BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Petinggi Hyundai Bantah Desain Stargazer Tiru Xpander

Desain Stargazer tiru Xpander

Share

CaruserMagz.comBenarkah Stargazer Tiru Xpander? – Hyundai Stargazer telah resmi diperkenalkan di Indonesia sebelum proses peluncuran resmi. Bahkan media-media mainstream dan para influencer sudah diberi kesempatan untuk mereview dan menjajal rasa berkendara LMPV Hyundai made in Indonesia tersebut pada Kamis, 21 Juli 2022.

Ternyata Stargazer tak luput dari tuduhan meniru desain Mitsubishi Xpander. Komentar para netizen di media sosial maupun di media mainstream secara masif menyebut beberapa bagian Stargazer mirip dengan Xpander.

Antara lain pada penampakan samping, dengan garis bahu di bagian belakang, bagian body samping di atas fender roda yang bersudut dan garis di bawah pintu.

Di sisi depan, bagian yang disebut mirip dengan Xpander adalah aksen krom di sisi dalam head-lamp yang seperti boomerang membentuk huruf X sebagai mana Dynamic Shield pada Xpander.

Juga susunan lampu dimana head-lamp berada di bawah sejajar dengan grill radiator, dan bagian yang biasanya lampu utama hanyalah berupa LED DRL.

Nenanggapi fenomena itu, Simon Loasby, selaku Head of Hyundai Styling, Hyundai Motor Company memberi tanggapan. Dia menegaskan bahwa Hyundai Stargazer dibuat dengan bahasa desain yang berbeda.

Saya pikir mobil ini ada dua langkah di depan,” kata Simon Loasby dalam wawancara virtual dengan sejumlah wartawan, pada Kamis 21 Juli 2022.

Desain Stargazer mendefinisikan gaya dinamis dan ekspresif. Beberapa bagian yang membuat Stargazer unik adalah lampu DRL memanjang horizontal di depan yang terinspirasi dari garis khatulistiwa, dan desain lampu belakang menggunakan pola dinamis yang saat menyala membentuk huruf H,” jelas Loasby.

Stargazer mirip Xpander dimananya
Stargazer mirip Xpander dimananya?

Bila kita sandingkan gambar Hyundai Stargazer dengan Mitsubishi Xpander maka akan terlihat bahwa persepsi yang mengatakan desain Stargazer tiru Xpander memang tidaklah tepat.

Stargazer menganut desain yang lebih aerodinamis dan seperti lempengan oval, sedangkan Xpander lebih terlihat tajam bersudut-sudut. Ini adalah bahasa desain yang sangat berbeda.

Apalagi di bagian belakang, Stargazer terlihat unik karena bokongnya sangat tidak umum. Aksen hitam tebal di sekitar lampu belakangnnya membuat itu terlihat seperti mata panda.

Fenomena semua mirip Xpander ini sudah lama terjadi, hampir semua mobil Low MPV sempat terkena tuduhan meniru Xpander. Misalnya Avanza gen-2 facelift, Ertiga di lampu belakangnya, hingga Wuling Almaz karena susunan lampunya, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)