Mobil Listrik Wuling Harga 60 Jutaan, Jika Mini EV ini Masuk Indonesia Akankah Kamu Beli?

Wuling Hong Guang EV - citycar listrik 60 jutaan

CaruserMagz.com – Wuling punya produk mobil listrik mungil bernama Wuling Hong Guang mini EV yang di China dibanderol mulai 28.800 Yuan atau sekitar $4.500 atau sekitar 64 jutaan dalam Rupiah.

Mobil listrik sepenuhnya yang bermuatan 4 penumpang tersebut merupakan mobil listrik terlaris kedua di China, yaitu dengan angka penjualan 30 hingga 40 ribuan unit terjual per bulan.

Pada Agustus 2021 lalu, tercatat mobil ini terjual sebanyak 41.188 unit. Sebagaimana dilaporkan oleh oleh China Passenger Car Association (CPCA), sebuah badan asosiasi pabrikan otomotif di China layaknya GAIKINDO di Indonesia.

Wuling Hong Guang mini EV
Wuling Hong Guang mini EV – Tampak Depan dan Belakang

Wuling Hong Guang Mini EV di China disediakan dalam 2 pilihan kapasitas baterai, yaitu yang berukuran 9.2 kWh dengan jarak tempuh maksimum 120 km dan baterai 13.8 kWh yang bisa menempuh hingga 170 km.

Penggerak mobil listrik Wuling ini adalah satu motor listrik bertenaga 17.4 hp dan torsi 85 Nm. Wuling EV mungil ini berpenggerak roda belakang dan menggunakan transmisi satu speed. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah 100 km/jam.

Hong Guang Mini EV ini memiliki dimensi yang mungil, yaitu panjang 2.920 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Dimensi tersebut menjanjikan ruang kaki dan ruang kepala yang lega karena panjangnya hampir 3 meter.

Baca: Wuling Almaz sudah Mendapat Elektrifikasi di China

Kabin Wuling Hong Guang mini EV
Kabin Wuling Hong Guang mini EV

Mobil ini dibuat dengan kepraktisan berlimpah. Ada 12 kompartmen untuk penyimpanan di dalam kabinnya. Kapasitas bagasinya mencapai 741 liter jika bangku belakang dilipat.

Di China, Wuling Hong Guang Mini EV disediakan dalam 3 varian, varian termurah dibanderol 28.800 Yuan dan 38.800 Yuan untuk kapasitas baterai yang lebih besar. Itu setara dengan Rp 64 jutaan dan Rp 86 jutaan.

Sedangkan varian termahal bernama Hong Guang Mini EV Macaron yang memiliki sejumlah fitur tambahan. Harga varian tertinggi ini adalah 37.600 hingga 43.600 Yuan atau sekitar Rp 83 juta – Rp 96 jutaan.

Interior mobil listrik mungil dari China
Interior Dashboard Wuling Hong Guang mini EV

Baca: Hyundai dan LG Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang

Isu yang beredar di media mainstream, mobil listrik Wuling ini juga akan diproduksi dan dijual di Indonesia. Rumornya akan mulai diproduksi pada tahun 2022 mendatang. Namun belum ada pernyataan resmi dari para petinggi Wuling Indonesia.

Jika kabar itu benar dan dengan komposisi harga demikian, maka ini akan menjadi mobil listrik termurah di Indonesia. Apalagi sudah tidak ada lagi mobil berharga di bawah Rp 100 jutaan di Indonesia saat ini walau LCGC sekalipun. Mobil listrik kecil seperti ini akan menjadi solusi transportasi yang masuk akal untuk masyarakat perkotaan.

Jika benar mobil EV ini akan masuk Indonesia, apakah Anda akan membelinya? Dengan rentang angka 0 – 10, di angka berapa kemungkinan Anda akan membelinya? dan Menurut Anda, fasilitas apa yang dibutuhkan agar Anda mungkin membeli mobil listrik kecil ini?

Tulis Komentar