NJKB Sudah Terdaftar, Segini Perkiraan Harga OTR All New Honda HR-V 2022

Honda HR-V e:HEV 2021

Memperkirakan Harga OTR All New Honda HR-V generasi baru yang sudah terdaftar NJKB-nya di situs Samsat DKI Jakarta.

CaruserMagz.com – Tanda-tanda akan hadirnya Honda HR-V generasi baru di Indonesia kian menguat. PT Honda Prospect Motor (HPM) menjanjikan akan menghadirkan model baru tanpa menyebut nama mobilnya, kini indikasi bahwa itu adalah HR-V kian kuat dengan terdeteksinya harga NJKB Honda HR-V anyar di situs Samsat DKI Jakarta.

Sebelumnya pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) memberi klu bahwa pihaknya akan meluncurkan mobil baru lainnya saat pelucuran All New honda BR-V generasi kedua. Banyak yang mengira itu adalah Mobilio generasi kedua, karena lebih dekat line-upnya dengan BR-V.

Kami sudah menduga sejak awal, bahwa model dalam cover merah yang diperlihatkan pada akhir video peluncuran All New BR-V adalah Honda HR-V generasi baru. Pasalnya, tongkrongan dan siluet bahu depan-belakang, pillar-A dan LED-DRL-nya sangat mirip dengan HR-V yang sudah meluncur di Jepang.

Mobil Baru Honda 2021
Mobil Baru Honda 2021
Harga NJKB All New Honda HR-V – Sumber: samsat-pkb.jakarta.go.id.

Dari harga NJKB di situs samsat DKI tersebut, dapat kita perkirakan harga On-the-Road (OTR) Honda HR-V generasi baru yang kemungkinan akan mulai mengaspal awal 2022 tersebut. Harga OTR-nya bisa kita perkirakan dari pertambahan harga akibat komponen pajak di DKI Jakarta, yaitu sebagai berikut:

Varian Honda H-RVNJKBHarga OTR
(Perkiraan)
Honda HR-V 1.5L S CVTRp 225 juta Rp 303 jutaan
Honda HR-V 1.5L E CVT Rp 243 juta Rp 327 jutaan
Honda HR-V 1.5L SE CVT Rp 255 juta Rp 343 jutaan
Honda HR-V 1.5L RS CVT Rp 305 juta Rp 410 jutaan

Perkiraan harga di atas kami hitung berdasarkan komponen pajak umumnya di DKI Jakarta, yaitu harga NJKB ditambahi 34,5%, detailnya sebagai berikut:

  • PPN: 10%
  • PPnBM: 10% (Minibus < 1500cc)
  • BBNKM: 12,5% (untuk wilayah DKI Jakarta)
  • PKB: 2% (untuk kendaraan pertama)

Sehingga untuk konsumen yang membeli HR-V sebagai mobil pertama, total pajak normal yang sudah termasuk dalam harga On-the-Road adalah sebesar 34,5%.

Honda HR-V Gen-3 Hybrid
Honda HR-V Gen-3

Bisa jadi harga sebenarnya akan lebih mahal, karena ada biaya-biaya lain yang belum termasuk dalam perhitungan tersebut, semisal biaya jasa pengurusan dokumen pajak oleh dealer, bonus untuk sales dan lain sebagainya.

Namun jika insentif pajak PPnBM 100% diperpanjang hingga tahun depan, atau ternyata HR-V generasi baru ini diluncurkan dalam tahun 2021 dan bisa langsung dipesan, maka kemungkinan harga OTR-nya akan lebih murah.

Mengenai kapan, All New Honda HR-V generasi kedua ini akan diluncurkan, pihak HPM masih menutup rapat informasinya. Namun kami yakin, itu akan terjadi dalam waktu dekat, karena Yusak Billy selaku Marketing Director HPM telah menyatakan bahwa mobil dalam cover merah tersebut sebagai “Next New Excitement“.

Bagaimana menurut Sobat Car Users? Jika perkiraan kami di atas benar, apakah harga OTR All New Honda H-RV generasi baru tersebut tergolong mahal atau murah? Bagaimana jika dibandingkan kompetitor semisal Toyota C-HR, Kia Seltos, Mazda CX-30 atau bahkan Wuling Almaz?

Tulis Komentar