Penyebab paling umum pintu mobil tidak mengunci

Penyebab Pintu Mobil Tidak Mengunci, Kerusakan Paling Sering Terjadi

Tips

CaruserMagz.com – Apa penyebab paling umum pintu mobil tidak mengunci? Jika Sobat sedang mengalami masalah pada pintu mobil yang tidak mau terkunci, mungkin beberapa masalah yang paling sering terjadi ini menjadi penyebabnya. Sebaiknya jangan anggap kecil masalah pintu yang tidak mau mengunci, karena ini terkait keselamatan, khususnya bagi Sobat yang sering berkendara membawa anak-anak.

Kerusakan pada kunci mobil adalah masalah umum yang sering terjadi pada mobil, bukan hanya pada mobil tua, tapi mobil baru pun terkadang mengalami kerusakan ini. Bisa jadi karena cara menggunakan yang salah, atau juga karena kualitas beberapa komponen terkait yang rendah, sehingga mudah aus.

 

Berikut beberapa penyebab pintu mobil tidak mengunci yang paling umum:

Baterai Remot Kunci Habis

Sering terjadi pintu mobil tidak mau terkunci dengan remot, tapi mau terkunci dengan anak kunci. Permasalahan yang paling sering terjadi karena baterai remot kunci yang habis. Maka yang pertama harus dilakukan adalah mengganti baterai remot tersebut.

Remot kunci pintu mobil bermasalah
Remot kunci pintu mobil bermasalah

Jika Sobat memiliki remot kunci cadangan, jika pintu bisa terbuka normal dengan remot cadangan maka itu benar masalahnya pada baterai atau bisa jadi kerusakan pada remot yang dipakai sehari-hari. Namun jika dengan remot cadangan masih tidak berfungsi, kemungkinan masalahnya bukan pada remot.

Jika setelah diganti baterai namun pintu tetap tidak mau mengunci dengan remot, maka bisa jadi ada cacat atau kerusakan pada sistem elektronik remot, sehingga tidak mengirim sinyal ke pintu. Maka mengganti remot adalah satu-satunya solusi jika ada kerusakan fatal pada remot tersebut.

 

Fuse yang Putus

Sekering atau fuse yang putus sering menjadi alasan pintu pengemudi tidak mau mengunci. Pada umumnya masalah ini terjadi jika hanya satu pintu yang tidak mau mengunci, sedangkan kunci pintu lainnya mungkin berfungsi secara normal. Mengganti sekering adalah satu-satunya solusi, namun tidak perlu khawatir, karena biayanya murah.

Untuk mengganti sekering sebenarnya cukup mudah, biasanya ada pada buku manual mobil atau bisa dicari tutorial di internet. Ketahui lokasi sekering, Kemudian ganti fuse yang putus dengan yang baru. Tidak perlu memanggil montir untuk mengganti sekering, namun jika Sobat takut mengutak-atik sendiri karena khawatir akan merusak komponen tertentu dari mobil Sobat, meminta bantuan montir profesional adalah cara terbaik.

 

Solenoid Rusak

Solenoida yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan pintu mobil tidak mau mengunci. Layaknya sekering, penggantian solenoida juga merupakan perbaikan yang sederhana dan murah. Panel pintu harus dilepas untuk mengganti solenoida yang rusak dengan yang baru. Jika merasa ragu atau tidak yakin bisa melakukannya sendiri, maka mintalah bantuan teknisi yang sudah mahir.

Panel pintu mobil yang dibuka
Panel pintu mobil yang dibuka

 

Kawat Putus

Masalah mekanis yang biasa juga menjadi penyebab pintu mobil tidak mengunci adalah kawat seling yang putus. Masalah ini bahkan bisa terjadi berulang-ulang jika kawat pengganti tidak lebih baik kualitasnya atau ada kebiasaan buruk pengguna saat membuka dan menutup kunci mobil.

Baca: Pengalaman Mengatasi Masalah Kunci Otomatis Pintu Mobil Tidak Berfungsi

Masalah ini juga sering terjadi pada pintu pengemudi saja, karena seringnya pintu pengemudi dibuka-tutup secara manual. Perbaikan terhadap masalah ini juga perlu membuka panel pintu. Untuk menghindari masalah kawat putus ini berulang, sebaiknya ganti kawat dengan yang lebih kuat. Bawalah masalah tersebut ke montir pintu mobil, agar dapat diperbaiki secara keseluruhan termasuk mendeteksi masalah terkait lainnya.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar