Rekomendasi Mobil Low MVP Paling Irit 2021

Perbandingan Dimensi Xpander vs kompetitor

CaruserMagz.com – Apabila Anda sedang mencari mobil low MPV paling irit, maka ketahui dulu apa saja jenis mobil low MVP saat ini. Memilih mobil yang hemat bahan bakar biasanya menjadi salah satu acuan saat akan membeli mobil.

Karena pada dasarnya mobil yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, terutama di perkotaan, penggunaan bahan bakar yang paling efisien pada mobil baru maupun bekas, sering dianggap menjadi pilihan terbaik.

Berikut beberapa rekomendasi mobil Low MVP paling irit:

Honda Mobilio

Honda Mobilio 2019 Facelift - Tipe RS
Honda Mobilio 2019 Facelift – Tipe RS

Honda Mobilio adalah low MPV yang paling bertenaga di kelasnya. Namun demikian, konsumsi bahan bakarnya tergolong yang teririt di segmen mobil keluarga.

Mobil berkapasitas 7-penumpang ini dapat menempuh jarak hingga 17 km hanya dengan 1 liter BBM untuk rute kombinasi luar dan dalam kota. Hal inilah yang membuat Mobilio cukup diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Untuk penggunaan di dalam kota, Mobilio mencatatkan angka konsumsi bbm 12 km/liter sedangkan di luar kota, bisa mencapat 23,7 km/liter.

Namun dengan mode berkendara eco-driving oleh para ahli berkendara hemat bbm, Low MPV ini mecatatkan angka luar biasa, yaitu 28,2 km/liter hingga 31 km/liter. Itu sangat impresif, karena sudah setara konsumsi bbm sepeda motor.

Mitsubishi Xpander

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2021
Mitsubishi Xpander 2021

Selanjutnya, mobil keluarga yang nyaman dan lapang tapi tergolong hemat BBM adalah Mistubishi Xpander. Low MPV ternyaman ini memiliki banyak kelebihan dari kompetitornya, yaitu disektor fitur, kenyamanan dan kepraktisan.

Mobil yang beberapa kali berhasil menggeser Avanza dari gelar mobil terlaris di Indonesia ini tergolong hemat bahan bakar, yaitu setiap mencatatkan angka 12 km/liter di dalam kota dan bisa mencapai hingga 20,2 km/liter di jalur luar kota.

Suzuki Ertiga

Suzuki All New Ertiga Raih Penghargaan - Pendatang Baru Terbaik 2018
Suzuki All New Ertiga

Low MPV yang bercitarasa kemewahan medium MPV ini adalah pilihan favorit orang-orang yang suka tampil elegan. Mobil andalan Suzuki tergolong sangat nyaman dengan interior lapang dan suasana yang cukup premium karena kursi yang tebal, build quality yang bagus dan desain yang sedap dipandang.

Suzuki Ertiga bisa menempuh 14,5 km/liter di dalam kota, dan hingga 18,6 km/liter untuk rute luar kota. Hal itu didapat dari mesin dan sistem penggerak roda depan yang efisien.

Wuling Confero

Confero 2021- Tampak Samping
Confero Facelift 2021- Tampak Samping

Selanjutnya, salah satu rekomendasi Low MVP yang cukup irit bbm adalah Wuling Confero. Meskipun Wuling termasuk masih baru di dunia otomotif Indonesia, namun Wuling sudah mendapatkan banyak peminat terhadap produk yang dikeluarkannya.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil MVP paling murah, maka Wuling Confero bisa menjadi solusi, karena harganya selevel LCGC tapi ukuran, build quality dan fitur-fiturnya adalah Low MPV sejati.

Figur konsumsi bbm Wuling Confero adalaha 11 km/liter untuk rute dalam kota dan 14 km/liter untuk rute luar kota. Namun dengan cara berkendara paling hemat, mobil dari merek asal China ini sangatlah hemat bahan bakar, yaitu 1 liter BBM dapat menempuh jarak hingga 25,4 km.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Avanza 1.5 Veloz vs Xenia 1.5 Deluxe - Perbedaan dan Perbandingan
Avanza 1.5 Veloz dan Xenia 1.5 Deluxe

Mobil kembar keluaran PT Astra Daihatsu Motor ini memiliki mesin dan semua hal yang hampir sama, sehingga figur konsumsi bahan bakarnya juga sama. Perbedaan dari kedua mobil ini adalah memiliki desain yang sedikit berbeda dan varian Daihatsu Xenia yang lebih banyak.

Low MPV berpenggerak roda belakang ini juga terkenal dengan bodi yang kompak, namun memiliki kabin yang lapang. Sehingga menjadi mobil terlaris di Indonesia hingga artikel ini kami tulis.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang bermesin 1.300cc dan berpenggerak RWD dapat menempuh jarak 11,5 km/liter bensin untuk rute dalam kota dan sekitar 13,5 km/liter untuk rute luar kota.

Sedangkan Avanza dan Veloz yang bermesin 1.500 cc mencatatkan angkat konsumsi bbm 9.8 km/liter di dala kota dan 11 km/liter di rute luar kota.

Memang tidak sehemat Mobilio dan Xpander, namun dalam hal biaya operasional terkait perawatan, kedua jagoan ADM ini adalah yang terbaik.

Keunggulan paling kuatnya adalah pada harga mobil ini juga cukup terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih mobil ini sebagai mobil keluarga. Selain itu, nilai jual kembalinya juga adalah yang tertinggi di kelasnya.

Baca juga:

Itulah daftar Low MPV paling irit BBM di Indonesia dan gambaran tentang seberapa hemat mobil-mobil berkapasitas 7-seater tesebut menenggak bahan bakar bensin. Kehematan BBM adalah faktor paling utama yang berpengaruh apakah mobil tersebut efisien atau boros dalam menguras isi dompet pemiliknya.

Namun konsumsi BBM bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan apakah mobil tergolong murah atau mahal dalam hal biaya operasional dan kepemilikannya. Ketahui juga hal-hal yang harus diperhitungkan untuk memiliki mobil pribadi.

Tulis Komentar