Siswi 14 Tahun Atasi Masalah Blindspot Mobil dengan Pillar Tembus Pandang

CaruserMagz.com – Pillar-A pada mobil adalah titik buta atau blindspot mobil bagi pengemudi. Hal itu akan kita rasakan saat perlu berbelok ke kanan, atau berada ditikungan. Sering kita tidak bisa mendeteksi pemotor atau pengguna jalan lainnya yang berada di blindspot karena tertutup pilar-A.

 
Ternyata masalah itu menjadi topik penelitian dari seorang siswi di Avon Grove Charter School, Pennsylvania, Amerika Serikat. Siswi bernama Alaina Gassler berusaha mencarikan solusi dari permasalahan tersebut dengan membuat Pillar-A mobil seolah tembus pandang.

 
Alaina Gassler mendaftarkan proyek temuannya tersebut dalam suatu Kompetisi ilmiah “Broadcom MASTERS Competition“. Sebuah lomba karya ilmiah yang diselenggarankan Organisasi non-profit Broadcom Foundation bekerjasama dengan komunitas ilmu pengetahuan umum, dalam bidang Matematika, ilmu pengetahuan dan rekayasa terapan.

 
Aliana Gassler berhasil memenangkan kompetisi itu dengan judul presentasinya “Improving Automobile Safety by Removing Blind Spots“, yang artinya “Meningkatkan Keselamatan Kendaraan dengan Menghilangkan Titik Buta“. Presentasinya dapat ditonton melalui link berikut: Removing Car Blind Spots.

 

Alaina Gassler - Penemu Pillar Mobil Tembus Pandang
Alaina Gassler – Penemu Pillar Mobil Tembus Pandang

Siswi kelas-8 yang berusia 14 tahun tersebut mendapat hadiah uang sebesar  $25,000 atau sekitar Rp. 355 juta sebagai penghargaan pada temuan jeniusnya mengatasi masalah blindspot mobil.

 
Selamat kepada Alaina, yang proyeknya berpotensi mengurangi jumlah kecelakaan mobil dengan mengurangi titik buta (pada mobil). Dengan begitu banyak tantangan di dunia kita, Alaina dan sesama finalis Broadcom MASTERS membuat saya optimis. Saya bangga memimpin organisasi yang menginspirasi begitu banyak anak muda, terutama anak perempuan, untuk terus berinovasi,” ujar Maya Ajmera, presiden dan CEO Society for Science & Public.

 
Ide brilian Gassler yang simpel namun dapat mengatasi masalah besar yang banyak menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, memperkirakan terjadi sekitar 840.000 kecelakaan terkait blind spot di Amerika Serikat setiap tahun, yang mengakibatkan sekitar 300 kematian.

 

Invisible Pillar - Pillar Mobil tembus pandang, temuan siswi 14 tahun
Pillar Mobil tembus pandang, temuan siswi 14 tahun

Baca juga:
Hyundai Perkenalkan Konsep Mobil Berkaki Laba-laba
Teknologi Airbag Eksterior Dikembangkan untuk Kurangi Efek Tabrakan

 
Gassler mewujudkan idenya menggunakan webcam, proyektor dan media display berupa kain reflektif retro yang dibalutkan pada bagian dalam pillar-A mobil. Webcam diletakkan pada struktur luar pillar mobil, untuk mendapatkan gambar kondisi realtime setiap saat dan ditampilkan pada media display.

 
Ide Alaina Gassler ini seharusnya bisa dengan mudah diadopsi oleh pabrikan mobil karena perangkatnya tidaklah begitu berbiaya mahal. Atau mungkin pabrikan bisa mengambil ide lain untuk konsep penyelesaian masalah yang sama, sehingga blindspot mobil tidak lagi menjadi hal yang mengganggu pengemudi mobil.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar