Elon Musk: Cybertruck Versi Produksi akan Sedikit Lebih Baik

Donasi atasi Covid-19 melalui ACT
CaruserMagz.com – Belakangan dunia otomotif dikagetkan dengan konsep truk listrik Tesla bernama ‘CyberTruck‘ sejak bulan November 2019 yang lalu. Desain eksterior truk double cabin tersebut menjadi kontroversi berkat bentuk yang unik atau bisa dikatakan aneh. Pertanyaan besarnya adalah akan seperti apa CyberTruck versi produksi.

 
Sebelum versi konsep tersebut diluncurkan, sebenarnya ada beberapa rekaan desain Cybertruck yang nampak masuk akal bahkan memukau. Namun ternyata diluar dugaan, konsep Cybertruck sebenernya berbentuk seperti kotak mainan atau konsep mobil sport tahun 70-an.

 
Konsep CyberTruck tersebut banyak mendapat sindiran dengan meme di dunia maya. Bahkan banyak orang membuat replika untuk mencibir mobil konsep Tesla tersebut.

 
Meskipun menjadi kontroversi dan banyak dicibir demikian, ternyata secara mengejutkan Tesla Cybertruck telah dipesan lebih dari 535 ribuan unit dengan nilai omset sekitar $50 Juta atau sekitar Rp 700 Miliar. Fantastis!

 
Elon Musk selaku Chief Executive Tesla menjawab pertanyaan di laman sosial media Twitter, terkait apakah versi produksi dari Tesla CyberTruck akan sama persis dengan versi konsepnya.

 
Elon Musk mengungkapkan bahwa akan ada beberapa perubahan gaya pada versi produksi truk penumpang tersebut. Dia menyebutnya dengan istilah “slightly better” yang artinya “Sedikit Lebih Baik”.

 
“It’s slightly better”
— Elon Musk (@elonmusk) February 22, 2020

 
Hal yang banyak dikritik dari konsep Cybertruck adalah bahan body-nya yang dari Stainless-Steel, terkait dengan fungsi keselamatan crumple-zone. Dikhawatirkan logam stainless steel yang terlalu keras tidak mampu menyerap energi tabrakan, sehingga menimbulkan risiko cidera penumpang lebih besar saat terjadi tabrakan.

 

Tesla Cybertruck versi produksi akan Berfitur payload towing calculator
Tesla Cybertruck versi produksi akan Berfitur payload towing calculator

Selain perubahan desain yang akan membaik dari versi konsep, Elon Musk juga mengungkapkan bahwa Cybertruck akan dilengkapi fitur penghitung beban muatan yang bisa dibawa berdasarkan mode mengemudi yang digunakan. Juga ada pengatur ketinggian dan peredaman suspensi mobil yang disesuaikan dengan beban dan mode berkendara.

 
“Active ride height & active damping are game-changing for a truck or any car with a high max/min weight ratio”
— Elon Musk (@elonmusk) February 21, 2020

 
Peluncuran resmi model produksi cari Cybertruck ini masih cukup lama, yaitu akhir tahun 2021 untuk model yang disebut berpenggerak 3-motor. Sedangkan varian yang lebih murah dengan dua atau satu motor direncanakan rilis pada tahun 2022.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Pecinta otomotif yang lebih suka mengungkapkan pendapat dan ide melalui tulisan ketimbang mengatakannya secara verbal. Karyawan swasta yang suka menghabiskan waktu luang dengan menulis. Introvert, analitis, dan cinta damai alias tidak suka berdebat. Ketahui lebih banyak tentang saya melalui link Media Sosial di bawah.

Tulis Komentar