BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Toyota Voxy 2022 dan Noah Generasi-4 Debut Global, Simak Perubahan Menyeluruhnya

Toyota Voxy 2022 - Generasi baru

Share

CaruserMagz.com – Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan generasi baru dari minivan boxy andalannya di Jepang, yaitu Toyota New Noah dan New Voxy 2022 Generasi baru, pada Kamis, 13 Januari 2022 melalui rilis di laman resmi Toyota Global.

Kedua nama tersebut merupakan mobil kembar yang berbentuk dan platform yang sama, namun berbeda wajah sebagai pembeda trim kemewahan, identik dengan Avanza dan Veloz di Indonesia.

Minivan favorit orang Jepang ini dilahirkan kembali sebagai generasi keempat dengan perubahan signifikan di banyak sisi, yang menurut Toyota dilakukan untuk peningkatan kemyamanan dan rasa tentram dalam perjalanan.

Perubahan itu meliputi penggunaan platform TNGA (GA-C), penyematan fitur-fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS) dan T-Connect, powertrain baru berteknologi hybrid, dan tentunya desain wajah baru yang lebih atraktif.

Toyota menyatakan bahwa New Noah dibangun dengan konsep “agung, modern, dan berkualitas tinggi” yang dikombinasikan dengan “arus utama dan agresif“, sedangkan New Voxy berkonsep “terdepan dan unik.”

Toyota Noah dan Voxy 2022 - Generasi-4
Toyota Noah dan Voxy 2022 – Generasi-4

Desain Baru Eksterior Noah dan Voxy Generasi-4

Sebagai varian tertinggi dari lineup minivan ini, Toyota Voxy gen-4 diberi wajah baru dengan struktur 3-dimensi yang unik. Di bagian atas terlihat modern membulat dengan lampu tipis, sedangkan di bagian bawah mengotak dengan grill besar hingga ke difuser paling bawah.

Menurut Toyota desain tersebut memberi ciri khas saat malam hari dengan lampu depan dan belakang yang berpendar misterius.

Toyota Voxy Generasi-4 - Tampak Depan & Belakang
Toyota Voxy Generasi-4 – Tampak Depan & Belakang

Sedangkan Toyota Noah hadir lebih mainstream dengan desain konvesional yang elegan dengan lampu besar dan grill bermotif 3 palang besar horizontal.

Dua trim kemewahan Noah juga dibedakan wajahnya, dimana Noah S-Z memiliki grill yang terlihat lebih besar dibanding Noah Z. Perbedaan itu juga terlihat pada desain dan ukuran velg, dimana S-Z lebih besar dan sporty.

Toyota Noah dan Voxy 2022 - Gen-4
Toyota Noah dan Voxy 2022 – Gen-4

Interior

Dashboard mendapat ubahan jadi lebih modern dengan mempertahankan visibilitas yang luas dengan posisi yang rendah dan pilar-A yang tipis.

Warna interior Voxy dominan hitam dengan aksen logam krom memberi kesan mewah yang eksklusif. Panel instrumen, center cluster dan head unit terlihat modern dan fungsional. Semua tombol kontrol didekatkan ke pengemudi untuk keterjangkauan yang mudah.

Interior Toyota Voxy 2022 - Generasi-4
Interior Toyota Voxy 2022 – Generasi-4

Sementara kabin disediakan dalam opsi 7-seater dengan kursi captain-seat dan 8-seater dengan tanpa captain seat. Sedangkan Noah mendapat opsi interior cerah dengan perpaduan warna putih cream dan coklat gelap.

Interior Toyota Voxy 2022 - dengan opsi 8 & 7-seater
Interior kabin Toyota Voxy 2022 – dengan opsi 8 & 7-seater

Peningkatan Kenyamanan dengan Platform TNGA

Platform TNGA (GA-C) diklaim memiliki struktur bodi yang mengoptimalkan kenyamanan dengan pilar-C lebih sejajar secara vertikal dibandingkan model sebelumnya. Ukuran kabin jadi lebih besar dari sebelumnya dengan lebar 1.295 mm (lebih lebar 75 mm dari model lama), dan tinggi 1.405 mm.

Dengan semua kursi ditegakkan, van ini memiliki bagasi berukuran 104 Liter. Kepraktisan penyimpanan ditambah dengan lantai yang bisa diturunkan untuk barang yang berdimensi lebih tinggi.

pengaturan kursi fleksibel
Toyota Voxy 2022 dengan pengaturan kursi fleksibel

Fitur-fitur Canggih

Toyota menyematkan fitur TSS yang terdiri dari list berikut:

  • Pre-collision Safety System, yang terdiri dari pencegah tabrakan saat akan berbelok, pendeteksi pejalan kaki dan pemotor, steering assist pada kecepatan rendah.
  • Proactive Driving Assist yang berfokus pada keselamatan pedestrian dengan membantu pengemudi mendapatkan perlambatan dan steering assit untuk arah yang tepat.
  • Lane Change Assist yang akan aktif jika lampu sein dihidupkan. Fitur ini juga memonitor kendaraan di sekitar agar lebih aman.
  • Front Cross-Traffic Alert yang mecegah tabrakan saat akan keluar dari parkiran atau saat berada dipersimpangan jalan.
  • Safe Exit Assist yang mencegah pintu terbuka jika ada kendaraan lain melintas.

Fitur Toyota Teammate

Ini merupakan fitur bantuan mengemudi pada kondisi yang membutuhkan konsentrasi tapi ada banyak distraksi, dimana visibilitas pada objek yang terlalu dekat sangat terbatas.

Ada dua fungsi yang bisa dilakukan Toyota Teammate, yaitu membantu pengemudi saat berkendara di kemacetan parah dimana banyak sepeda motor, dan fungsi memarkir mobil dengan remote dari luar mobil melalui aplikasi yang diinstal pada smart-phone.

Fitur Toyota Teammate
Fitur Toyota Teammate pada Voxy dan Noah 2022

T-Connect (Opsional)

Toyota menyediakan opsi fitur navigasi terkoneksi ke internet yang didisplay pada head-unit 8-incinya atau 10,5-incinya. Fitur ini memungkinkan navigasi dengan saran rute. Penentuan destinasi juga telah didukung untuk perintah suara.

Selain itu, sistem T-Connect ini juga menyediakan hot-spot Wifi untuk penggunaan internet di dalam kabin mobil.

Mesin dan Sistem Penggerak

Voxy dan Noah 2022 ini disediakan dalam 2 pilihan varian mesin dan sistem penggerak 2WD dan 4WD. Ditambah lagi pilihan konfigurasi 7-seater dan 8-seater, dan beberapa tipe trim kemewahan. Sehingga ada banyak sekali pilihan kombinasi varian.

Pilihan mesin pertama adalah mesin bensin 1.8-liter 4-silinder DOHC berkode 2ZR-FXE yang dikombinasikan dengan sistem hybrid. Mesin ini diklaim memiliki figur konsumsi bbm hingga 23,4 km/liter.

Opsi lainnya adalah mesin bensil 2.0-liter Dynamic Force Engine (M20A-FKS) yang dikombinasi dengan Direct Shift-CVT 10-speed sequential yang bisa dioperasikan dengan mode manual. Model ini diklaim mampu menempuh 15,1 km setiap 1 liter bensin.

Interior dengan captain seat
Interior Voxy 2022 – dengan captain seat

Harga

Toyota Noah dibanderol mulai 2,67 – 3,89 juta yen (sekitar Rp 335 – 488 juta), dengan total pilihan sebanyak 55 varian dari kombinasi pilihan mesin, transmisi, konfigurasi kursi, termasuk 19 varian berkursi roda.

Sedangkan Toyota Voxy berbanderol mulai 3,09 – 3,96 juta yen (sekitar Rp 387 – 496 juta), dengan total 18 pilihan varian, termasuk 5 varian dengan kursi roda.

Rencana Produksi

Mobil dengan model kembar tiga ini akan diproduksi di Fujimatsu Plant, Toyota Auto Body Co., Ltd. dan Motomachi Plant, Toyota Motor Corporation.

Toyota Noah ditargetkan diproduksi sebanyak 8.100 unit per bulan, sedangkan Voxy sebanyak 5.400 unit per bulan.

Lebih lengkap dan detail mengenai spesifikasi serta perubahan Toyota Noah dan Voxy 2022 ini, bisa dibaca di situs resmi Toyota Global melalui link ini: Toyota Noah & Voxy Gen-4 World Premier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)