Terdeteksi akan Masuk Indonesia, Harga VW T-Cross Bakal Rp 400 Jutaan

Perkiraan harga VW T-Cross Indonesia

Share

Memperkirakan harga VW T-Cross (Taigun) di Indonesia dari harga NJKB yang terdeteksi di situs Pemerintah. Harganya tidak semurah Toyota Raize di segmen Sub-compact SUV.

CaruserMagz.com – Segmen mobil Compact SUV sedang booming di Indonesia. Segmen ini sudah menggantikan minat masyarakat pada mobil sedan dan kini mulai menggerus pasar compact dan small hatchback.

Beli Karpet Premium dari FRONTIER atau HAIMA
karpet-misima karpet-haima
Tersedia untuk semua mobil: Avanza-Xenia-Calya-Sigra-Brio-Agya
Rush-Terios-HRV-BRV-CRV-Innova-Fortuner-Xpander-XL7-dll

Belakangan, satu lagi model SUV kecil yang terdeteksi akan masuk Indonesia, yaitu dari pabrikan Jerman. Volkswagen terindikasi akan memasukkan VW T-Cross atau yang di India baru saja diluncurkan dengan nama VW Taigun.

VW Taigun - Compact SUV canggih bermesin turbo
VW Taigun – Compact SUV canggih bermesin turbo

Baca: VW Taigun Meluncur di India, Harga Lebih Mahal dari Kia Sonet

Di India, Taigun menjadi pilihan premium bagi peminat sub-compact SUV, pasalnya harganya lebih mahal dari kompetitor di kelas sub-compact SUV semisal Kia Sonet, Nissan Magnite dan Renault Kiger.

Sinyal kemunculan VW T-Cross di Indonesia terdeteksi dari nama mobil T-Cross yang tercantum dalam lampiran Permendagri No.1 Tahun 2021 dengan nilai NJKB sebesar Rp 317 jutaan dan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp 292,5 juta.

Melihat harga NJKB-nya saja yang sudah menyentuh Rp 300 jutaan, maka kemungkinan T-Cross atau Taigun versi Indonesia ini tidak akan bersaing melawan Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Kia Sonet, pasalnya harga NJKB demikian akan membuat harga VW T-Cross OTR di kisaran Rp 400 jutaan.

Jika kita hitung secara kasar, ditambah komponen pajak untuk wilayah DKI Jakarta yang sekitar 34,5%, harga OTR VW T-Cross tersebut kemungkinan akan sekitar Rp 425 jutaan. Sedangkan Raize dan kawan-kawan berbanderol sekitar Rp 250 hingga 300 jutaan saja untuk harga OTR-nya.

Compact SUV canggih - Tampak Samping Belakang
VW Taigun – Tampak Samping Belakang

Maka VW T-Cross akan berhadapan dengan Honda H-RV tipe RS atau Prestige, Toyota C-HR, Mitsubishi Eclipse Cross, Mazda CX-3, dan Mazda CX-30.

Tapi karena ini adalah mobil yang berstatus CBU, apalagi lencana mereknya tergolong brand yang mewah, kami kira harganya akan lebih mahal dari perkiraan kami tersebut. Mungkin akan lebih mahal puluhan hingga seratus jutaan.

Secara dimensi, compact SUV VW ini juga lebih besar dari Rocky dan kawan-kawan. Panjangnya mencapai 4,22 meter, lebar 1,76 meter, tinggi 1,61 meter, wheelbase 2,65 meter serta GC mencapai 188 mm.

Volkswagen Taigun Interior
Volkswagen T-Cross Interior

SUV ini dikabarkan akan menggendong mesin 1.0L Turbo TSI 3-silinder. Mesin berkubikasi 999 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga 114 hp pada 5000-5500 rpm dan torsi 178 Nm pada 1750-4500 rpm.

Jika VW T-Cross yang akan dijual di Indonesia adalah model yang sama dengan VW Taigun dari India, maka fiturnya akan cukup lengkap, namun tidak mengandung fitur sensing sebagaimana yang ada pada Toyota Raize, dan juga dikabarkan akan hadir pada Honda HR-V generasi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)