Perbandingan All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7: Spesifikasi, Dimensi, Mesin, Fitur

Perbandingan All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7

Membandingkan spesifikasi Low SUV di Indonesia pada tahun 2021-2022, All New Honda BR-V vs RushTerios vs Xpander Cross vs XL7. Mana yang lebih lega, bertenaga, canggih dan nyaman?

CaruserMagz.com – Konsumen Indonesia memiliki cukup banyak pilihan untuk segmen mobil Low SUV. Selain 4 mobil yang sudah kami sebutkan tersebut, sebenarnya total ada 6 pilihan jika SUV dari merek China dimasukkan, yaitu ada DFSK Glory 560 dan Wuling Almaz tipe termurah. Namun kedua SUV China tersebut sudah bisa digolongkan Medium SUV dari spesifikasi mesin dan dimensinya, walau pada rentang harga yang mirip dengan LSUV.

Sobat yang sedang berencana membeli mobil SUV 7-seater dengan budget Rp 250 hingga Rp 300 jutaan, tentu ingin membandingkan secara detail spesifikasi 4 mobil LSUV dari merek mainstream di tanah air, yaitu All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7.

Komparasi Tampilan Belakang - All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7
Komparasi Tampilan Belakang – All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7

Untuk itu, kami ingin berkontribusi menyajikan data dan pandangan kami mengenai keempat pilihan mobil SUV tersebut. Mana yang kira-kira paling cocok sesuai kebutuhan Sobat car-users. Berikut perbandingannya:

Perbandingan Dimensi Low SUV

Hal pertama yang perlu dibandingkan adalah ukuran setiap mobil ini, sehingga kita ketahui seberapa besar ukurannya, seberapa lega kabinnya, seberapa besar bagasinya dan bagaimana daya jelajahnya terhadapa kontur jalanan yang tidak rata. Berikut komparasi dimensi Low SUV di Indonesia

Dimensi LSUVAll New BR-VXpander CrossXL7Rush-Terios
Panjang, mm4.4904.5004.4504.435
Lebar, mm1.7801.8001.7751.695
Tinggi, mm1.6851.7501.7101.705
Wheelbase, mm2.7002.7752.7402.685
Ground Clearance, mm220225200220
Ukuran RodaR16 & R17 Prestige205/55-R17195/60-R16215/65-R16

Kelegaan Kabin

Keempat mobil ini pada dasarnya berbasis Low MPV yang lega, sehingga kelegaan kabinnya rata-rata sudah cukup bagus untuk dijadikan mobil keluarga. Khususnya jika dibandingkan segmen medium SUV yang pada umumnya kabin baris ketiga sangat sempit.

Namun jika harus diurutkan, kelegaan kabin di semua baris, maka yang terbaik adalah All New BR-V, kemudian XL7 diurutan kedua, lalu Xpander Cross ketiga dan yang paling terasa kurang lega adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Interior Xpander Cross
Interior Xpander Cross

Kapasitas Bagasi

Kapasitas bagasi dalam kondisi semua kursi ditegakkan sangatlah penting bagi mobil keluarga. Sehingga dengan penumpang full di semua kursi, tetap bisa membawa barang bawaan yang banyak. Apalagi jika mobil ini dijadikan mobil travel, maka tidak mungkin mengorbankan kursi baris ketiga demi bagasi.

Perbandingan Mesin dan Tenaga

Pada dasarnya keempat mobil ini sudah memiliki spesifikasi mesin dan angka tenaga yang mencukupi sebagai mobil keluarga. Namun jika harus diurutkan mana yang paling bertenaga, maka perlu kita lihat perbandingan angka-angka di atas kertas terkait spesifikasi mesinnya, yaitu sebagai berikut:

Spesifikasi Mesin LSUVAll New BR-VXpander CrossXL7Rush-Terios
MesinDOHC – i-VTECDOHC – MIVECDOHC – K15BDOHC – Dual VVTi
Kubikasi1.499 cc1.499 cc1.462 cc1.496 cc
Tenaga121 ps (119,3 hp) / 6.600 rpm105 ps (103,6 hp) / 6.000 rpm104,7 ps (103,3 hp) / 6.000 rpm104 ps (102,6 hp) / 6.000 rpm
Torsi145 Nm / 4.300 rpm141 Nm / 4.000 rpm138 Nm / 4.400 rpm 136 Nm / 4.200 rpm
TransmisiMT 6-Speed
Matic CVT
MT 5-Speed
AT 4-Speed
MT 5-Speed
AT 4-Speed
MT 5-Speed
AT 4-Speed
Kapasitas Tanki45 liter45 liter45 liter 45 liter
Roda PenggerakFWDFWDFWD RWD

LSUV mana yang Paling Bertenaga?

Dari tabel di atas, maka dapat kita ketahui bahwa All New Honda BR-V adalah Low SUV paling bertenaga saat ini di Indonesia. BR-V masih superior dalam hal tenaga dengan 16 ps lebih kuat dari kompetitor terdekatnya. Begitu juga dengan angka torsi, BR-V juga yang paling besar.

Uniknya, BR-V tetap lebih hemat bahan bakar. Tenaga yang besar tentu akan membuatnya lebih baik untuk performa kecepatan. Namun tentu untuk penggunaan sehari-hari, tenaga dan torsi LSUV lainnya sudah mencukupi. Hanya saja, untuk kesenangan mengemudi, B-RV akan lebih baik.

Sistem Penggerak

Kembaran Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah yang masih mempertahankan sistem penggerak roda belakang (RWD). Sistem RWD banyak dipercaya lebih tangguh melahap tanjakan dan kaki-kaki mobil lebih awet karena roda depan dan belakang berbagi tugas.

