Mobil Tiruan asal China Tetap Ada Beda, Bukan Memalsukan Ganti Logo Belaka

Mobil Jiplakan dari China

CaruserMagz.comMobil Tiruan asal China – China adalah tempat semua produk tiruan dibuat. Jika ada barang bagus yang dibuat produsen di luar China, kemudian banyak peminatnya. Maka para produsen barang di China tak butuh waktu lama untuk membuat produk tiruannya yang kemudian membanjiri pasar dunia. Dari peralatan rumah tangga, barang elektronik hingga ke kendaraan mewah berharga miliaran.

Tak ada istilah malu atau takut akan bermasalah dengan hukum perdagangan internasional, karena China adalah negara konsumen terbesar di dunia. Semua produsen barang yang asli tak akan terlalu berani berkonflik dengan China, karena itu bisa berarti bunuh diri, jika protes tersebut berujung larangan menjual barangnya di China.

Dunia otomotif tentu tak selamat dari berbagai bentuk plagiarisme di China, banyak brand maupun produk mobil dan motor tiruan yang merupakan hasil jiplakan produk-produk otomotif terkenal. Channel YouTube CarWow dari Inggris mengungkap daftar panjang mobil tiruan di China yang terang-terangan menjiplak mobil ternama, berikut daftarnya:

Mobil-mobil tiruan dari China

Mobil-mobil tiruan dari China


 

1. Suzhou Eagle Carrier : Ferrari atau Porsche?

Sport car China keluaran 2015 ini seolah mengawinkan Ferrari F12 Berlinetta dan Porsche Cayman. Bagian depannya mirip Ferrari, tapi bagian belakang dan proporsinya adalah tiruan Porsche, khususnya desain lampu belakang. Lebih konyol lagi, mobil ini memiliki logo yang meniru logo Porsche.

2. Landwind X7 : Evoque KW Super

Dari namanya saja sudah kentara ini ditujukan meniru pabrikan asal Inggris, Land Rover. Landwind X7 adalah tiruan yang sekilas hampir sempurna dari Range Rover Evoque, tapi harganya kurang dari sepersepuluh SUV aslinya. Pabrikan pemegang asli dari desain ini tidak terima dengan penjiplakan terang-terangan tersebut, sehingga Jaguar Land Rover (JLR) membawa kasus ini ke pengadilan yang akhir mereka kalah pada tahun 2015. JLR tidak menyerah mempertahankan haknya, yang kemudian berhasil memenangkan perkara tersebut pada 2019 lalu.

New Landwind X7 tiruan Range Rover Evoque KW

New Landwind X7 tiruan Range Rover Evoque

Baca: Landwind X7 Hasil Copycat Bulat-bulat Range Rover Evoque

3. Baic BJ80 : Tiruan Mercy G-Class

China juga punya G-Class yang terkenal itu, namun harganya hanya sekitar sepertiga dari G-Class versi Mercy sungguhan. Jika dirupiahkan, harga Baic BJ80 ini adalah sekitar Rp 650 juta, sementara Mercy G-Class berada pada angka sekitar Rp 1,82 Miliar di Inggris.

4. Baic Huansu C60 (2018 – Sekarang) : Lamborghini Urus

Baic sepertinya adalah spesialis pembuat SUV KW super dari brand premium. Lamborghini Urus juga tak selamat dari bidikan plagiarisme ini. Baic membuat tiruan Urus dengan cukup indah.

Lamborghini Urus Palsu dari China

Lamborghini Urus Palsu dari China

5. Baic BJ40 : Jeep Wrangler

Baic juga membuat tiruan Jeep Wrangler yang dijual dengan harga sekitar Rp 280 jutaan. Di bagian depan terlihat ada perbedaan pada grill dibanding Wrangler, tapi di belakang, nuansa jiplakan sangat kentara.

6. Geely GE 2009 : RR Phantom Palsu

Mobil kaum baron juga kena jiplak, yap.. Geely membuat tiruan Rolls-Royce Phantom yang terlihat mirip baik di bagian luar maupun dalamnya. Namun mobil super mewah asal China ini hanya berbanderol sekitar Rp 440 juta, sementara RR Phantom yang asli berharga sekitar Rp 5,2 Miliar di Inggris.

Geely GE - RR Phantom Palsu dari Tiongkok

Geely GE – RR Phantom Palsu dari Tiongkok

 
Selanjutnya total ada 20 mobil tiruan asal China dari berbagai pabrikan yang diungkap Mat Watson di Channel YouTube CarWow.com. Berikut daftar berikutnya:

7. Zotye SR9 (2017) : Porsche Macan Palsu

8. Lifan 320 (2008) : Mini Cooper

9. Ora R1 2019 : Honda E & Smart EV

10. Hawtai Boliger B32 (2012) : Porsche Cayene Belakang & Jaguar F-Pace Depan

11. Shuanghuan SCEO (2005-2011) : Lexus RX Depan & BMW X3 belakang. Sempat dijual di Italia dengan merek Martin Motors.

12. Youxia Ranger X (2015-Sekarang) : Tesla Model S depan dan dalam, Lexus LC belakang.

13. Yema B11 (2016 – Sekarang) : BMW i3

14. Geely CK (2005-2016) : Mercedes-Benz C-Class C200

15. Wiekerui V7 (2017-Sekarang) : VW e-Up Mobil Listrik

16. Shuanghuan Noble (2004-2016) : Smart 42, mobil listrik mungil

17. BYD Yuan (2016-sekarang) : Ford Ecosport & Renault Capture

18. Lifan Xuanglan ((2016 – Sekarang) : Ford S-Max

19. Changan Chana X70A (2018 – Sekarang) : Toyota Land Cruiser depan, Land Rover Discovery samping dan belakang.

20. Geely BL (2004-2006) : Toyota Supra.

Itulah daftar mobil tiruan paling kentara dari China, untuk melihat penampakannya, Sobat pembaca bisa googling lebih lanjut. Meskipun hasil menjiplak, mobil-mobil tersebut dijual secara resmi di China. Kita harus akui itu adalah hasil tiruan yang cukup bagus dan untuk melakukan penjiplakan seserius itu tentu memerlukan resources yang juga tidak sedikit.

Dari budaya menjiplak inilah, kemudian industri China berkembang pesat karena ada transfer teknologi dan ilmu pengetahuan yang berhasil mereka dapatkan. Di kemudian hari, menjadi pengalaman berharga untuk menghasilkan produk-produk asli dengan orisinalitas milik mereka sendiri.

Menjiplak dengan terang-terangan mungkin lebih terhormat dibanding membeli mobil asal Tiongkok, kemudian mengganti logonya dengan nama baru, kemudian diumumkan sebagai produk asli dalam negeri, dengan istilah karya anak bangsa. Tapi untunglah itu tidak terjadi di Indonesia.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar