Mungkinkah Wuling Cortez 1.5 Ganggu Penjualan Confero S

CaruserMagz.comWuling Cortez 1.5 resmi dihadirkan di Indonesia melalui ajang IIMS pada 19 April 2018. Wuling menambah satu lagi varian MPV-nya untuk memberikan alternatif sangat menarik bagi konsumen Indonesia. Dengan dimensi besar, fitur dan kenyamanan layaknya Medium MPV, Cortez 1.500 cc ini dibanderol dengan harga selevel Low MPV.

 
Dari segi peminat, brand asal Tiongkok ini masih harus berjuang meyakinkan konsumen Indonesia akan kehandalan produknya. Sehingga kemungkinan ceruk pasarnya masih terbatas pada orang-orang yang berani mengambil risiko (gambling) mengeluarkan uang tidak sedikit untuk kendaraan dari brand baru yang mereka belum begitu yakin akan kualitas dan keandalannya.

 
Konsumen yang mengutamakan gengsi akan brand kendaraannya juga tidak dapat ditarget oleh Wuling pada masa awal kehadirannya di Indonesia tentunya. Jangankan Wuling yang masih asing di telinga orang Indonesia, sekelas KIA dan Hyundai yang kualitas mobilnya sekelas Eropa pun belum begitu sukses, karena faktor brand image.

 
Sehingga peminat Cortez 1.5 ini kemungkinan besar adalah mereka yang juga berminat membeli Confero S. Sehingga mereka akan bimbang apakah akan membeli Wuling Cortez 1.5 atau Confero S. Karena secara fitur keduanya tidak begitu berbeda, sedangkan dalam hal kelegaan kabin, Cortez 1.5 tentu lebih nyaman.

 
Menurut Wuling, motivasi mereka menyediakan medium MPV dengan harga Low MPV ini adalah kebutuhan masyarakat akan kendaraan mewah dengan harga terjangkau. Sehingga seharusnya Cortez 1.5 tidak akan menjadi saingan bagi Confero S yang satu level di bawahnya.

 
“Masing-masing punya pasarnya sendiri yah. Cortez 1.5 ini kita usung sebagai valuable Medium MPV, Kalau Confero lebih kepada Low MPV,” ujar Dian Asmahani selaku Brand Manager Wuling Motors.

 
Dari segi harga memang terpaut cukup jauh untuk ukuran konsumen low MPV, Wuling Confero S 1.5L Lux Plus sebagai tipe tertinggi lebih murah Rp. 28 juta dibanding Cortez 1.5 yang dibanderol Rp. 193,8 juta.

 
Bagi sebagian konsumen, khususnya bagi mereka yang memang punya budget untuk membeli low MPV Jepang, mungkin uang Rp. 28 juta tersebut masih worth untuk kelebihan Cortez 1.5, yang antara lain adalah kabin yang lebih luas, tampilan lebih mewah dan mesin yang lebih bertenaga meskipun punya kapasitas yang sama.

 
Ya, meskipun sama-sama 1.500cc, Wuling Cortez 1.5 punya tenaga 110 hp, sedangkan Confero S 107 hp. Dalam hal torsi maksimum, kedua mobil ini punya angka yang sama, yaitu 142 Nm.

 
Baca juga: Wuling Confero 1.200cc akan berharga di bawah Rp. 100 Juta

 
Jadi, jika pertanyaannya apakah Wuling Cortez 1.5 ini akan mengganggu penjualan Confero S? Maka jawabanya bisa jadi iya, karena kedua mobil ini sama-sama MPV dan segmen konsumen yang masih sempit untuk mobil baru dengan brand image yang belum bagus. Bisa juga karena calon pembeli mobil ini berpikir bahwa selisih harganya tidak begitu signifikan untuk berbagai kelebihan Cortez 1.5 yang lebih menarik.

 
Namun bisa juga tidak, jika untuk konsumen dengan budget terbatas, alias memang punya budget pada level MPV LCGC atau small hatchback. Sehingga tentu Wuling Confero S menjadi pilihan.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar