Perbedaan Nissan March Facelift 2017 vs Versi Lama, Minor Change

CaruserMagz.com – Nissan Motor Indonesia (NMI) baru saja menyegarkan tampilan small hatchback andalannya yang cukup laris di Indonesia, Nissan March Facelift 2017. Prosesi peluncuran resmi dihelat pada Senin 13 Februari 2017 di Tangerang, Banten.

 

Facelift 2017 ini merupakan perubahan minor saja, Nissan March baru ini hanya ditambahi dandanan baru pada bagian wajah dan terkait fitur infotainment pada dashboardnya. Jadi ini bukan peluncuran Nissan March generasi baru yang katanya sangat keren itu.

 

Kami fikir Nissan March generasi lama ini akan segera dihentikan produksinya, mengingat di Eropa March generasi terbaru dengan desain eksterior sangat atraktif itu sudah mulai dijual. Namun ternyata March bergaya girly ini masih memperpanjang nafasnya di belantara otomotif Indonesia. Mungkin Nissan takut March ganteng itu akan membunuh Mitsubishi Mirage yang notabene kini juga berada di bawah payung aliansinya.

 

Lalu apa saja perubahan yang dilakukan Nissan terhadap March Facelift 2017 ini, berikut ulasan detailnya:

 

1. Lampu LED-DRL menggantikan Foglamp

Pada sisi kiri dan kanan bumper depan yang sebelumnya ada foglamp berupa lampu halogen biasa, kini diganti dengan lampu LED – Daytime Running Light (DRL) berbentuk seperti ujung anak panah, pada tepian depan rumahan foglamp.

 

LED-DRL ini diklaim lebih baik dari foglamp pada March generasi sebelumnya, karena lebih menghemat daya listrik namun sekaligus lebih terang, sehingga fungsinya akan lebih terasa bagi pengemudi.

 

Menurut GM Marketing NMI, Budi Nur Mukmin, LED tersebut lebih menghemat daya hingga hanya memerlukan 10 watt saja, sedangkan foglamp sebelumnya menyedot daya hingga 100 watt. Sehingga menurutnya, selain mengikuti tren yang membuat March 2017 terlihat lebih modern, ada fungsi efisiensi dan lebih mengikuti standard keselamatan internasional.

 

2. Audio Head Unit Layar Sentuh 7 inchi

Ubahan utama pada Nissan March 2017 ini adalah pada infotainment system-nya, yaitu audio head unit yang kini berupa monitor layar sentuh berukuran 7 inchi. Pihak Nissan mengklaim ada 60 keunggulan dari HU baru ini dibanding pada March sebelumnya yang terlalu sederhana.

 

meski tidak disebutkan apa saja keunggulan tersebut satu-persatu, diantaranya yang dinyatakan pada saat peluncuran antara lain: sudah adanya koneksi Bluetooth, fitur mirroring untuk perangkat android dan iphone, DVD Player, sekaligus display untuk kamera parkir.

 

Pengguna Nissan March lama bisa mengganti head unitnya dengan audio system baru ini, pihak Nissan juga menyediakannya sebagai produk aftermarket. Namun Nissan tidak memperbolehkan pengguna mengganti dengan HU produk aftermarket yang tidak resmi dari Nissan, ancaman jika itu dilakukan adalah hilangnya garansi kelistrikan.

 

3. Garnish Chrom di Bagian bawah Grill Bumper

Selain lampu LED, ada tambahan hiasan chrom pada bumper depan Nissan March facelift 2017 ini, yaitu pada bagian bawah radiator grill. Sehingga walau tidak signifikan, ada perbedaan wajah yang jelas antara March 2017 dibanding March keluaran tahun-tahun sebelumnya, yang diharapkan bisa menjadi ciri khas.

 

 

Secara keseluruhan bentuk atau desain eksterior dan interior, tidak ada perbedaan signifikan antara Nissan March facelift 2014 dan March 2017 ini. Masih mengusung desain manis yang lebih cenderung disukai kaum hawa, desain velg, bentuk lampu utama, ciri khas V-Motion chrom pada hidung hatchback ini dan bentuk bokongnnya, semua masih sama.

 

Menurut GM Marketing NMI, perubahan minor ini mereka lakukan berdasarkan hasil survey mereka terhadap ekspektasi konsumen, dan yang paling banyak dikritik pada March sebelumnya adalah head unitnya.

 

Nissan March punya keunggulan yang cukup signifikan dibanding para competitor di kelasnya, antara lain kenyamanan yang terbaik dengan suspensi empuk khas Nissan serta desain kursi yang tebal dan ergonomis, kabin yang lapang walau dari luar nampak kecil/kompak, dan bagasi yang cukup luas.

 

Dibanding kompetitornya seperti Mitsubishi Mirage dan KIA All New Picanto, Nissan March Facelift 2017 memang terasa kurang atraktif dalam hal tenaga mesin dan akselerasi. Namun itu menjadi tidak begitu penting karena March adalah City Car yang bukan untuk kebut-kebutan, tapi lebih untuk menikmati perjalanan di perkotaan dengan nyaman.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *