuflase, tapi bentuk velgnya seolah memberi tanda bahwa bahwa benar akan ada kemiripan antara Tucson dan Sportage generasi kelima.

Perkiraan Kia Sportage Next-Gen - Mixed desain Hyundai Tucson & Kia Sorento
Perkiraan Kia Sportage Next-Gen – Mixed desain Hyundai Tucson & Kia Sorento

Yang pasti Kia Sportage memang selalu dibuat berplatform yang sama dengan Hyundai Tucson, karena hampir semua line-up kedua pabrikan tersebut punya kembaran tak seiras. Misalnya Picanto dan i10, Rio dan i20, Sorento dan Santa Fe, hingga Telluride dan Palisade. Meskipun demikian, bentuk produk satu platform tersebut selalu sangat berbeda, baik di eksterior maupun interior. Namun dalam hal teknologi fitur-fiturnya mereka tetap seperti berkompetisi.

Benarkah rendering tersebut mendekati bentuk akhir dari versi produksi Kia Sportage generasi kelima? Kami tidak yakin untuk keduanya, karena balutan kamuflase pada mobil tes jalan tersebut terlalu tebal hingga sulit dilihat. Lagi pula, isu mengenai jadwal peluncuran Sporatage generasi baru masih cukup lama. Media Australia menuliskan bahwa Next-gen Sportage baru akan hadir pada akhir tahun 2021.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar