Tesla akan buat Mobil Bisa Bicara dengan Teknologi Artificial Intelligence?

CaruserMagz.com – Masih ingat film “The Demolition Man”? Bagi pecinta otomotif, tentu yang jadi perhatian bukanlah senjata-senjata canggih atau segala teknologi hayalan dalam film fiksi ilmiah tersebut, melainkan mobil masa depan yang bisa berbicara dengan pengemudinya dan bisa nyetir sendiri saat diubah ke mode autopilot.

 
Pertanyaannya adalah, mungkinkan mobil canggih itu diwujudkan? Melihat perkembangan teknologi otomotif yang sekarang ramai dikembangkan perusahaan-perusahaan carmaker bekerjasama dengan perusahaan teknologi, rasanya hal itu adalah hal yang mungkin saja, walau tidak dalam waktu dekat.

 
Berbicara tentang teknologi otomotif masa depan, ada Elon Musk,CEO Tesla dan Space-X yang dijuluki “Tonny Stark” di dunia nyata.

 
Elon Musk di Amerika sudah dianggap seperti nabi teknologi, sehingga sepenggal kata yang keluar dari mulutnya atau cuitan di akun sosial medianya dianggap benar, walau kadang terdengar tak masuk akal atau bahkan gila.

 
Baca juga: Tesla New Roadster akan jadi Mobil Tercepat di Dunia

 
Dalam cuitan CEO Tesla tersebut di Twitter pada tanggal 29 Juli 2018 yang lalu, dia menulis “The Future is accelerating”, yang artinya “Masa depan sedang dipercepat”.

 
Cuitan singkat tersebut dibalas dengan pertanyaan oleh seorang pengikutnya di Twitter, yaitu Jay Pase dengan tulisan seperti ini:
“Akankah kita mendapati AI (Artificial Intelligence) seperti K.I.T.T. pada mobil-mobil Tesla dalam waktu dekat? Saya akan suka jika ada teman komputer yang bisa saya ajak bicara di dalam Tesla Model3 milik saya.”

 
Lalu pertanyaan tersebut dijawab singkat oleh Elon Musk, dengan kata “Yes”. Kemudian dialog singkat tersebut menjadi viral dan ditanggapi banyak penggemar Elon Musk di Amerika.

 
Bahkan salah seorang diantaranya mengunggah video perkiraannya, bahwa Tesla Model3 sengaja dibuat sangat simple dashboardnya, tidak ada satu pun tombol di dalamnya, karena sebenarnya mobil itu didesain memiliki fitur Voice Command untuk semua pengaturannya.

 
Beberapa diantara berkomentar mengusulkan agar sistem komputer di dalam mobil Tesla yang mampu berbicara dengan pengemudinya tersebut diberi nama “JARVIS”, menirukan Kecerdasan Buatan di film Iron Man yang membantu Tonny Stark melakukan segala aktifitasnya.

 
Sebelumnya memang Elon Musk pernah mengeluarkan pernyataan bahwa dia ingin memberi Asisten Kecerdasan Buatan dengan teknologi AI tersebut pada beberapa model mobilnya. Pada tahap awal, berupa Advanced Voice Control System, dimana semua fungsi fitur bisa diaktifkan melalui suara pengemudi.

 
Sebagai informasi K.I.T.T adalah kecerdasan buatan hayalan pada mobil Pontiac Firebird Trans yang dimodifikasi secara ekstrim, dalam suatu acara TV tahun 1980-an berjudul “Knight Rider”, sama halnya dengan “Jarvis” pada film Iron Man. K.I.T.T merupakan singkatan dari “Knight Industries Two Thousand”.

 

Berikut Twit Elon Musk yang menjadi viral tersebut:

Elon Musk: The Future is accelerating (29/7)
Jay Pase : Will we get K.I.T.T. like A.I. in @Tesla cars any time soon ? I’d love a lil’ computer dude I could talk to in my #PerformanceModel3
Elon Musk : Yes

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Tesla akan buat Mobil Bisa Bicara dengan Teknologi Artificial Intelligence?

  • August 2, 2018 at 9:07 am
    Permalink

    Menarik dan informatif artikelnya …. Terimakasih

    Reply

Tulis Komentar