Beda Tiap Tipe Suzuki XL7 - Zeta v Betha v Aplha

Perbedaan Tipe Suzuki XL7, Perbandingan Tipe Zeta, Beta dan Alpha

Review SUV Suzuki

CaruserMagz.comSuzuki XL7 dihadirkan untuk berlaga di segmen Low SUV menantang Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V dan Xpander Cross yang juga baru terlahir. XL7 cukup menarik karena harganya tidak semahal semua kompetitornya. Bagi teman-teman yang telah menetapkan pilihan untuk meminang LSUV Suzuki ini, tentu ingin mengetahui apa saja beda tiap tipe XL7.

Diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Sabtu 15 Februari 2020, versi SUV dari Suzuki Ertiga ini disebut sekaligus menjalani debut global, walau aslinya model ini telah lebih dulu meluncur di India dengan nama XL6 mengacu pada konfigurasi kursinya yang hanya 6-seat, sedangkan di Indonesia diberi nama XL7 karena menyesuaikan ekspektasi konsumen Indonesia yang suka jika lebih banyak kursi penumpang.

SUV yang juga bisa disebut Ertiga Cross ini, disediakan dalam 3 tipe, dengan masing-masing tipe memiliki varian manual dan matic, sehingga ada total 6-varian. Ketiga tipe XL7 tersebut adalah Zeta, Beta, dan Alpha.

Baca Juga:

Berikut perbedaan tiap tipe Suzuki XL7

Perbedaan Harga

Suzuki XL7 dibanderol mulai Rp 230 juta untuk tipe termurah, hingga Rp 267 juta untuk tipe termewah. selisih harga tiap tipe adalah sebesar Rp 16,5 juta untuk tipe Beta vs Zeta dan Rp 10 juta untuk tipe Aplha vs Beta. Sedangkan untuk beda transmisi, varian bertransmisi manual lebih murah Rp 10,5 juta dibanding matic pada setiap tipe.

Berikut harga tiap tipe dan varian Suzuki XL7:

– Suzuki XL7 Zeta MT – Rp 230 juta
– Suzuki XL7 Zeta AT – Rp 240, 5 juta

– Suzuki XL7 Beta MT – Rp 246, 5 juta
– Suzuki XL7 Beta AT – Rp 257 juta

– Suzuki XL7 Alpha MT – Rp 256,5 juta
– Suzuki XL7 Alpha AT – Rp 267 juta

 

Perbedaan Eksterior

Di bagian luar, ketiga tipe XL7 memiliki beberapa perbedaan, yaitu sebagai berikut:

Lampu Belakang – ketiga tipe XL7 telah dilengkapi lampu depan LED-DRL. perbedaan ada pada lampu belakang dimana tipe Zeta tidak dilengkapi light guides, sedangkan tipe Beta dan Alpha memiliki aksesoris tersebut.

Handel Pintu luar krom – pada tipe Beta dan Alpha, handel pintu luar diberi aksen krom, sedangkan pada tipe Zeta dibuat sewarna body.

Aksesoris khusus tipe Aplha – sebagai tipe termewah, XL7 Alpha memiliki beberapa aksesoris yang membuatnya berbeda dari tipe Zeta dan Betha sehingga mudah dikenali. Antara lain: emblem Alpha pada bagian belakang, rear-spoiler, aksen krom pada rumahan nopol, dan door visor sudah build-in.

 

Pilihan warna dual-tone – Tipe Zeta dan Beta disediakan dengan single-tone color, sedangkan tipe Alpha ada pilihan dual-tone yang terlihat lebih sporty.

Pilihan Warna – XL7 memiliki 4 pilihan warna, yaitu Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red (hanya pada tipe Zeta dan Beta), dan Metallic Magma Grey. Sedangkan tipe Alpha punya warna andalan, yaitu Rising Orange+Black dan Brave Khaki+Black, selain Prime Cool Black dan Pearl Snow White.

 

Perbedaan Interior

Di bagian interior, tipe Suzuki XL7 juga dibedakan dimana tipe Alpha terasa lebih mewah. Berikut perbedaan di kabin tiap tipe XL7:

Interior Suzuki XL7 - Terlihat Elegan dan Mewah
Interior Suzuki XL7 – Terlihat Elegan dan Mewah

Pelapis kulit pada kemudi – Setir tipe Alpha telah dilengkapi pembalut kulit, sehingga lebih nyaman di tangan dan terlihat lebih mewah.

Audio Steering Switch – tombol-tombol pengaturan audio telah disematkan pada palang setir XL7 tipe Alpha, sedangkan pada tipe Beta dan Zeta tidak ada. Namun semua tipe telah dilengkapi tombol aktivasi bluetooth untuk konektifitas telpon. 

AC Digital Auto Climate – Semuat tipe telah dilengkapi pengaturan AC digital, namun fitur Auto-climate tidak ada pada tipe Zeta, sedangkan tipe Betha dan Alpha tersedia.

Arm Rest Konsol Tengah – Tipe Betha dan Alpha dilengkapi arm-rest pada konsol tengah, sedangkan pada tipe Zeta tidak ada. Bagusnya semua tipe telah diberi arm-rest untuk baris kedua yang berfungsi opsional.

Power outlet – Colokan listrik disediakan pada ketiga baris kabin untuk tipe Beta dan Alpha, namun pada tipe Zeta hanya di baris pertama dan kedua, tidak ada di kabin paling belakang.

Keyless Start-stop Engine Button – Fitur tombol start-stop mesin disediakan pada tipe Betha dan Alpha, sedangkan pada tipe Zeta masih menggunakan anak kunci.

Cupholder dengan pendingin – Cupholder pada konsol tengah tipe Alpha dan Betha dilengkapi ventilasi dari hembusan AC sehingga bisa menjaga minuman tetap dingin, fitur tersebut tidak ada pada tipe Zeta.

Tweeter – tipe Zeta tidak dlengkapi perangkat sound system tweeter, sedangkan pada tipe Betha dan Aplha disediakan, sehingga kualitas suara lebih baik.

Door Sill Guard – aksesoris di pijakan kaki sisi bawah pintu disediakan hanya untuk tipe Alpha. Selain untuk melindungi body agar tidak mudah lecet karena sering diinjak, bagian tersebut juga membuat mobil terlihat lebih mewah.

Smart E-Mirror – Spion dalam tipe Alpha sudah dilengkapi teknologi canggih yang cukup kompleks, antara lain ada fungsi anti silau elektrokromatic, bisa juga diaktifkan sebagai display rear-view camera dan juga berfungsi sebagai dash-cam untuk merekam video selama perjalanan dan bisa dijadikan bukti jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang terekam di depan mobil.

 

Perbedaan Fitur Keselamatan dan Keamanan

Untuk fitur keselamatan, perbedaan terletak pada 3 fitur yang tidak dimiliki tipe Zeta, yaitu  Electronic Stability Program, port Isofix dan Hill Hold Control. Selebihnya semua tipe memiliki fitur keselamatan yang sama.

Fitur-fitur keselamatan dan keamanan lainnya yang tersedia antara lain: Dual SRS Airbag, ABS & EBD, Rear Parking Sensor, Rear Camera, Side Impact Beam, Childproof Door Lock, Immobilizer, Security Alarm.

Baca juga: Apa Beda Suzuki XL7 dibanding Ertiga

 

Rangkuman dalam Tabel

Perbedaan dan Persamaan Fitur dan kelengkapan tiap tipe Suzuki XL7 secara lebih ringkas dapat digambarkan pada tabel berikut:

Beda Fitur dan Kelengkapan Tiap Tipe Suzuki XL7

Eksterior

XL7 Zeta

XL7 Beta

XL7 Alpha

Desain Grill

Muscular Sweeping Cross-Bar Front Chrome Grille Design

Side Slit

Bold Hood Side Slit

Over Fender

Muscular Wheel Arch Extension

Bumper Guard

Muscular Lower Bumper

Velg

Bold Black Painted Allow Wheel 195/60 R16

Rak Atap

Roof Rails

Lampu Depan

Bold LED Headlamp with DRL (Auto on)

Lampu Belakang

Bold LED Rear Lamp

Bold LED Rear Lamp (With Light Guides)

Handel Pintu Luar

Door Handle Sewarna Body

Door Handle Chrome

Pilihan Warna Dual-Tone

n/a

Bold Two – tone Color

Spoiler Belakang

n/a

Rear Upper Spoiler

Aksen Krom Nopol

n/a

Number Plate Garnish Chrome

Door Visor

n/a

Door Visor

Emblem

n/a

Alpha Emblem

Interior

XL7 Zeta

XL7 Beta

XL7 Alpha

Warna Cabin

Spacious Cabin with Black Interior Color

Head Unit

Stunning Audio Touch screen 8 inch

Aksen Interior

Stunning Carbon Fibered Pattern Dashboard

MID

Stunning MID Color Dot

Bagasi

Spacious Luggage Space

Pelipatan Kursi

50:50 Split Luggage Board

Steering Switch

Bluetooth Phone Connection

Bluetooth Phone Connection & Switch Audio Control

Lingkar Kemudi

Steering Wheel

Steering Wheel with Leather

Arm Rest

Center Arm Rest

Center Arm Rest (1st & 2nd row)

AC Digital

AC Digital

AC Digital (plus Auto Climate with Heater)

Start engine System

Key

Keyless Push Start Stop Button

Pendingin Cup Holder

Cup Holder in center cluster

Cup Holder in center cluster with cooler

Sound System

No Tweeter

2 Front Tweeter

Power Port

Power outlet (1st & 2nd rows)

Power Outlet (1st, 2nd, 3rd rows)

Spion Dalam

n/a

Smart E-Mirror

Door Sill

n/a

Door Sill Guard

Fitur Keamanan

XL7 Zeta

XL7 Beta

XL7 Alpha

Rem

Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD)

Kantung Udara

Dual SRS Airbag

Sensor Parkir

Rear Parking Sensor

Camera Mundur

Rear Camera (AT)

Anti Maling

Immobilizer

Body Hardener

Side Impact Beam

Kunci Pintu Anak

Childproof Door Lock

Alarm

Security Alarm

Port Kursi Bayi

n/a

Isofix

Stability Control

n/a

Electronic Stability Programme (ESP)

Hill Hold Control

n/a

Hill Hold Control (HHC) (AT)

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar