Renault Kiger 2021 Meluncur, Saudara Segrup Nissan Magnite

Share

CaruserMagz.com – Renault India secara resmi meluncurkan Renault Kiger pada Kamis 28 Januari 2021, Sub-compact SUV yang merupakan saudara sepupu dari Nissan Magnite, karena sama-sama berasal dari Grup Aliansi Renault-Nissan.

Renault mengabarkan bahwa Kiger bukanlah model yang hanya akan dipasarkan di Asia, tapi merupakan model global yang akan memasuki pasar seluruh dunia termasuk Eropa pada fase keduanya. Kabarnya, Prestige Motorcars yang sekarang menaungi merek Renault di Indonesia, sudah memberi bocoran bahwa pihaknya akan membawa Kiger ke Indonesia.

Tampilan Depan dan Bekalang Renault Kiger 2021
Tampilan Depan dan Bekalang Renault Kiger 2021

SUV kecil gagah ini dibangun dengan platform Renault CMFA+, yang juga digunakan pada Renault Triber. Kiger small SUV ini berukuran panjang kurang dari 4 meter, yaitu sekitar 3.99 meter dengan jarak sumbu roda 2.500 mm.

Ukurannya mengikuti aturan segmen subcompact crossover di India yang dihuni oleh Kia Sonet, Nissan Magnite dan Hyundai Venue. Keunggulan penting Kiger adalah kapasitas bagasi yang terbesar di kelasnya, yaitu 405 liter dan itu bisa ditambah hingga 879 liter dengan melipat kursi baris kedua.

Dimensi Renault Kiger 2021
Dimensi Renault Kiger 2021

Baca juga:

Kiger 2021 diluncurkan dengan pilihan dua powertrain, yaitu mesin 1.0-liter Naturally Aspirated dengan tenaga 72 PS (71 HP/53 kW) torsi 96 Nm, dan mesin 1.0 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 100 PS (99 HP/74 kW) torsi 160 Nm, mesin yang sama dengan Renault Clio dan Captur di Eropa.

Kiger di India disediakan dengan pilihan varian bertransmisi manual 5-speed atau otomatis 5-speed untuk tipe non-turbo. Sedangkan tipe turbo, selain ada transmisi manual 5-speed, untuk varian matic menggunakan CVT.

Tampilan Kiger ini bahkan terlihat lebih macho dibanding kompetitornya seperti Sonet dan Magnite. Desain eksteriornya terlihat lebih berani dan gagah, sedangkan lawannya terlihat lebih ke arah cantik membulat.

Detail Eksterior Renault Small Crossover
Detail Eksterior Renault Small Crossover

Tampilan atletis terlihat dari kap mesin yang berotot, lampu depan yang berani dengan 3-titik jelas, lampu LED-DRL ramping mengapit gril khas Renault, lampu belakang berbentuk huruf-C yag tegas, atap berkelir hitam dengan garis agak melengkung, cliding hitam tebal di sekujur bagian bawah bodi, desain spoke velg yang tegas, serta desain bumper depan dan belakang yang macho. Ini adalah SUV kecil yang terlihat sangat jantan dan tampan.

Masuk ke kabin, tata letak dan desain kokpitnya terlihat modern dengan banyak elemen yang mirip pada mobil Renaults dan Dacia lainnya. Ada kemiripan dengan Nissan Magnite pada bentuk palang lingkar kemudi dan center cluster AC dan wireless-charger-nya.

Interior Dashboard Kiger 2021
Interior Dashboard Kiger 2021

Sistem infotainment-nya berupa layar sentuh model floating 8-inci, dan cluster TFT 7-inci yang dapat disesuaikan. Sistem tersebut sudah mendukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto, serta Bluetooth. Kenyamanan interior didukung oleh wireless charger, AC otomatis dengan Filter Udara Bersih PM2.5, sistem audio premium, dan keyless entry.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

You may also like...

Tulis Komentar