BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Suzuki Grand Vitara Resmi Diluncurkan di IIMS 2023, Harga Bakal Lebih Murah dari HR-V

Compact SUV Gagah

Share

CaruserMagz.com – Sesuai janjinya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan jagoan barunya di segmen Compact SUV, yaitu Suzuki Grand Vitara generasi baru. Peluncuran itu berlangsung di hari pertama gelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis, 16 Februari 2023 di IExpo Kemayoran, Jakarta.

Suzuki Grand Vitara generasi lama pernah hadir di Indonesia. Berkiprah sekitar 10 tahun dari tahun 2005 yang kemudian diskontinyu pada tahun 2015. Namun saat itu, Grand Vitara berada pada segmen medium SUV yang bersaing versus Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Comeback di Indonesia, generasi baru dari Grand Vitara ini turun kasta menjadi Compact SUV untuk bersaing dengan Honda HR-V, Hyundai Creta, Kia Seltos, dan lainnya. Namun mobil ini hadir dengan tampilan yang sangat segar kekinian, fitur-fitur canggih dan kualitas interior yang solid.

Suzuki Grand Vitara 2023 ini dibangun dengan Platform-C Global Suzuki, yang merupakan basis bari banyak model Suzuki di India. Grand Vitara ini juga dijual di Indonesia dengan status CBU India.

Suzuki Grand Vitara 2023 Diluncurkan di Indonesia
Suzuki Grand Vitara 2023 Diluncurkan di Indonesia

“Hari ini model yang kami perkenalkan sebagai Grand Vitara telah berevolusi. Tidak hanya sebagai kendaraan SUV, tetapi juga diperkuat dengan aspek yang canggih dan ekonomis, dengan teknologi hybrid bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki,” papar Matsushita Ryohei, 4W Managing Director Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Kamis (16/2/2023).

Mesin Mild Hybrid

Untuk dapurpacu, Compact SUV Suzuki ini dibekali mesin berkode K15C, 1.462 cc 4-silinder berteknologi Mild Hybrid yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Powertrain tersebut memiliki tenaga 103 PS dan torsi puncak 138 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatik 6-percepatan.

Suzuki Grand Vitara 2023 Indonesia
Suzuki Grand Vitara 2023 Indonesia

Tampilan eksteriornya terlihat gagah dan modern. Postur tubuh yang tegak dan tegas memberi kesan maskulin yang kuat. Lampu-lampunya sudah LED di depan dan belakang.

SUV yang berdimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm ini dibekali beberapa fitur canggih. Antara lain ada panoramic-sun roof, wireless charger, head-up display, kamera 360, paddle shifter, cruise control, dan lain-lain.

Interior Dashboard Suzuki Grand Vitara 2023
Interior Dashboard Suzuki Grand Vitara 2023

Mengenai fitur keselamatan, Grand Vitara 2023 ini sudah dilengkapi fitur standar. Antara lain 6-airbag, Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Harga dan Varian?

Mengenai harga, pihak PT SIS belum mengungkapnya. Hanya disebutkan bahwa SUV ini disediakan dalam dua tipe, yaitu tipe GL dan GX yang masing-masing memiliki varian transmisi manual dan matic.

Interior Kabin Compact SUV 2023
Interior Kabin Suzuki Grand Vitara 2023

Namun berkaca pada lineup Suzuki lainnya, mobil Suzuki selalu dibanderol harga lebih murah dari kompetitor merek Jepang lainnya. Sehingga sangat mungkin, harga Grand Vitara 2023 ini akan lebih murah dari Honda HR-V, Hyundai Creta atau Kia Seltos.

Apalagi tidak ada kabar bahwa SUV kompak Suzuki ini akan diberi fitur ADAS. Sehingga sangat wajar harganya akan lebih terjangkau dibanding pesaingnya.

Beberapa hal menurut kami akan menjadi faktor dominan penggoda konsumen Indonesia. antara lain desain eksterior dan interior, build quality yang solid dan empuk, serta tentunya harga yang lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)