Mobil Otonom Apple akan Dibuat Kia?

Share

CaruserMagz.com – Pada Januari 2021, Hyundai melaporkan bahwa pihaknya sedang dalam diskusi dengan Apple untuk melanjutkan proyek mobil otonom yang dihentikan pada tahun 2016 lalu. Laporan itu memicu peningkatan saham Hyundai hingga 24%, namun kemudian dalam hitungan hari, Hyundai menarik kembali klaim itu.

Begitu besar efek sebuah pernyataan dari merek ternama, apalagi jika rencana tersebut telah mulai digarap, tentu saham Hyundai akan meroket. Hal itu terjadi pada Tesla yang sedang masif membangun jaringan produksi mobil listrik di berbagai negara besar, hingga membuat Elon Musk dinobatkan sebagai orang terkaya dunia karena saham Tesla melonjak berkali-kali lipat. Musk sendiri menyebut hal itu sebagai keanehan.

Tak lama setelah penarikan klaim oleh Hyundai, sebuah laporan dari Korea Selatan mengklaim bahwa proyek mobil swakemudi Apple tersebut akan dipimpin oleh Kia, yang juga merupakan perusahaan otomotif yang bernaung di bawah grup Hyundai Motor Corporation.

Cukup masuk akal, karena Kia baru saja mengumumkan transformasi besar-besaran menuju era mobil listrik dan teknologi digital pada mobilitas. Kerjasama dengan Apple akan sangat sejalan dengan nafas Kia yang diperbarui untuk mengembangkan teknologi kendaraan masa depan.

Menurut laporan tersebut, pengembangan serta produksi kendaraan untuk proyek Apple tersebut akan ditangani oleh pabrik Kia di Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat.

Apple Car - Autonomous Technology
Apple Car – Autonomous Technology

Sayangnya, seperti diberitakan oleh Carscoops, eDaily yang merilis laporan tersebut tidak menyatakan sumber dari klaim laporannya. Spekulasi yang beredar adalah bahwa benar Hyundai akan berkolaborasi dengan Apple untuk proyek autonomous car, namun Hyundai menyerahkan leadership untuk proyek ini pada Kia selaku anak perusahaan-nya.

Rumornya Hyundai akan lebih fokus pada pertumbuhan dan pengembangan mereknya sendiri daripada membesarkan nama Apple untuk produk otomotif. Hal itu dianggap karena Hyundai khawatir bahwa Apple sendiri suatu saat akan mengambil alih proyek tersebut secara penuh dan Hyundai hanya akan menjadi produsen untuk kendaraan tersebut.

Baca Juga:

Apple membutuhkan carmaker yang berpengalaman membuat mobil berteknologi tinggi, sedangkan perusahaan teknologi Amerika tersebut menyediakan perangkat lunak untuk mobil tanpa pengemudi.

Mungkin Hyundai atau Kia dinilai paling baik teknologinya, karena mampu membuat mobil berkualitas tinggi, namun dengan efisiensi biaya produksi yang luar biasa baik, hingga produknya relatif terjangkau secara harga. Kia juga dikabarkan akan mengembangkan teknologi baterai mobil listrik untuk mobil otonom Apple.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

You may also like...

Tulis Komentar