Sedangkan LSUV lainnya menggunakan penggerak roda depan, sehingga akan lebih baik dalam hal konsumsi BBM dan pengendalian. Selain itu, mobil FWD punya kelebihan tersendiri saat melewati jalanan licin, karena arah mobil bisa lebih dikendalikan.

Perbandingan Fitur All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7

Fitur Keselamatan

Untuk fitur-fitur keselamatan, All New Honda BR-V adalah model yang paling terakhir diupgrade dalam daftar LSUV ini. Sehingga wajar BR-V unggul segalanya dari kompetitor. Sebenarnya agak kurang fair untuk dibandingkan, karena Rush, Xpander dan XL7 belum berganti mendapat upgrade.

Fitur-fitur unggulan dari BR-V adalah Honda Sensing yang menggunakan sistem radar, sehingga memiliki fitur Adaptive Cruise Control, Lane Watch, Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist, Auto High Beam dan lainnya. Selain itu, fitur-fitur canggih umum sudah standar ada di setiap tipenya, seperti rem ABS-EBD-BA, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Curtain Airbags, dan Seat Belt Reminder.

Toyota Rush adalah yang terbaik kedua untuk urusan fitur keselamatan. Sudah ada 6 airbags termasuk curtain, stability control, traction control, rem ABS-EBD-BA, Hill Start Assist. Daihatsu Terios adalah yang paling minim fitur keselamatan, karena Terios lebih mengutamakan fitur-fitur hiburan.

Baca: Fitur Keselamatan Toyota All New Rush Gen-2

Mitsubishi Xpander Cross adalah yang terbaik ketiga untuk urusan fitur. Karena telah memiliki berbagai fitur pada Toyota Rush, hanya saja minus 6-airbags, karena hanya disediakan dual-airbags pada Xpander Cross.

Suzuki XL7 memiliki fitur keselamatan yang relatif seimbang dengan Xpander Cross, namun minus fitur traction control untuk jalanan licin. Fitur unggulan XL7 adalah dashcam yang terintegrasi dengan kaca spion dalam yang didukung kamera di depan dan belakang mobil.

Fitur Hiburan

Untuk fitur hiburan, Honda All New BR-V generasi kedua tentu unggul. Karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur kekinian, seperti fungsi Apple CarPlay dan Android Auto juga konektifitas smartphone yang lebih beragam. Kualitas resolusi head unit layar sentuh pada BR-V juga lebih baik.

Sedangkan LSUV lainnya masih tergolong standar namun sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan mobil keluarga. Xpander Cross memiliki head unit yang terasa cukup premium. Semoga di generasi selanjutnya semua LSUV akan mengikuti atau mengungguli All New BR-V.

All New BR-V 2021 Generasi-2 - Interior Baru
All New BR-V 2021 Generasi-2 – Interior

Fitur dan Kelengkapan Interior

Honda All New BR-V lagi-lagi unggul untuk kelengkapan interior. Sudah ada jok kulit pada varian Prestige, center arm rest di baris pertama dan kedua, remote engine start, AC digital dengan auto-climate control single-zone, power outlet di setiap baris kabin. Namun sayangnya BR-V 2022 tersebut belum memiliki pengaturan telescopic pada setirnya, minus heater pada AC dan tidak ada rear defogger.

Suzuki XL7 kami kira adalah yang terbaik kedua untuk kemewahan dan kenyamanan interior. Kabinnya lapang dengan kursi yang tebal dan empuk, ada cup-holder berpendingin, AC digital dengan tambahan heater, jok dan setir berlapis kulit, arm rest tengah pada baris kedua, Start-stop engine button dan power outlet hingga baris ketiga.

Selanjutnya adalah Xpander Cross dengan kabin lapang, banyaknya ruang penyimpanan dan power outlet di setiap baris kabin, steering switch control, setir dengan tilt dan telescopic dan lainnya. Sayangnya pengaturan AC-nya masih manual dengan kenop putar sehingga terasa kurang canggih.

Toyota Rush adalah yang paling minim untuk urusan fitur dan kelengkapan interior. Semuanya terasa standar dan semua fitur hiburan Rush sudah diungguli oleh para kompetitornya. Mungkin sudah saatnya Rush berganti generasi atau minimal mendapat facelift untuk urusan fitur.

Baca juga:

Kesimpulan Komparasi All New Honda BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7

Komparasi ini mungkin terlihat mengunggulkan Honda BR-V generasi-2 dari kompetitornya. Namun itu sebenarnya hanya karena kompetitornya belum berganti generasi atau belum mendapat upgrade. Mungkin akan lebih fair nantinya jika dibandingkan saat semuanya sudah diupgrade.

Berikut kami simpulkan strong poin atau keunggulan utama dari setiap mobil LSUV ini:

  • All New Honda BR-V: Fitur canggih Honda Sensing, Kabin lapang dan nyaman, tampilan gagah elegan, tenaga terbesar di kelasnya, irit bahan bakar.
  • Xpander Cross: Kabin lapang dan nyaman, kepraktisan berlimpah, tampilan gagah, suspensi empuk, ground clearance tertinggi.
  • Suzuki XL7: Kabin lapang dan nyaman, interior mewah, mesin halus minim getaran.
  • Toyota Rush dan Daihatsu Terios: resale value tertinggi, tampilan gagah, biaya pemeliharaan paling murah, fitur safety mumpuni.

Itulah ulasan mengenai perbandingan All New Honda BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7. Semoga informasi ini bermamfaat bagi Sobat yang sedang memilih Low SUV yang akan dibeli.

Tulis Komentar