Selis E-Max Bisa Tempuh 120 km, Ini Spesifikasi dan Harga-nya

Selis E-Max 2021 - Motor Listrik ber-STNK

CaruserMagz.com – Perusahaan pabrikan sepeda dan motor listrik lokal, SELIS, meluncurkan model terbaru dari Selis E-Max, motor listrik yang bertampilan retro-modern. Motor listrik ini kini sudah resmi ber-STNK, yang artinya dia tidak lagi tergolong sepeda listrik, tapi benar-benar naik kelas jadi motor listrik.

Selis kian serius memasuki pasar otomotif roda dua, menyambut era kendaraan listrik yang akan booming dalam waktu dekat. Motor listrik seperti Selis E-Max ini bisa menjadi solusi bagi perkotaan yang sudah sesak dengan polusi udara karena asap kendaraan bermotor.

Untuk kendaraan komuter di dalam kota, dimana tidak diperlukan kecepatan tinggi, motor listrik akan sangat lebih worthed. Mengingat biaya operasionalnya yang rendah, termasuk lebih murah dalam hal perawatan.

Dalam pengumuman resminya, Selis mengklaim bahwa motor listrik E-Max ini mampu menempuh hingga 120 km sekali cas hingga penuh. Itu artinya sudah lumayan jauh daya tempuhnya, karena sudah bisa melakukan perjalanan Jakarta-Puncak sekali cas. Untuk perjalan di dalam kota, itu sudah lebih dari cukup.

Selain itu, tampilan retro modern-nya sangat menarik bagi kaum muda. Bentuknya yang simpel namun stylist cukup menggoda. Ini terlihat seperti motor-motor Eropa yang klasik namun terlihat sangat kekinian.

Dimensi

Selis E-Max ini berdimensi panjang 184 cm, lebar 68 cm (termasuk spion) dan tinggi 111 cm tanpa spion dan 129 cm dengan spion. Posisi duduknya setinggi 83 cm dan panjang keseluruhan tempat duduk adalah 68 cm. Rodanya berukuran mirip dengan Yamaha N-Max dan telah dilengkapi disc-brake pada kedua rodanya.

Dimensi Selis E-Max Lithium - Motor Listrik
Dimensi Selis E-Max Lithium – Motor Listrik

Hal penting yang perlu dicoba adalah mengenai kenyamanan berkendaranya. Apakah sudah senyaman motor-motor pada umumnya, atau masih membawa karakter sepeda listrik Selis semisal Selis Murai, yang banyak dikeluhkan kurang nyaman dan berisik.

Baca juga:

Untuk pilihan warna, Selis menyediakan 3 pilihan warna E-Max, yaitu Merah, Biru dan Putih. Di website resmi Selis, motor listrik ini ditulis dengan nama “Selis E-Max Lithium“.

Pilihan Warna Selis E-Max
Pilihan Warna Selis E-Max

Spesifikasi Baterai, Daya Tempuh dan Performa Selis E-Max

Baterainya sudah menggunakan Lithium-ion, tepatnya Lithium Iron Phosphate (LiFeP04). Teknologi baterai ini mirip dengan teknologi baterai mobil listrik, sehingga memiliki daya tampung lebih besar.

Baterai tersebut berkapasitas 25 Amper 60 volt yang memerlukan waktu 5 jam untuk pengecasan dari kondisi kosong. Dari posisi penuh, baterai ini bisa mensuplai daya hingga menempuh jarak 120 km. Itu 2 kali lipat dari motor listrik United.

Motor listriknya adalah Brushless DC motor 60 Volts 1200 Watt, yang diletakkan langsung sebagai hub pada roda belakang, sebagaimana yang kita jumpai pada sepeda listrik pada umumnya. Jadi tidak ada rantai atau v-belt yang dibutuhkan, karena motor listrik langsung memutar roda.

Mengenai performanya, motor ini disebut memiliki top-speed 50 km/jam saja. Menariknya, kemampuan daya angkutnya diklaim mencapai 225 kg, itu artinya bisa dikendarai 2 orang berbobot 75 kg, dengan barang bawaan hingga 75 kg.

Biaya Operasional

Selis mengklaim biaya operasionalnya hanya Rp 45,43/km. Sehingga jika dibandingkan dengan biaya perjalanan dengan motor bermesin bakar, itu adalah sekitar 25%-nya saja.

Karena motor bermesin bakar pada umumnya mengkonsumsi bbm sekitar 40 km/liter. Dengan harga pertalite Rp 7.650/liter maka biaya motor biasa adalah adalah Rp 191/km.

Fitur

Untuk fitur, Selis E-Max ini telah dilengkapi Led head light, Led speedometer, odometer, 3-speed shifter, 2 way start (safety start), Anti theft alarm/optional, Keyless operating, Hydraulic brake, Gps tracking/optional, dan Immobilizer optional.

Harga Selis E-Max Lithium

Pertanyaan yang penting adalah dengan spesifikasi demikian, berapa harga Selis E-Max ini? Apakah lebih murah dari motor biasa semisal Honda Beat, atau lebih mahal. Di situs resminya Selis E-Max Lithium ini dibanderol Rp 28 juta Off-the-Road.

Artinya harga sampai di konsumen akan lebih mahal, karena itu harga di luar pajak. Ternyata motor listrik masih sangat mahal dibanding motor bermesin bakar. Namun mungkin dari sisi biaya operasional dan perawatannya, harga demikian cukup worthed karena bisa dianggap jauh lebih hemat.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

2 Responses

  1. custom feast says:

    barangkali pembaca di sini ada yang butuh info tentang jasa service sepeda listrik bisa mampir ke sini: Bengkel Sepeda Listrik customfeast.

    • Yayan Abdhi says:

      Hai Admin CustomFeast.. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Untuk kerjasama promosi, bisa menghubungi kami melalui laman kontak blog ini. Kerjasama bisa berbentuk sponsored article atau titip link di artikel ini.

      Kami tunggu kabar baik dari Anda.

Tulis Komentar