Bengkel Nano Ceramic Coating Mobil di Jakarta

Tips Memilih Bengkel Nano Ceramic Coating untuk Mobil Kesayangan

Berita Tips

CaruserMagz.comCara Memilih Salon Nano Ceramic Coating yang Tepat – Semakin tingginya minat masyarakat indonesia terhadap manfaat dari paint protection untuk kendaraan kesayangan khususnya di kota-kota besar, menyebabkan semakin tinggi pula permintaan pasar terhadap jasa paint protection terutama dengan metode nano ceramic coating.

Selain dari segi manfaat yang diperoleh, metode tersebut dianggap dapat mengurangi biaya perawatan (body exterior) dalam jangka panjang karena pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan biaya rutin perawatan di salon mobil untuk melakukan polishing. Hal tersebut tentunya menjadi peluang bisnis baru bagi para pengusaha di bidang otomotif.

Sehingga belakangan ini semakin banyak kita jumpai bisnis outlet Nano Ceramic Coating. Mulai dari kelas kaki lima sampai dengan kelas bintang lima. Mungkin hal tersebut membuat sebagian kita bimbang saat memilih tempat yang tepat untuk memberikan mendapatkan servis perlindungan pada cat kendaraan kesayangan.

Tips Memilih Bengkel Nano Ceramic Coating Mobil
Tips Memilih Bengkel Nano Ceramic Coating Mobil

Menurut Marwan, selaku tenaga marketing Bengkel Scuto Kelapa Gading, Jakarta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen dalam memilih tempat yang tepat untuk nano ceramic coating, agar konsumen mendapat kepuasan dalam merawat mobil kesayangannya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bengkel coating nano ceramic.

 

1. Harga yang Masuk Akal

Bagi sebagian besar warga indonesia, harga merupakan poin utama yang menjadi dasar pertimbangan untuk membeli suatu produk/jasa. Namun konsumen hendaknya tidak juga mudah tergoda dengan harga murah, karena ada standar harga untuk kualitas yang baik. Rayuan marketing dengan ungkapan “Murah tapi berkualitas” tidaklah dapat dipercaya sepenuhnya, karena tidak ada emas yang dijual seharga perak apalagi perunggu.

Lalu apakah harus yang mahal? Menurut Marwan, mahal itu relatif. Bisa jadi harga coating nano ceramic-nya nampak mahal, namun kualitas yang baik membuat biaya perawatan body exterior dalam jangka panjang jadi berkurang signifikan.

Sebaliknya jika harga coating di suatu bengkel terlalu mahal, maka itu juga tidak efisien. Perlu diperhitungkan dengan cermat apakah memilih nano ceramic atau tetap memilih perawatan rutin dengan lebih sering keluar biaya, jika biaya yang dikeluarkan tidak besar.

Menurut tenaga marketing Scuto Kelapa Gading, ketentuan umum untuk biaya Coating Nano Cerami adalah dengan rate harga sekitar 2%-3% dari kendaraan yang akan diservis. karena berdasarkan pengalamannya, kondisi cat kendaraan dapat mempengaruhi hingga sekitar 4%-10% harga jual sebagai mobil bekas.

 

2. Spesialis dan berpengalaman

Sama halnya seperti dokter, tentunya jika kita sudah mengetahui penyakit yang dialami secara spesifik, maka akan lebih efektik dan efisien jika kita langsung berobat ke dokter spesialis bukan ke dokter umum. Dokter spesialis tentu sudah tahu betul tentang cara menangani penyakit tersebut dan tidak perlu melakukan diagnosa serta penanganan yang tidak perlu.

Sama halnya dengan memilih bengkel yang tepat untuk aplikasi nano ceramic coating di masa ketatnya persaingan para pengusaha di bidang otomotif. Maka dari itu, jika kita sudah mengetahui secara detail mengenai manfaat nano ceramic coating, perlu dipastikan untuk memilih tempat yang merupakan spesialis dan memiliki teknisi yang berpengalaman, karena kedua al tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil pengerjaan coating.

Perlu juga diketahui, tidak sedikit pengusaha otomotif yang menjadikan nano ceramic coating sebagai usaha sampingan saja untuk sekedar coba-coba peruntungan. Sehingga teknisi yang dipekerjakan pun umumnya bukan spesialis coating dan belum berpengalaman.

 

3. Jaminan Garansi

Sebagian besar dari para penggiat usaha ini memberikan garansi untuk perawatan dengan ketentuan yang beragam. mulai dari yang memberikan garansi mulai dari 1 tahun bahkan ada yang hingga 10 tahun. Tapi konsumen hendaknya jangan mudah tergiur dengan durasi garansi yang terlalu lama hingga kurang masuk akal. Tetaplah berpikir secara rasional terhadap kemudahan klaim garansi perawatan, serta kelangsungan usaha para penggiat usaha coating tersebut.

Masalahnya tidak ada yang bisa menjamin, bahwa tempat anda melakukan coating saat ini akan tetap eksis selama beberapa tahun kedepan. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih tempat yang memiliki banyak jaringan outlet untuk kemudahan dalam klaim garansi.

Untuk servis dengan jaminan garansi dalam waktu lama, sebaiknya minimalisir resiko garansi tidak bisa diklaim karena tempat kita coating tutup atau bangkrut. Bengkel coating yang tidak punya jaringan luas namun berani memberi garansi dalam waktu lama, adalah kurang masuk akal. Saat perekonomian sulit, tidak sedikit penggiat usaha ini yang mulai gulung tikar.

 

4.  Bahan Coating yang Digunakan

Selain dari Sumber daya manusia dan cara aplikasinya, bahan yang digunakan tidak kalah penting dan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan durabilitas hasil pengerjaan. Jika bisa, ketahui sedetail mungkin mengenai bahan coating nano ceramic. karena ada banyak sekali varian bahan yang digunakan salon mobil, yang umumnya diimport dari luar negeri, seperti Jepang, Singapura, Jerman, dan lain sebagainya.

Hal yang menjadi catatan penting adalah bahwa bahan nano ceramic ini diaplikasikan pada bodi luar kendaraan yang pastinya terpengaruh langsung oleh cuaca. Perlu dipastikan bahan nano ceramic yang digunakan sesuai untuk kondisi cuaca tropis di Indonesia.

 

5. Customer Review

Review atau ulasan dari pelanggan yang telah menggunakan jasa bengkel coating sangat berguna untuk mengetahui kualitas servis dari bengkel tersebut. Review langsung dari pelanggan yang berpengalaman merupakan salah satu indikator terakhir untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

Tapi perlu juga diwaspadai dan berhati-hati, karena tidak sedikit pula “fake Review” terhadap hasil pengerjaan dengan cara menampilkan hasil printscreen review customer yang tidak bisa kita lihat secara langsung. Solusi untuk melihat ulasan yang lebih nyata terhadap produk terkait adalah pada platform online yang tingkat kredibilitasnya lebih tinggi, seperti platform google map atau website ecommerce terpercaya.

 
Baca juga: Ini Keunggulan Detailing Nano Ceramic di Scuto

Itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam memilih tempat yang tepat untuk mendapatkan layanan nano ceramic coating pada kendaraan kesayangan. Mobil merupakan barang mahal yang dibeli dengan harga ratusan juta bahkan lebih, sehingga penting untuk memastikan bahwa mobil teman-teman selalu mendapatkan perawatan yang terbaik.

Apakah anda sudah menentukan pilihan anda? Jangan segan untuk menyampaikan pada kolom komentar jika teman-teman ingin bertanya tentang topik ini, kami akan bantu sampaikan pertanyaan Sobat pada ahli terkait.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar