Ciri Motor Matic Harus Ganti Oli Mesin Segera!

Tanda Oli Motor Matik harus diganti

CaruserMagz.com – Bagi Anda yang memiliki motor matic, penting mengetahui beberapa ciri-ciri motor matic harus ganti oli. Penggantian oli pada mesin kendaraan yang dilakukan secara rutin, tentunya akan membuat kondisi motor jadi lebih prima.

Hal itu dikarenakan peran oli sangatlah penting untuk melumasi dan melindungi setiap komponen mesin yang bergesekan. Sehingga penting bagi setiap pemilik motor untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebagai tanda atau ciri oli motor harus segera diganti.

Berikut Ciri Motor Matic Harus Ganti Oli Mesin:

Ciri-ciri Motor Matic Harus Ganti Oli Segera
Ciri-ciri Motor Matic Harus Ganti Oli Segera

Jarak Tempuh Sudah Lebih dari 3.000 Km

Berapa jarak tempuh motor matic harus ganti oli? Pertanyaan ini seringkali muncul dari teman-teman yang baru memiliki motor matic. Untuk jarak tempuh ini, pada umumnya disarankan segera mengganti oli motor matic jika sudah mencapai 3.000 km.

Namun jika terpaksa harus menunda mengganti oli motor misalnya karena terhalang peraturan semisal PSBB atau PPKM, maka jarak tempuh yang masih bisa dimaklumi adalah hingga 4.000 km.

Suara Mesin Motor Terdengar Lebih Kasar dari Biasanya

Berikutnya cara mengetahui waktu ganti oli motor yaitu ditandai dengan suara dan getaran mesin terdengar lebih kasar. Apabila oli mesin sudah jelek, maka fungsi untuk melumasi komponen mesin akan berkurang dan harus segera diganti yang baru.

Untuk ciri-ciri oli motor masih bagus biasanya ditandai dengan oli masih kental dan berwarna kekuningan (tidak terlalu hitam). Ketika warna oli motor sudah hitam dan encer, maka suara mesin akan lebih kasar dan bisa menyebabkan keausan.

Volume Oli Mesin Motor Matic Berkurang

Selanjutnya, untuk mengetahui kapan harus ganti oli motor adalah ditandai dengan volume oli mesin yang berkurang dari kapasitas standarnya.

Misalnya saja, pada motor matic dengan kapasitas mesin 110 cc, biasanya volumenya 800 ml. Apabila kapasitas oli mesin sudah berkurang dari 800 ml, maka sebaiknya segera lakukan penggantian oli yang baru.

Lalu bagaimana cara mengecek volume oli pada mesin motor matic? Caranya sangat mudah. Pertama, posisikan motor dengan menggunakan standar tengah. Kemudian buka penutup oli mesin dan ambil dipstick oli tersebut. Setelah itu, bersihkan dipstick menggunakan lap hingga bersih dari sisa oli yang menempel.

Cek Volume Oli dengan DipStick
Cek Volume Oli dengan DipStick

Kemudian masukkan lagi dipstick ke dalam mesin motor dan keluarkan lagi. Pada saat Anda keluarkan dipstick tersebut, maka Anda akan melihat sampai bagian mana yang terkena oli. Jika oli sudah melewati batasan yang diberi tanda “X”, maka harus segera diganti.

Baca juga: Tips Agar Motor Matic Hemat Bahan Bakar

Itulah tips untuk mengetahui tanda-tanda motor matik sudah harus ganti oli mesin. Semoga informasi ini bermamfaat bagi Sobat rider. Jika Sobat memiliki tips lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar artikel ini.

Perawatan kendaraan bermotor memang sangatlah penting dilakukan secara berkala, sehingga kondisi mesin selalu prima dan tidak bermasalah. Untuk itu, ketahui ciri-ciri motor matic harus ganti oli dan jangan sampai kehabisan oli mesin.

Tulis Komentar