Honda BR-V 2018 Minor Change, Apa Bedanya dari versi Lama?

CaruserMagz.com – Persaingan di segmen Low SUV kian berat bagi Honda Prospect Motor (HPM), sejak kehadiran Mitsubishi Xpander, Toyota Rush dan Daihatsu Terios generasi baru. Untuk membuat Honda BR-V kembali muncul ke permukaan, HPM menyegarkan Honda BR-V 2018 dengan perubahan minor pada eksterior dan tambahan fitur di interior.

 
Honda BR-V facelift 2018 ini diluncurkan di event otomotif terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 19 April 2018, berlokasi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

 
Pada acara peluncuran Honda BR-V Minor change dan Mobilio Special edition pada IIMS 2018 tersebut, Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT HPM mengatakan bahwa perubahan ini merupakan wujud komitmen Honda dalam memenuhi ekspektasi konsumen.

 
“Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2016, Honda BR-V telah diterima dengan baik dan terjual lebih dari 61.000 unit di Indonesia. Perubahan model ini merupakan komitmen kami untuk terus memberikan nilai lebih bagi konsumen sekaligus menyegarkan pasar otomotif terutama di kelas Low SUV,” Papar Jonfis.

 
Lalu apa saja perubahan yang membedakan Honda BR-V 2018 ini dari versi sebelumnya? mari kita simak detailnya pada rincian yang kami rangkum di bawah ini:

 

Eksterior

 

Minor change pada eksterior Honda BR-V 2018 ini nampak jelas dari sisi samping, selain sisi samping secara keseluruhan perubahan tidak begitu kentara jika tidak diperhatikan secara detail.

 

Door Side Garnish - Honda BR-V 2018 Minor Change
Door Side Garnish – Honda BR-V 2018 Minor Change

 
New Door Side Garnish – Honda membuat standar baru pada aksesoris di pintu mobilnya dengan garnish hitam yang besar, hampir menutupi 50% dari pintu bagian bawah. Sedangkan pada mobil SUV lain seperti Toyota Rush, bagian ini adalah side body molding yang tidak begitu besar. Walau mungkin bagi sebagian orang hal itu terlihat berlebihan, namun sah-sah saja bagi Honda tentunya.

 
Skid Plate – Garnish silver pada bagian bawah bumper depan dan belakang, juga ada di bawah side skirt samping. Garnish ini merupakan aksesoris khas SUV yang memberi tampilan lebih gagah pada Honda BR-V.

 
Roof Rail – Roof rail pada Honda BR-V ini tidak begitu berbeda dari versi sebelumnya. Masih dengan motif yang besar dan bolt, sehingga terlihat mempertinggi penampakan BR-V dari samping.

 
Shark Fin Antenna – Aksesoris antena motif sirip hiu pada Honda BR-V 2018 ini terlihat elegan dan proporsional, sehingga menambah kesan sporty.

 
Power Retractable Door Mirror – Kaca spion Honda BR-V kini dilengkapi fitur retractable, sehingga bisa dilipat secara elektrik dari dalam kabin.

 
Projector Head Lamp – Lampu utama sudah menggunakan projector sehingga membuat tampilan Honda BR-V 2018 lebih modern.

 
LED Light Guide – Melengkapi projector, head lamp Honda BR-V 2018 ini juga diperindah oleh LED light guide yang menyala saat mobil dihidupkan, sehingga memberi kesan modern dan kekinian.

 
High Mount Stop Lamp – Lampu rem yang biasanya ada pada rear spoiler, kini berada di dalam kaca belakang.

 

Perubahan Eksterior - Honda BR-V 2018 Minor Change
Perubahan Eksterior – Honda BR-V 2018 Minor Change

 

Interior

 

Floating Touch Screen Head Unit 8 Inci – Perangkat infotainment Honda BR-V baru ini sudah kompatibel dengan berbagai format audio visual seperti AM/FM Radio, MP3, USB Port, Aux Input, Bluetooth dan Smartphone Connection. Monitor layar sentuh tersebut juga bisa menampilkan multimedia dalam format HDMI Mode dengan kabel opsional dan Android Mode dari Smart AppCar.

 

New Head unit 8 inch and Digital AC - Honda BR-V 2018 Minor Change
New Head unit 8 inch and Digital AC – Honda BR-V 2018 Minor Change

 
Arm Rest di Konsol Tengah – Honda menambahkan akseoris yang sangat berguna bagi kenyamanan pengemudi, yaitu arm rest di konsol tengah yang menambah kesan mewah pada Honda BR-V. Aksesoris ini juga dilengkapi storage untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti gadget atau lainnya.

 

Arm Rest - Honda BR-V 2018 Minor Change
Arm Rest – Honda BR-V 2018 Minor Change

 

Paket Aksesoris Modulo

 

Selain perubahan tersebut, untuk menambah kecantikan Honda BR-V 2018, pihak HPM juga menyediakan paket aksesoris Modulo yang harus dibeli secara terpisah jika menginginkannya. Berikut daftar aksesoris Honda BR-V 2018 beserta harganya:

  • Door Visor : Rp 694 ribu
  • Door Mirror Garnish : Rp 407 ribu
  • Door Hhandle Cover : Rp 875 ribu
  • Side Step Garnish : Rp 486 ribu
  • Running Board : Rp 6,3 juta
  • Air Filter : Rp 262 ribu
  • Isofix Child Seat : Rp 17,4 juta

Bagi konsumen yang ingin membeli Honda BR-V lengkap dengan aksesoris, Honda menyediakan paket Honda BR-V Modulo yang sudah dilengkapi door visor, side step garnish, door mirror garnish dan door handle cover dengan tambahan biaya sebesar Rp 2,6 juta.

 
Baca juga:

 

Mesin

 

Honda tidak banyak melakukan perubahan BR-V 2018, sehingga LSUV ini disebut hanya mendapat minor change. Namun dalam persaingannya dengan kompetitor, BR-V tetap punya keunggulan dari segi output tenaga mesin dan fitur-fitur canggih.

 
Honda mempertahankan mesin BR-V sebelumnya yang merupakan mesin paling bertenaga di segmen low SUV 7-seater. BR-V facelift 2018 ini menggendong mesin i-VTEC 1.500cc 4-silinder dengan output tenaga maksimal 120 PS (118 HP) pada 6.600 rpm  dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm. Keunggulan lain adalah daya jelajah yang baik berkat Ground Clearance yang mencapai 201 mm serta radius putar 5,3 meter.

 

Fitur-fitur yang Dipertahankan

 

Adapun fitur-fitur yang masih dipertahankan antara lain:

Tilt Steering – Pengaturan ketinggian setir

Driver Seat Height Adjuster – Pengatur Ketinggian kursi pengemudi

One touch tumble – Pelipatan kursi baris kedua sehingga memudahkan akses ke baris ketiga.

AC Double Blower – Untuk pendinginan kabin yang lebih cepat.

Panel AC Digital – memberi kesan modern dan kemudahan dalam pengaturan temperatur kabin.

Struktur Rangka G-CON + ACE™ – Sebagai fitur keselamatan untuk menjaga kabin tetap utuh saat terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Vehicle Stability Control (VSC) – fitur keselamatan untuk menjaga stabilitas mobil saat kecepatan tinggi dan tikungan.

Hill Start Assist Control – Untuk mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.

Rem ABS+EBD – Fitur keselamatan canggih yang membuat pengereman lebih efektif dan lebih cepat.

Immobilizer – Fitur anti maling pada kunci kontak.

Keyless Entry System dan alarm – untuk memudahkan membuka tutup pintu dan sistem keamanan.

Velg Alloy dual Tone 15 Inci – yang memberi tampilan gagah pada kaki-kaki mobil.

Transmisi CVT Earth Dream – membuat perpindahan kecepatan menjadi smooth.

ISOFIX – Sistem pengait kursi bayi pada baris kedua.

 

Pilihan Varian dan Harga

 

New Honda BR-V 2018 tersedia dalam 4 varian, berikut pilihan varian beserta daftar harganya:

  • Honda BR-V Tipe S – MT  : Rp. Rp 236.500.000,-
  • Honda BR-V Tipe E – MT  : Rp. Rp 247.500.000,-
  • Honda BR-V Tipe E – CVT  : Rp. Rp 257.500.000,-
  • Honda BR-V Tipe E – CVT Prestige  : Rp. Rp 272.500.000,-

Daftar harga di atas berlaku OTR di wilayah DKI Jakarta sebagai standar harga nasional. Sedangkan di daerah luar ibu kota atau luar pulau jawa, tentu akan lebih mahal tergantung jarak dan aturan pajak masing-masing provinsi.

 

Pilihan Warna

 

New Honda BR-V tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu:

  • Misty Green Pearl – Hijau
  • Lunar Silver Metallic – Silver
  • Passion Red Pearl – Merah
  • Crystal Black Pearl – Hitam
  • Taffeta White – Putih
  • Modern Steel Metallic – Abu-abu metalik

Untuk warna khusus, yaitu Metallic dan Pearl dikenakan penambahan harga sebesar Rp 1.500.000,-

 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V Indonesia

 
Demikianlah minor change pada Honda BR-V Indonesia 2018. Low SUV Honda ini punya beberapa kelebihan dari kompetitornya, baik dari segi desain, pengendalian dan tentunya dalam hal tenaga mesin yang lebih besar. Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat pembaca.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar