Review Mobil Wuling: Rangkuman Kepuasan dan Keluhan Pengguna Mobil Wuling di Indonesia

Mobil Wuling Indonesia 2022

Share

CaruserMagz.com – Sebelum beli, Baca dulu review mobil Wuling ini!Wuling adalah merek otomotif yang tergolong baru merambah pasar Indonesia. Namun demikian, sepak terjangnya sangat fenomenal dengan hasil penjualan beberapa modelnya langsung merangsek ke 10 besar mobil terlaris.

Hal itu terjadi karena gebrakan luar biasa merek Tiongkok ini dalam menawarkan mobil berfitur-fitur canggih, build quality sangat unggul dan harga yang jauh lebih murah dibanding merek Jepang.

Merek ini juga secara agresif membangun jaringan dealer dan layanan purna jual di seluruh Indonesia, hingga dalam waktu singkat kita jumpai banyak dealer baru Wuling di kota-kota Provinsi.

Berbagai kelebihan mobil-mobil Wuling, begitu banyak dibanggakan oleh para pemiliknya. Namun bukan tanpa kekurangan, cukup banyak juga pengguna mobil Wuling yang menyampaikan keluh-kesah terkait mobil milik mereka, khususnya di group-group sosial media pemilik mobil Wuling.

Review Mobil Wuling dari Kepuasan dan Keluhan Pengguna

Kepuasan Pengguna Mobil Wuling

Beberapa hal yang diungkapkan pengguna mobil Wuling mengenai kepuasan mereka, pada umumnya pada setiap mobilnya, baik Confero, Cortez dan Almaz, antara lain adalah sebagai berikut.

Harga Terjangkau – Faktor harga terjangkau adalah yang paling utama, karena mobil wuling lebih murah 30% hingga 40% dibanding mobil pada segmen yang sama dari merek Jepang.

Kaya Fitur – dengan harga yang jauh lebih murah, ternyata mobil Wuling dilengkapi berbagai fitur kekinian yang lebih banyak. Bahkan beberapa fitur dulunya hanya ada pada mobil premium Eropa semisal Mercedes-Benz.

Canggih – Teknologi mesin, fitur keselamatan dan fitur-fitur fungsional pada mobil Wuling tergolong canggih. Semisal sudah ada sistem ADAS, konektifitas berbasis internet, voice command berbahasa Indonesia dan lain sebagainya.

Nyaman – Kenyamanan mobil Wuling pada kabinnya jauh lebih baik dari mobil Jepang pada segmen yang sama. Kursinya lebih empuk, suspensi empuk, bahan interior mewah, kesenyapan kabin baik, dan lain sebagainya.

Kabin sangat lega – kelegaan kabin mobil Wuling pada tiap baris dapat diandalkan untuk semua usia penumpang. Misalnya Wuling Almaz, kabin belakangnya jauh lebih nyaman dan lega untuk orang dewasa dibanding Honda CR-V.

Bahan interior berkualitas tinggi – untuk urusan build quality, Wuling sangat bagus. Ketebalan plat body-nya, kerapian bagian-bagian interior, bahan interior yang solid, tebal dan terasa mewah saat disentuh.

Respon terhadap keluhan cepat – dari sisi pelayanan purna jual, Wuling sepertinya mentraining pekerjanya secara profesional, sehingga banyak konsumen merasa nyaman dengan pelayanan dealer dan servis Wuling.

Review Mobil Wuling Indonesia 2022
Review Mobil Wuling Indonesia 2022

Keluhan dan Komplain Pengguna Wuling

Di sisi lain, beberapa hal dikeluhkan pengguna mobil Wuling, yang bisa menjadi area of improvement bagi pabrikan ini dalam mengembangkan produknya ke depan, atau pun dalam pelayanan pada konsumen, yaitu sebagai berikut:

Kualitas spare part – banyak keluhan konsumen di group sosmed pemilik mobil Wuling mengenai kualitas dan daya tahan spare part yang disebut kurang handal.

AC kurang dingin – AC Wuling Confero banyak dikeluhkan kurang dingin atau bahkan tidak berfungsi, sehingga harus diperbaiki walau umur mobil belum tua.

Nafas mesin Wuling Confero pendek – hal ini juga marak dikabarkan media-media mainstream, mengenai permasalahan pengguna saat mengemudikan Confero.

Konsumsi BBM agak boros – Konsumsi BBM Confero dan Almaz banyak disebut lebih boros dibanding mobil Jepang untuk penggunaan sehari-hari.

Jaringan servis belum luas (baru di kota provinsi) – terkait ketersediaan suku cadang hingga ke pelosok, hal ini cukup menyulitkan bagi pemilik mobil Wuling yang tinggal jauh dari kota Provinsi.

