Tanda Rem Tangan Rusak, Ciri Rem Parkir Harus Dicek dan Diperbaiki

Tanda Rem Tangan Rusak, mulai aus dan harus dicek

CaruserMagz.comTanda Rem Tangan Rusak, harus Dicek dan Diperbaiki – Rem tangan atau rem parkir adalah komponen penting mobil yang jarang bermasalah. Namun bukan berarti komponen ini sama sekali tidak berpotensi rusak atau mengalamai penurunan kinerja.

Usia pakai mobil juga berpengaruh pada kinerja rem tangan. Sehingga kalaupun tidak mengalami kerusakan secara mendadak, paling tidak kerusakan akibat pemakaian normal akan mengurangi kemampuan rem tangan untuk berfungsi dengan baik.

Selain itu, kelalaian pengguna mobil juga bisa mempercepat kerusakan atau keausan rem tangan, yaitu pengguna yang sering lupa merilis rem tangan saat akan menggunakan mobil. Sehingga mobil dipaksa berjalan dalam kondisi rem tangan aktif.

Misalnya saat berhenti sebentar kemudian hendak berjalan lagi, namun pengemudi lupa bahwa dia mengaktifkan rem tangan. akibatnya mobil dipaksa berjalan walau tersendat.

Pengemudi baru menyadari bahwa rem tangan aktif setelah mobil berjalan beberapa saat. Kondisi tersebut jika sering terjadi, akan sangat signifikan mempercepat keausan rem tangan.

Parking Brake - Ciri Perlu Diperbaiki
Parking Brake – Ciri Perlu Diperbaiki

Lalu apa saja tanda-tanda bahwa rem tangan sudah aus dan harus diperiksa atau diperbaiki? Ada dua kondisi yang menjadi indikasi masalah pada rem tangan, yaitu:

  1. Tarikan tuas rem tangan jadi lebih tinggi, normalnya setingan dari pabrikan adalah 5 hingga 7 klik, jika sudah lebih dari itu, maka kondisi rem tangan perlu dicek.
  2. Sulit saat akan diturunkan, itu menjadi indikasi ada sumbatan pada sistem rem tangan.

Tarikan rem tangan yang jadi lebih tinggi umumnya disebabkan kanvas rem yang sudah menipis. Sehingga perlu diganti dengan komponen kanvas baru.

Sedangkan tuas rem tangan yang sulit diturunkan biasanya disebabkan adanya kotoran yang menyumbat sistem rem tangan, terutama mekanisme kabelnya. Sehingga perlu dibersihkan.

Baca juga:

Jika rem tangan mobil Sobat mengalami dua gejala tersebut, maka sebaiknya bawa ke bengkel, untuk dilakukan pengecekan sistem rem tangan, kemudian dilakukan perbaikan, pembersihan atau mengganti kanvas rem jika sudah menipis.

Demikian, semoga artikel ini bermamfaat. Masalah pada komponen ini sebaiknya jangan diabaikan, karena rem sangat erat hubungannya dengan keselamatan berkendara.

Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar jika Sobat memiliki pengalaman terkait topik ini, atau ingin menyampaikan ciri-ciri lainnya dari rem tangan yang sudah mulai rusak dan perlu diperbaiki.

Tulis Komentar