KIA Perkenalkan Konsep SUV Listrik Bernama Kia Futuron Concept

CaruserMagz.com – KIA memperkenalkan konsep SUV listrik bernama “Kia Futuron Concept” di China International Import Expo (CIIE) 2019 di Shanghai pada 5 November 2019.

 
Dari namanya, kita bisa langsung tahu bahwa mobil ini belum akan diproduksi dalam waktu dekat, melainkan sebuah konsep mobil masa depan dengan segala teknologi yang di masa kini masih dalam tahap pengembangan.

 
Ini adalah mobil masa depan, tidak hanya dari teknologi listrik yang belum masif secara global, namun juga dari tampilan eksterior, interior dan teknologi otonom, serta logo yang benar-benar belum kita kenal.

 
Jika kita perhatikan, konsep Futuron ini masih mengusung tagline desain Tiger Nose khas KIA, namun dalam bentuk yang jauh lebih modern. Signature hidung macan ini terlihat berukuran masif hingga termasuk lampu depannya.

 

KIA Futuron concept - Konsep SUV Listrik
KIA Futuron concept – Konsep SUV Listrik

Lampu utama mobil konsep ini tidak begitu kentara sebagai lampu utama yang kita kenal di mobil masa kini. Desain lampu ini disebut “Star Cloud” yang bertaburan di sisik naga, yang terinspirasi dari hewan mitologi China.

 
Jadi lampunya seperti tebaran bintang di langit malam, yang merupakan bintik-bintik LED yang menghiasi detil grill pada garis-garisnya. Desain ini juga di bawa ke bagian belakang dengan warna merah. Logo Kia yang baru juga terlihat bercahaya yang memberi tanda bahwa bagian tersebut juga merupakan lampu.

 

KIA Futuron Concept - Konsep SUV Listrik Tampak Belakang
KIA Futuron Concept – Konsep SUV Listrik Tampak Belakang

Desain eksteriornya terlihat sangat aerodinamis dan futuristik, namun terasa cukup realistik untuk berlari di jalan raya berkat ban karet dan desain velg yang masih masuk akal.

 
Disebutkan bahwa inspirasi konsep futuron ini adalah “Piring Terbang UFO”, hal itu terlihat dari bagian belakang yang membulat dan bagian atap yang sepenuhnya kaca panoramik.

 
Kia memberi tahu ukuran mobil konsep ini, yaitu panjang 4.850 mm (190,9 inci), tinggi 1.550 mm (61 inci) dan jarak sumbu roda 3.000 mm (118,1 in). Ukuran ban yang besar dan desain pipih tajam ini memberi kesan sangat bertenaga.

 

KIA Futuron Concept - Konsep SUV Listrik Tampak Samping
KIA Futuron Concept – Konsep SUV Listrik Tampak Samping

Baca juga:
Begini Konsep Supercar Listrik Lamborghini, Menakjubkan!
Fininfarina Rancang Hypercar Listrik Tercepat di Dunia, Bertenaga hingga 1900 HP

 
Teknologi mobil otonom pada konsep Kia Futuron ini didukung oleh sistem jaringan sensor LiDAR (light detection and ranging / deteksi dan jangkauan cahaya) yang mampu menyediakan fitur-fitur mengemudi otonom Level-4.

 
Sistem penggerak mobil ini disebutkan adalah e-AWD, yang artinya ada 1 motor listrik untuk masing-masing roda. Efeknya adalah tenaga besar yang instan dengan respon secepat kilat saat pengemudi menekan pedal percepatan, hingga mobil ini seperti ditombakkan.

 
Penampakan interior menunjukkan konfigurasi kursi normal layaknya mobil masa kini. Kehadiran kontrol panel dan kemudi menunjukkan mobil ini bukanlah mobil self-driving sepenuhnya, melainkan memiliki mode otonom dan manual, yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan pengendaranya.

 

KIA Futuron Concept - Konsep SUV Listrik Interior
KIA Futuron Concept – Konsep SUV Listrik Interior, sumber: Carscoops.com

Saat mode otomatis diaktifkan, kemudi akan masuk ke dashboard hingga rata dengan cluster di depan pengemudi. Pola ini mengingatkan kita pada mobil otonom di film “The Demolition Man”.

 
Meskipun hanya memiliki 2 pintu, gambaran interior menunjukkan mobil ini mampu menampung 4 penumpang. Pola sisik naga juga hadir di interior, yaitu pada bagian doortrim yang seolah bersambung hingga ke bagian dashboard.

 
Jadi ini adalah prototipe mobil Kia untuk masa depan yang yang masih cukup jauh. Bisa jadi 1 atau lebih dekade lagi, mengingat mobil otonom masih seperti semi fiksi saat ini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar