Yamaha Aerox 155 Facelift 2021 Resmi Diluncurkan, Simak Perubahan, Harga dan Spesifikasinya!

All New Yamaha Aerox 155 Facelift 2021 - Aerox Connected VVA

CaruserMagz.com – Yamaha Aerox 155 MY2021 atau All New Yamaha Aerox Facelift resmi diluncurkan pada 2 November 2020 secara daring di internet. Yamaha Indonesia melakukan peluncuran virtual ini berbarengan dengan peluncuran motor yang sama di Vietnam. Versi facelift dari skuter sport ini punya banyak tambahan embel-embel terkait mesin dan fitur baru andalannya, sehingga nama lengkapnya menjadi Yamaha All New Aerox 155 VVA Connected MY2021.

Perubahan Aerox Facelift yang dilakukan Yamaha cukup signifikan, antara lain head lamp dan panel spidometer baru, smartkey system, fitur Y-Connected dan kapasitas tanki bbm yang ditambah. Untuk dapurpacu, Aerox facelift ini masih menggunakan mesin 155cc VVA 4-valve.

Mar kita bahas Satu-persatu perubahan dan hal-hal penting pada Yamaha Aerox Facelift 2021 ini:

Mesin 155 cc VVA

Mesin Aerox Connected ini berukuran 155cc dengan teknologi Blue Core dengan pendingin cairan dan Variable Valve Actuation (VVA). Tenaga maksimum yang bisa disemburkan adalah sebesar 11.3kW (15 daya kuda) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 13.9 Nm pada 6.500 rpm. Sehingga All New Aerox 155 Connected ini memiliki performa dan Power-to-Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnya.

Dengan teknologi VVA, mesin tersebut memiliki torsi yang merata pada setiap putarannya. Selain itu, Mesin Aerox facelift ini juga dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) untuk membuat starter motor halus, serta fitur Stop and Start System (SSS) yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar saat motor berhenti namun pengguna motor tidak ingin mematikan mesin, semisal berhenti di lampu merah.

Perubahan Tampilan dan Desain

Lampu LED dengan DRL – Hal baru pada tampilan Aerox 155 Facelift adalah hadirnya LED pada headlight dan lampu belakang, serta Signature Daytime Running Light (DRL). Bentuk lampu depannya jadi lebih lebar dan tajam, sedangkan lampu belakang jadi lebih sipit. DNA Sport pada skuter matik ini tetap kuat dengan desain aerodinamis dan muscle-wings di sisi kiri dan kanan body depannya. DNA Sport tersebut menghasilkan fusi desain motor sport dan skuter matik yang diwakili bentuk huruf X pada sisi samping body Aerox.

Jok Lebih Nyaman – Pada bagian jok, kini dibuat lebih nyaman untuk berboncengan, yaitu dengan jok belakang yang dibuat lebih landai dari sebelumnya. Itu akan membuat lebih nyaman bagi penumpang belakang untuk perjalanan yang lumayan jauh.

Dashboard Baru – Tampilan dashboard terlihat lebih modern dan lengkap dengan MID Full negatif LCD berwarna dasar biru. Speedometer diubah lebih kecil dan display RPM mesin diganti menjadi model bar vertikal. Pengaturan informasi di MID ini disediakan dengan Handle-bar Switch Control yang dioperasikan tangan kiri pengendara. Lampu Hazard juga disediakan untuk memberi tanda kondisi darurat, layaknya pada mobil.

Fitur Baru Yamaha Aerox 155 Facelift 2021 - Connected VVA
Fitur Baru Yamaha Aerox 155 Facelift 2021 – Connected VVA

Fitur Y-Connect

Senjata andalan anyar dari skuter sporty Yamaha ini adalah fitur Y-Connect, yang merupakan singkatan dari “Yamaha Motorcycle Connect“. Fitur tersebut menghubungkan sepeda motor dengan aplikasi smartphone melalui Bluetooth.

Melalui fitur ini, pemilik motor bisa mendapatkan informasi tentang motornya di smartphone, seperti konsumsi bbm, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan, voltase aki dan kondisi oli, serta notifikasi malfungsi. Sebaliknya saat dikendarai, pengendara juga bisa mendapat notifikasi telepon dan pesan di dashboard motor. Ini tentu jadi fitur yang sangat menarik bagi anak jaman-now, karena terkesan lebih modern dan canggih.

Yang menarik lagi, aplikasi Y-Connect juga mengusung fitur Rank, yaitu fitur yang dapat digunakan untuk adu irit-iritan konsumsi bbm atau jarak tempuh antar sesama pengendara motor yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi Y-Connect. Itu juga merupakan fitur yang bisa menghibur anak jaman-now yang suka membanggakan tunggangannya.

Fitur Menarik Lainnya

Selain Fitur Y-Connect, Yamaha All New Aerox Connected ini memiliki beberapa fitur menarik yang membuatnya terasa kekinian dan layak disebut motor orang kaya atau anaknya orang kaya, yaitu antara lain: Smart Key System sehingga tidak memerlukan anak kunci, Electric Power Socket yang berguna untuk mengecas gadget atau smartphone. Kemudian fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada tipe ABS yang meningkatkan faktor keselamatan berkendara.

Kapasitas Tangki Ditambah

Kapasitas tanki bbm Aerox Facelift 2021 ini mendapat upgrade sebesar 0,9 liter, menjadi 5,5 liter dari sebelumnya 4,6 liter. Artinya dengan mesin yang sama, Aerox akan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh sekitar 40an km dari sebelumnya. Terkait kapasitas, salah satu kelebihan Aerox adalah ukuran bagasi yang besar, sehingga bisa memuat banyak barang bawaan saat berkendara.

Kaki-kaki

Pada bagian kaki-kaki, Aerox 155 dilengkapi Suspensi Sub Tank untuk peredaman lebih optimal. Ban tubeless bertapak lebar menjanjikan kestabilan dengan ukuran 110/80-14M/C-53P untuk ban depan dan 140/70-14M/C-62P untuk ban belakang, yang menghasilkan ground clearance sebesar 143 mm.

Pilihan Warna

Pilihan warna All New Aerox 155 Connected ini dibedakan berdasarkan tipe, dimana tipe ABS disediakan dua warna spesial yaitu:

  • Prestige Silver – Kombinasi Perak dan hitam dengan velg dan list sticker warna emas.
  • Maxi Signature Black and Gold – Hitam dengan velg dan list sticker warna emas.

Sedangkan All New Aerox 155 Connected tipe standar disediakan dengan 4 pilihan warna yaitu:

  • Dark Grey Yellow – Kombinasi hitam dan abu-abu dengan sticker dan velg kuning stabilo.
  • Matte Black Cyan – Hitam dengan sticker biru langit.
  • Red – Kobinasi warna merah dan silver dengan sticker hitam.
  • Black – Hitam dengan sticker putih dan merah.
Pilihan Warna Yamaha Aerox 155 Facelift 2021 - Connected VVA
Pilihan Warna Yamaha Aerox 155 Facelift 2021 – Connected VVA

Data Spesifikasi Lengkap

Berikut tabel data spesifikasi lengkap Yamaha Aerox 155 Connected:

MesinSpesifikasi
Tipe MesinLiquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi SilinderSingle Cylinder
Kapasitas Mesin155cc
Diameter x Langkah58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi11.6 : 1
Daya Maksimum11.3 kW (15 hp) / 8000 rpm
Torsi Maksimum13.9Nm / 6500rpm
Sistem StarterElectric Starter
Sistem PelumasanBasah
Kapasitas Oli MesinTotal – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan BakarFI (Fuel Injection)
Tipe KoplingKering, Centrifugal Automatic
Tipe TransmisiV-belt Automatic
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi1.980mm x 700mm x 1.150mm
Jarak sumbu roda1.350 mm
Jarak terendah ke tanah143 mm
Tinggi tempat duduk790 mm
Berat isi125 kg
Kapasitas tangki bensin5.5 Liter
Rangka
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan110/80-14M/C 53P
Ban Belakang140/70-14M/C 62P
Rem DepanDisc
Rem BelakangDrum
Kelistrikan
Sistem pengapianTCI
BatteryYTZ7V
Tipe BusiNGK/CPR8EA-9+B15B18:C35

Harga dan Varian Aerox 155 Facelift

Pada dasarnya hanya ada dua varian yang dibedakan oleh fitur rem ABS, yaitu Tipe Connected sebagai tipe standar dan tipe Connected ABS sebagai varian yang lebih mahal. Embel-embel connected pada kedua tipe untuk mempertegas bahwa Aerox Facelift 2021 ini menjadikan fitur Y-Connect sebagai fitur standar dan andalan di semua tipe.

Berikut daftar harga Aerox 155 Facelift OTR DKI Jakarta:

  • All New Aerox 155 MY 2021 Connected: Rp 25.500.000.
  • All New Aerox 155 MY 2021 Connected/ABS: Rp 29.000.000.

Harga tersebut naik tipis dari model sebelumnya, yaitu naik Rp 705.000 saja untuk tipe non-ABS. Itu adalah peningkatan harga yang tidak signifikan dibanding peningkatan fitur-fiturnya yang terasa lebih canggih, khususnya pada fitur Y-Connect.

Baca: Daftar Harga Line-up Yamaha Maxi 2020: Lexy, Aerox, NMax, XMax

Perbedaan Fitur Yamaha Aerox Varian ABS vs Non-ABS

Selisih Rp 3,5 Juta antara tipe ABS dan non-ABS membedakan varian ABS dengan 4 fitur tambahan, yaitu fitur rem ABS tentunya, Smart Key System, Stop and Start System, dan Twin Sub-tank Suspension. Selain itu perbedaan juga pada pilihan warna sebagaimana kami jelaskan di atas.

Berikut Perbedaan Fitur dan kelengkapan Tipe ABS vs Non-ABS:

Fitur Aerox 155 ConnectedTipe Connected/ABSTipe Connected/non-ABS
Total New Engine 155cc Blue Core & VVA
Smart Motor Generator (SMG)
Stop & Start System (SSS)x
Antilock Braking System (ABS)x
Twin Sub-Tank Suspensionx
Yamaha Motorcycle Connect
Smart Key Systemx
New Full Digital Speedometer
Super Wide Tubeless Tire
New LED Head & Tail Light 
Hazard Lamp
Sport Integrated Rear Handle Grip
Cmfortable Tandem Seat
5.5 Liter Fuel Tank

Meskipun disebut sebagai model Facelift 2021, Aerox anyar ini dikabarkan sudah tersedia di dealer-dealer Yamaha mulai Bulan November 2020. Bagaimana menurut Sobat pembaca? Apakah perubahan-perubahan tersebut cukup worthed dengan kenaikan harga tipis dari model sebelumnya?

Tulis Komentar