Ketersediaan suku cadang – Beberapa konsumen mengeluhkan waktu inden suku cadang yang cukup lama di dealer resmi, hingga berminggu-minggu. Sedangkan ketersediaan suku cadang Wuling di toko spare part umum masih sangat minim.

Pengendalian agak limbung – Mobil Wuling tergolong nyaman, tapi tidak sebaik mobil Jepang dalam hal kenikmatan mengemudi. Beberapa pengguna mengaku merasa kurang percaya diri untuk bermanufer saat berkendara cepat. Mungkin hal tersebut disebabkan set suspensi yang empuk, ditambah dimensi yang jangkung dari semua mobil Wuling.

Kaki-kaki Confero dan Cortez dikeluhkan ringkih (mudah rusak) – walau belum berumur tua, ada banyak mobil Wuling yang dikeluhkan telah mengalami kerusakan kaki-kaki, seperti shochbreaker, stabilizer dan lainnya.

Racksteer Cortez mudah rusak – Beberapa pengguna mengalami mobilnya rusak pada bagian racksteer, sehingga timbul bunyi gluduk-gluduk, dan brisik saat melalui jalanan tidak rata.

Power window Cortez banyak yang macet – fitur power window pada Wuling Cortez banyak dikeluhkan mengalami kemacetan hingga tidak berfungsi.

Rem Cortez dikeluhkan kurang optimal – beberap pengguna mengeluh mengalami rem yang mengunci sendiri atau seperti kanfas rem yang lengket saat berjalan.

MID memberi informasi kurang tepat – beberapa pengguna mengeluh mendapat informasi yang salah dari MID Cortez, sehingga membuat keputusan yang kurang tepat saat memgemudi. Semisal informasi tekanan ban dari TPMS, lampu-lampu tanda masalah yang terus menyala, dan lainnya.

Sumber: msn.com/otomotif; Carmudi.co.id; bonsaibiker.com

Keluhan-keluhan tersebut mungkin bersifat kasus yang tidak secara umum sebagai cacat produksi. Cara berkendara dan pola perawatan bisa saja menjadi penyebabnya.

Namun beberapa masalah terjadi pada banyak mobil Wuling, semisal masalah kaki-kaki, rem Wuling Confero dan Cortez, ketersediaan suku cadang di dealer, serta power window Cortez cukup banyak dialami pengguna.

Keluhan-keluhan pengguna Wuling tersebut bisa juga dijadikan acuan bagi Anda yang ingin membeli mobil Wuling sebagai mobil bekas. Sehingga saat pengecekan, dapat dipastikan apakah masalah itu pernah terjadi dan apakah sudah diperbaiki.

Bagaimana menurut Sobat Car Users? Apakah setelah mengetahui berbagai kelebihan dan keluhan pengguna Wuling tersebut, apakah Sobat berminat membeli Mobil Wuling? Sampaikan di kolom komentar!

4 Responses

  1. Ahmad Kholidin says:

    Ulasannya menarik kang. Jelas dan lengkap.
    Kalau orang sekitar sini sih kebanyakan milih mobil yang pasaran. Selain spare part yang mudah diperoleh dan harga yang relatif murah banyak juga spare part KW jika dana tidak mencukupi.
    Kalaupun ada pilihan mobil jepang kebanyakan milih mobil dengan mesin toyota, suzuki atau daihatsu. Menghindari honda, mitsubishi dan sejenisnya, karena suku cadang yang susah didapat, harus ori dan yang pasti lebih mahal.

  2. Pipit ZL says:

    Jujur saya waktu awal2 agak underestimate sama produk ini. Ternyata memang ūüėĀ

    Ada sih Pak Tetangga di sini yg pakek tapi saya gak pernah tanya juga gimana review-nya

  3. Rezura says:

    Mantab. Biar waktu yang menjawab. Teruji atau tdk kualitasnya

  4. Bramantya F Wahab says:

    Saya pakai confero dan sangat kecewa karena merasa d tipu, saya beli mobil ini untuk operasional dengan iming iming konsumsi bahan bakar 12-14kpl, kenyataan nya saya uji beberapa kali hanya 7kpl , dan luar kota 9kpl..apagak bengkak biaya operasional, setelah tanya mekanik, malah menjawab iya memang boros dan tidak memberi solusi.. Kalau bisa saya mundurin waktu gak deh saya beli mobil yang boros kaya gini. Tenaga lemah, bahan bakar boros,belum sampai 1rb km saja kelistrikan bermasalah, lampu utama tidak bisa d matikan. Hati hati teman teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)