BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Harga Solar Non-Subsidi Terus Meroket, Mobil Diesel Tak Lagi Istimewa

Harga Dexlite dan Pertadex Naik per 12 Februari 2022

Share

CaruserMagz.comMobil Diesel Tak Lagi Istimewa! – Pada akhir 2021 dan awal tahun 2022, Pertamina secara beruntun menaikkan harga BBM Solar non-subsidi, yaitu PertaDex dan Dexlite.

Kenaikan harga tersebut tak tanggung-tanggung hingga puluhan persen. Pada September 2021, harga Pertamina Dex meningkat 9,3% dari Rp 10,200 ke 11.150/liter, kemudian naik lagi ke Rp 13.200 di Februari 2022, yang berarti meningkat hingga 29,4% dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Dexlite yang menjadi andalan mobil-mobil diesel juga meningkat signifikan sebesar 27,9% pada Februari 2022, yaitu dari Rp Rp 9.500 ke 12.150/liter.

Di sisi lain, Solar non-subsidi semakin langka baik di perkotaan maupun di pedesaan, sehingga mau tidak mau banyak pengguna mobil diesel harus berpindah ke Dexlite.

Hyundai Staria - Eks.3
Hyundai Staria – Luxury MPV Peminum Solar

Dengan demikian, mobil diesel yang terkenal hemat dalam konsumsi BBM jadi tidak lagi istimewa dan ekonomis dalam hal biaya operasional untuk bahan bakarnya.

Apalagi ditambah kelangkaan bahan bakar solar, sehingga jadi rebutan di SPBU, membuat mobil diesel benar-benar kehilangan previlege-nya sebagai mobil dengan biaya operasional murah.

Jadi, mobil diesel tak lagi istimewa di masa kini dan mendatang. Apalagi mesin diesel mengeluarkan emisi yang paling tinggi sehingga tidak bersahabat dengan lingkungan.

mobil diesel tak lagi istimewa
Toyota Kijang Innova MPV terlaris November 2021

Baca: Toyota akan Hentikan Produksi Innova Diesel?

Bahkan di Eropa, banyak negara mulai mencanangkan pelarangan mobil bermesin diesel, sebagai program memperbaiki kualitas udara dari tingkat polusi yang tinggi akibat gas buang kendaraan.

Jika harga bahan bakar diesel tak lagi murah, ditambah pajak yang lebih tinggi karena emisinya. Sudah saatnya kita meninggalkan mobil diesel sebagai mobil sehari-hari, cukuplah truk-truk besar dan angkutan umum yang menggunakan BBM solar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)