CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Baterai Li-Ion Bisa Dicas 5 MenitJanuary 22, 2021

Baterai Li-Ion Fast Charging Telah Ditemukan, Bisa Dicas Penuh dalam 5 Menit

CaruserMagz.com – Sebuah perusahaan startup bernama StoreDot mengklaim telah membuat baterai Li-Ion yang bisa diisi penuh dalam waktu 5 menit saja. Baterai tersebut diluncurkan secara resmi dan direncanakan akan diaplikasikan pada mobil listrik atau EV.

StoreDot mengklaim berhasil mengatasi hambatan untuk membuat baterai Lithium-ion bisa dicas dengan sangat cepat, yaitu aspek keselamatan karena panas berlebihan, usia pakai dan pembengkakan baterai.

Hal itu dilakukan dengan mengganti bahan grafit pada sel Anoda yang selama ini digunakan pada baterai Li-ion tradisional, dengan bahan metaloid. StoreDot juga mengumumkan bahwa sel-sel baterai ini telah diproduksi oleh perusahaan China, yaitu EVE Energy.

Nanopartikel yang digunakan dalam baterai StoreDot mendukung pergerakan ion lebih efisien dibanding grafit. Nanopartikel tersebut didasarkan pada germanium yang lebih mudah ditangani dalam proses produksi.

Uniknya, menurut StoreDot, penambahan performa pengecasan ini tidak akan meningkatkan harga baterai, karena mereka menggunakan silikon yang jauh lebih murah, sehingga biaya produksi tetap sebanding dengan baterai lithium-ion biasa.

StoreDot - Fast Charging Li-ion Battery
StoreDot – Fast Charging Li-ion Battery

Tim ilmuwan terbaik kami telah mengatasi tantangan yang melekat pada XFC, antara lain: keselamatan, siklus hidup, dan pembengkakan, yaitu dengan memanfaatkan bahan inovatif dan desain sel,” ujar Kepala Eksekutif StoreDot, Dr. Doron Myersdorf.

Pengumuman ini menandai tonggak penting, memindahkan XFC untuk pertama kalinya di luar inovasi di lab menjadi produk layak secara komersial yang dapat diskalakan untuk produksi massal. Ini membuka jalan bagi peluncuran generasi kedua, baterai prototipe anoda dominan silikon untuk kendaraan listrik di akhir tahun ini,” papar Myersdorf.

Baca juga: Harga Mobil Listrik akan Setara Mobil Biasa Berkat Pengembangan Teknologi Baterai

Pemimpin perusahaan startup tersebut menepis keraguan bahwa mengecas baterai Li-ion hingga penuh dalam 5 menit itu tidak mungkin. Dia menegaskan bahwa produk hasil penelitiannya sudah siap secara komersial dan layak.

Pengisian baterai lithium-ion selama lima menit dianggap tidak mungkin. Tapi kami tidak merilis prototipe lab, kami merilis sampel teknik dari jalur produksi massal. Ini menunjukkan bahwa itu layak dan siap secara komersial.” Tegasnya.

Namun Dia mengatakan bahwa untuk dapat mengisi daya baterai secepat itu, diperlukan infrastruktur pengisian daya yang juga besar. Charger yang umumnya ada sekarang tidak akan cukup untuk membuat baterainya terisi penuh dalam 5 menit.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar