Suzuki Bantah All New Ertiga Tiru Xpander

CaruserMagz.com – Peluncuran Suzuki All New Ertiga pada ajang IIMS 2018 di JIEXPO Kemayoran Jakarta menjadi trending topik di dunia maya. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dipilih oleh Suzuki untuk melakukan debut global Low MPV yang juga laris di India ini.

 
Namun kehadiran Suzuki Ertiga generasi kedua ini cukup dicemari prasangka dan sindiran-sindiran dari berbagai reviewer otomotif ternama. Hal itu terjadi karena Ertiga 2018 ini dianggap mirip dengan Mitsubishi Xpander. Sehingga tak pelak, Suzuki dituduh meniru-niru desain Xpander yang sekarang sedang menjadi bintang di segmen low MPV.

 
Selain dituduh latah, sebenarnya mau tak mau Ertiga terbaru ini akan dibanding-bandingkan dengan Xpander, karena low MPV anyar dari Mitsubishi tersebut sangat fenomenal dan bahkan kinerja penjualannya sudah mengalahkan Avanza di 2 bulan terakhir sebelum gelaran IIMS 2018.

 
Menanggapi rumor dan tuduhan tersebut, salah satu petinggi PT SIS angkat bicara. Dia adalah Donny Saputra, selaku Marketing Director of 4W PT SIS. Dia menegaskan bahwa Ertiga generasi baru ini sangat berbeda dengan Xpander.

 
“Bagi kami, posisi All New Ertiga ini berbeda dengan kompetitor. Target segmen kami juga berbeda. Di sini kami punya keunggulan sebenarnya untuk bersaing dengan produk lain,” jelas Donny saat peluncuran All New Ertiga di IIMS 2018.

 
Donny Saputra menegaskan bahwa beda All New Ertiga dari kompetitor adalah dalam hal kejelasan segmennya, yaitu MPV. Sementara kompetitor seperti campuran antara MPV dan segmen lain. Misalnya Xpander yang meskipun MPV, namun tampilannya seperti SUV.

 
“Kami lebih mengarah ke MPV, kompetitor macam-macam ya. Jadi kami, kembali ke MPV,” tegas Donny.

 
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander

 
Menurut Donny, pengembangan All New Ertiga sudah berlangsung sejak lama, bahkan sejak generasi pertama diluncurkan. Model baru ini sudah dipersiapkan dengan matang, jauh sebelum peluncuran model-model baru dari brand kompetitor.

 
Donny membantah Suzuki berupaya meniru Xpander. Dia menegaskan bahwa All New Ertiga ini adalah hasil research yang dilakukan Suzuki terhadap aspirasi dan ekspektasi konsumen.

 
“Jadi kami meluncurkan produk baru, sudah melakukan studi sebelumnya. Untuk minor change dan overall change yang akan diberikan untuk produk ini,” kata Direktur Marketing PT SIS tersebut.

 
Dalam hal persaingan dengan rival-rivalnya, Donny mengatakan bahwa PT SIS punya keuntungan dari sisi kebaruan produk. Karena Ertiga generasi kedua ini tentu lebih baru dari kompetitornya, sehingga Donny yakin mobil yang baru diperkenalkan akan disambut oleh calon konsumen dengan antusias.

 
Meskipun harga resminya belum diumumkan, PT SIS sudah mulai membuka pemesanan All New Ertiga di event IIMS 2018.  Bagi konsumen yang ingin membeli Ertiga baru ini bisa langsung mengisi form SPK dengan booking fee sebesar 5 juta Rupiah.

 
PT SIS menargetkan 1.100 unit All New Ertiga terjual pada ajang IIMS 2018 yang berlangsung selama 11 hari, dari tanggal 19 hingga 29 April 2018.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar