Nissan Juke Discontinue di Amerika Serikat

CaruserMagz.com – Nissan Amerika Serikat menghilangkan Juke dari line-up model-model yang mereka jual di Amerika per Juli 2018. Itu artinya Nissan Juke telah discontinue di negeri paman sam tersebut.
 

Crossover unik Nissan tersebut memang dikabarkan makin menurun angka penjualannya di Amerika. Padahal sejak kehadirannya di sana, Juke memang tidak pernah begitu atraktif dalam hal angka sales.
 

Pada awal kehadirannya di Amerika, Nissan Juke memperoleh angka penjualan lumayan bagus, yaitu lebih dari 35.000 unit pada tahun pertamanya. Kemudian terus meningkat hingga sekitar 38.000 unit/tahun sampai 2014.
 

Pada tahun 2015, terjadi penurunan drastis hingga 27.000 unit, berkurang lagi hingga di bawah 20.000 pada tahun 2016. Kemudian makin tak atraktif dengan angka penjualan puluhan unit saja per bulannya hingga Juni 2018.
 

Nissan tidak mengupdate Juke secara signifikan sejak kehadirannya di tahun 2010. Namun di benua Amerika, Nissan malah mengeluarkan model baru yang menabrak segmen Juke, berupa Nissan Kick dengan tampilan lebih mainstream dibanding Juke yang cukup nyeleneh.
 

Baca juga:

 
Meskipun tidak ada model baru, ternyata berbeda kondisinya di Eropa. Crossover berbentuk nyeleneh ini masih cukup diminati disana. Pada tahun 2017, Nissan Juke terjual tidak kurang dari 95.000 unit di benua biru tersebut. Bahkan Nissan baru saja mengumumkan Nissan Juke produksi ke-sejuta di pabrik Nissan Sunderland, Inggris Raya.
 

Penghentian Nissan Juke di Amerika Serikat tersebut lebih karena angka penjualan yang makin mengecil. Namun bukan berarti bisnis Nissan di segmen crossover melemah di sana. Nissan bahkan menjadi brand SUV terlaris di Amerika. Mobil Nissan yang laris manis tersebut adalah Nissan Rogue dengan angka penjualan hingga 37.000 unit pada Juni 2018.
 

Mungkinkah Nissan menghadirkan generasi baru dari Juke yang unik tersebut? Hingga kini belum ada kabar mengarah pada kehadiran Juke generasi kedua. Namun Nissan memang cukup lama mengeluarkan model baru, terbukti dari beberapa line-up yang tak kunjung berubah dari awal kehadirannya, sebut saja misalnya Nissan Grand Livina.
 

Kita berharap ada niat Nissan untuk mengupgrade Juke secara global, hingga layak bersaing dengan Toyota C-HR dan Honda HR-V. Dengan tersedianya berbagai mobil konsep Nissan, kami kira raksasa otomotif Jepang tersebut tidak akan kesulitan untuk melakukan itu, bukan sebaliknya mengubur Nissan Juke.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar