Volkswagen Dirikan Divisi Khusus untuk Kembangkan Mobil Listrik dan Otonom

VW Buat Divisi Khusus EV dan Otonom

CaruserMagz.com – Group Volkswagen dirikan divisi khusus baru untuk pengembangan mobil otonom dan mobil listrik pada September 2022.

Divisi baru VW yang diberi nama “New Mobility” tersebut, akan bertanggung jawab untuk pengembangan kendaraan berlogo ID dari lineup VW dan mobil listrik (EV) masa depan, yang dibangun dengan arsitektur SSP scalabel electric car dari Grup VW.

Divisi New Mobility tersebut akan dipimpin oleh Thomas Ulbrich, seorang veteran Volkswagen berusia 56 tahun, yang telah berkiprah sebagai kepala pengembangan perusahaan selama 30 tahun.

Ulbrich menjadi pahlawan bagi VW karena pernah berhasil menyelesaikan masalah perangkat lunak pada hatchback listrik ID.3. Sehingga Ia menjadi orang yang disukai oleh banyak eksekutif Volkswagen.

Baca:  Mantan CEO Aston Martin Ingatkan Pemerintah, Industri Otomotif Inggris Bisa Tumbang!

Ulbrich juga akan mendapat kursi di dewan pengawas unit perangkat lunak Volkswagen ‘Cariad’. Sehingga diharapkan ada hubungan yang erat antara Cariad dan Divisi pengembangan VW.

Konsep Mobil Listrik VW ID
Volkswagen Dirikan Divisi Khusus untuk EV dan ID

VW adalah group otomotif mainstream yang paling agresif memasarkan mobil listrik di Eropa dan kini tercatat sebagai merek yang paling banyak menjual mobi listrik setelah Tesla.

Dilaporkan oleh Automotive News Europe, bahwa divisi baru grup VW tersebut juga akan mengambil alih proyek VW Trinity, yaitu proyek sedan listrik otonom level-4 yang rencananya akan meluncur di 2026.

Sedan listrik VW Trinity akan memiliki kemampuan otonom level-4, dimana pengemudi bisa benar-benar melepaskan tangannya dari lingkar kemudi, namun masih harus duduk di kursi pengemudi untuk kondisi emergensi.

Baca:  Honda Civic Turbo Car of The Year 2016, AutoBild Indonesia Award

Pada tahap selanjutnya, VW juga punya rencana ke teknologi mobil otonom level-5, dimana mobil tersebut bisa ditumpangi dengan aman tanpa pengemudi sama sekali. Penumpang hanya perlu menentukan tujuan, kemudian sisanya dilakukan sendiri oleh mobil.

Just an ordinary guy in South Sumatra who devotes his passion to the automotive world by writing a blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif."

Leave a Reply

Your email address will not be published.