Nissan Z Proto, Sport Car Bergaya Retro Klasik tapi Sepenuhnya Modern

Nissan Z Proto - Desain Retro

CaruserMagz.comNissan Motor Corporation meluncurkan Nissan Z Proto 2022 pada Rabu, 16 Agustus 2021, secara virtual dari Paviliun Nissan di Yokohama, Jepang. Ini adalah generasi baru dari mobil sport keluarga Z yang legendaris.

Nissan Z ini mempunyai ukuran yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya 370Z. Jarak sumbu roda Z sama dengan 370Z yaitu 2.550 mm. Namun ukuran Z sedikit lebih besar, yakni 4.830 mm x 1.844 mm x 1.316 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi.

Meski mengambil banyak DNA keluarga Z lama dalam hal desain, Nissan Z Proto telah menganut berbagai teknologi modern yang canggih. Seperti pada bagian kaki-kaki baru, sasis baru, hingga mesin modern yang canggih.

Hadirnya Nissan Z menandakan penggunaan kembali mesin turbocharger setelah terakhir kalinya disematkan pada Nissan 300ZX.

Nissan Z Proto - Tampak Belakang
Nissan Z Proto – Tampak Belakang

Nissan Z Proto, Mobil Sport Bergaya Retro

Gaya retro pada Z memberikan kombinasi desain klasik milik model Z generasi pertama yang hadir pada tahun 1970an. Melihat mobil baru Nissan ini, kita seperti berjalan mundur pada seri 240Z.

Mobil ini hadir untuk menyasar target generasi Z yang tertarik pada mobil sport. Diharapkan pecinta mobil klasik Z dapat menikmati performa mesin yang canggih dalam gaya Z yang legendaris.

Warna kuning pada model yang dipamerkan saat peluncuran diinspirasi dari warna ikonik generasi pertama model Z yakni S30. Sedangkan warna atapnya yang gelap diinspirasi dari model Z terakhir, yakni 300ZX (Z32).

Baca juga: Inilah Supercar Nissan GT-R50, Hanya ada 50 Unit di Seluruh Dunia

Spesifikasi Mesin

Sport Car ini dibekali mesin V6 3.000 cc twin-turbo berkode VR30DDTT, yang mampu memuntahkan tenaga 400 daya kuda di 6.400 rpm serta torsi sebesar 475 Nm dari 1.600 hingga 5.600 rpm.

Seperti yang disinggung di awal, mesin turbocharger hadir kembali pada mobil ini seperti model Z sebelumnya, yaitu 300ZX. Pada generasi awal, 370Z hadir dengan mesin VQ37VHR 3.500 cc Naturally Aspirated yang juga berkonfigurasi V6.

Nissan menyebut bahwa Z Proto akan menjadi mobil penggerak belakang pertama yang memiliki transmisi manual 6-percepatan.

Interior Dashboard Nissan Z
Interior Dashboard Nissan Z – dengan Tuas Transmisi Manual

Kenyamanan dan Kestabilan

Mobil sport versi terbaru milik Nissan ini memberikan inovasi terbaru. Seperti pada suspensi yang minim goncangan dan benturan medan. Sehingga mobil ini dijanjikan akan membuat nyaman penumpangnya.

Insinyur Nissan juga memperbaiki karakter bantingan, guna meningkatkan kenyamanan untuk pengendara dan penumpang. Usaha tersebut diklaim memberikan kenyamanan 20% lebih baik dari model Z sebelumnya.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi suspensi double wishbone pada bagian depan subframe bermaterial alumunium. Sedangkan subframenya memiliki multilink pada bagian belakang.

Kehadiran Nissan Z sebagai mobil sport dengan gaya retro ini merupakan terobosan inovasi. Seperti berjalan ke masa lalu dalam hal desain, namun detail mobil ini, fitur, kenyamanan, kenikmatan mengemudi, serta mesin adalah sepenuhnya mobil modern yang canggih.

Tulis Komentar