Renault Kiger Indonesia Diluncurkan dengan Harga 278 juta, Simak Spesifikasi dan Fiturnya

Renault Kiger Indonesia diluncurkan secara virtual - 27 Agustus 2021

CaruserMagz.com – Renault Kiger Indonesia resmi diluncurkan secara virtual pada Jumat, 27 Agustus 2021 oleh PT Maxindo Renault Indonesia. Kehadiran Renault Kiger makin meramaikan segmen Sub-Compact SUV yang gagah dan bertabut fitur canggih.

Renault Kiger belum lama debut global di India, tepatnya lahir pada awal 2021. Sub-compact SUV ini akan menjadi pesaing baru bagi Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Stonet dan Nissan Magnite. Kiger-Magnite merupakan analogi dari Raize-Rocky, karena Renault dan Nissan berada dalam grup yang sama.

Namun berbeda dari Raize-Rocky yang dapat dikatakan mobil kembar, Kiger-Magnite hanya menggunakan flatform yang sama, namun secara desain keduanya menggunakan bahasa yang berbeda.

Baca juga: Renault Kiger Debut Global di India

Desain

Hal yang mencolok dari Kiger adalah desain eksteriornya yang terlihat lebih futuristik dan gagah dibanding kompetitornya yang masih membawa aura mobil tradisional.

Sebut saja si kembar Raize-Rocky yang lebih identik dengan Rush-Terios generasi pertama, Nissan Magnite yang identik dengan Datsun Go dan Kia Sonet yang membulat mainstream.

Tampilan Depan dan Bekalang Renault Kiger 2021
Tampilan Depan dan Bekalang Renault Kiger 2021

Sehingga untuk tampilan eksterior, kami kira Kiger menghadirkan bahasa desain yang lebih tajam dan lebih gagah dari para kompetitornya. Khususnya di bagian wajah depan dengan logo Renault yang bold, headlamp 3-titik projector besar dan LED-DRL yang milimalis tajam.

Di bagian samping, bodi yang tinggi dan beberapa clading tebal membuat tampilannya terasa gagah. Apalagi dengan warna bodi dual-tone dan velg sporty yang juga dual-tone. Di belakang, rear-lamp terlihat modern dipadu dengan bokong seksi dan bumper belakang yang besar.

Interior Dashboard Kiger 2021
Interior Dashboard Kiger 2021

Di interior, cukup kontras dengan eksterior, karena masih cukup kental dengan nuansa kabin mobil berdesain tradisional. Kami kira hampir semua kompetitor Kiger punya interior yang lebih sedap dipandang, sebut saja Raize dan Sonet terasa lebih modern.

Namun itu tentang selera tentunya, bagi mereka yang menyukai desain interior yang simpel, tentu akan menyukai interior Renault Kiger ini.

Kabin Belakang Sub-compact SUV
Kabin Belakang Kiger

Spesifikasi Renault Kiger Indonesia

Dimensi

Kiger adalah sub-compact SUV, segmen crossover kecil yang sedang booming di Asia. Mobil ini memiliki panjang 3.991 mm karena harus mengikuti aturan kurang dari 4 meter di India. Namun Kiger cukup besar dengan lebar 1.750 mm dan tinggi 1.605 mm termasuk roofrail.

Renault Kiger memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 205 mm dengan velg two-tone diamond cut aero-sporty berukuran 16-inci. Wheelbase-nya sepanjang 2.500 mm, sama dengan para kompetitornya.

Jarak antara ujung bumper dengan bagian bawah roda depan dan belakang yang dekat, menghasilkan approach dan departure angle yang besar, sehingga daya jelajah crossover ini akan sangat baik di jalanan tidak rata.

Renault Kiger Indonesia - Tampak Samping
Renault Kiger Indonesia – Tampak Samping

Baca: Perbandingan Dimensi Sub-Compact SUV di Indonesia

Mesin dan Tenaga

Untuk urusan dapurpacu, Renault Kiger Indonesia dibekali mesin 999cc turbo 3-silinder dengan tenaga 100 PS (99 HP/74 kW) dan torsi maksimum 152 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi CVT.

Ini adalah mesin yang sama dengan Nissan Magnite, namun dengan torsi lebih kecil, karena Magnite memiliki 160 Nm. Mesin ini juga identik dengan milik Renault Clio dan Capture di Eropa.

Fitur-fitur

Untuk bersaing di segmen sub-compact SUV dimana fitur menjadi faktor penting dalam kompetisi, Renault membekali Kiger dengan banyak fitur canggih antara lain yang sudah terdeteksi adalah:

  • Smart Access Card untuk kemudahan akses dan keamanan kendaraan.
  • Wireless Apple CarPlay dan Android Auto.
  • Instrument cluster digital 8-inci.
  • Mode berkendara: Normal, Eco, dan Sport.
  • AC Digital otomatis.
  • Sound system 3D Arkamys.
  • Kamera mundur
  • air filter PN 2.5.
  • Wireless Charger.

Selengkapnya mengenai fitur apa saja yang ada pada Renault Kiger, bisa dilihat pada website resmi Renault Indonesia.

Renault Kiger Indonesia - Tampak Belakang
Renault Kiger Indonesia – Tampak Belakang

Harga Renault Kiger Indonesia

Renault Kiger Indonesia dihadirkan hanya satu tipe dengan banderol harga Rp 278 juta On The Road DKI Jakarta. Namun selama Agustus hingga September 2021, harga Renault Kiger mendapat diskon khusus hingga konsumen hanya perlu membayar sebesar Rp 275,9 juta saja.

Namun konsumen yang berminat pada compact SUV ini perlu bersabar, karena inden-nya cukup lama. Hal itu disebabkan proses produksi yang terhambat karena kelangkaan chip.

Untuk Kiger, estimasi kita indent 2 hingga 3 bulan karena pengiriman dari India, selain itu di sana juga lagi ada kelangkaan chip jadi sedikit terhambat,” kata Davy J. Tulian, Chief Operating Officer PT Maxindo Renault Indonesia.

Tulis Komentar