Diproduksi Hanya 50 Unit, Segini Perkiraan Harga Nissan GT-R50 jika Masuk Indonesia

Harga Nissan GT-R50 by Italdesign
CaruserMagz.com – Hasil karya Nissan Motor Corp. dan Italdesign berupa Supercar Nissan GT-R50 akhirnya dikonfirmasi segera masuk dapur produksi. Varian super dari Sportcar legendaris ini sengaja dibuat untuk merayakan ulang tahun yang ke-50 Nissan GT-R, yang kebetulan berbarengan dengan anniversary Italdesign yang ke-50 juga. Sehingga angka 50 disematkan pada nama mobil ini.

 
Nissan menyatakan bahwa angka 50 menjadi ikon spesial bagi supercar Jepang ini, sehingga unitnya pun dibuat terbatas hanya 50 unit saja. Konsumen yang membelinya hanyalah mereka yang terpilih saja.

 
Dengan eksklusifitas tersebut, maka harga tidak akan menjadi masalah bagi pecinta Nissan GT-R. Sebagaimana kita ketahui bahwa Sportcar Jepang ini sangat legendaris dan dimiliki oleh banyak orang di seluruh dunia, sehingga GT-R50 akan menjadi rebutan yang sangat spesial oleh pecintanya.

 
Hal yang mencengangkan adalah harga dari Nissan GT-R50 ini, yaitu € 990.000 atau sekitar Rp. 16,34 milyar. Gilanya lagi itu adalah harga Off the Road di Eropa, yang artinya akan ada biaya lain yang harus disediakan pembeli mobil ini, tentu nilainya tidak akan sedikit.

 

Nissan GT-R50 by Italdesign

Nissan GT-R50 by Italdesign

Mari kita hitung-hitung berapa kisaran harga mobil ini jika masuk Indonesia? Kita analogikan saja dengan harga Lamborghini Urus, Super SUV yang baru saja diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp. 8,5 Milyar Off-the-Road Jakarta.

 
Harga Lambo Urus di Eropa adalah sekitar € 200.000 atau Rp. 3,3 Milyar, namun ketika masuk ke Indonesia menjadi Rp. 8,5 Milyar. Artinya secara hitungan kasar, terjadi peningkatan hingga 258%.

 
Jadi jika masuk ke Indonesia, kemungkinan peningkatan harga Nissan GT-R50 ini tidak akan jauh berbeda, yaitu sekitar Rp. 42,16 Mliyar, jika dihitung meningkat 258%. Tapi dicatet yah, ini hanya perhitungan dengan ilmu kiralogi plus kirapaksa, jadi belum tentu tepat.

 
Mari kita berimajinasi lagi, uang sebesar itu akan cukup untuk membeli 4 ekor Lamborghini Urus, atau 81 unit Toyota Fortuner, atau 105 unit Toyota Innova, atau 196 unit Toyota Avanza, atau 317 unit Toyota Agya.

 
Emejing bukan?” kita sudah bisa memenuhi lapangan sepakbola dengan mobil dari jumlah uang hanya untuk membeli 1 unit Nissan GT-R50 ini. Bagi kita yang bukan crazy rich, tentu itu terkesan tidak masuk akal, namun bagi orang-orang tajir luar biasa semisal juragan petrodollar timur tengah, itu hanyalah uang receh.

 
Dengan kespesialan Nissan GT-R50 ini, nilai uang puluhan Milyar tersebut sebenarnya masih masuk akal mengingat mobil edisi terbatas seperti ini malah dijadikan investasi oleh para petrolhead tajir. Karena harganya bukan turun, malah akan terus meningkat saat dijual sebagai secondhand.

 
Karena peminatnya bejibun, tapi unitnya tidak akan pernah bertambah, hanya 50 unit. Hal itu sudah lazim terjadi pada hypercar limited edition lainnya yang dibeli hanya untuk dijual kembali dengan harga lebih gila. Seperti Ferrari FXX-K yang dijual pemiliknya tanpa pernah digunakan sebelumnya.

 
Dunia tak kekurangan orang kaya hanya sekedar untuk membeli mobil yang jauh lebih mahal, apalagi untuk Nissan GT-R50 yang dibangun dengan nama besar legendaris Nissan GT-R.

 
Reaksi dari para penggemar Nissan di seluruh dunia dan pelanggan potensial dari GT-R50 sangat melampaui harapan kami. Sejumlah 50 mobil ini, turut merayakan kehadiran 50 tahun GT-R, serta 50 tahun Italdesign. Mobil ini sangat istimewa dengan mempertahankan warisan mobil sport Nissan yang fantastis,” papar Bob Laishley, selaku Direktur Nissan Sports Car Global.

 
Nissan GT-R50 ini dibekali mesin V6 twin-turbo 3,8-liter dengan output tenaga mencapai 720 ps dan torsi 780 Nm. Pengiriman unit Nissan GT-R50 ke pembelinya akan dimulai pada 2019, yaitu diperkirakan pada kuartal pertama tahun depan.

Tulis Komentar